Pengertian Domain, Hosting Serta Jenis dan Fungsinya

Di era kemajuan teknologi modern ini, mencari bentuk informasi bisa diakes melalui search engine Google. Contohnya adalah ketika Anda mengetikkan kata kunci informasi yang dibutuhkan, maka search engine akan menampilkan banyak sekali website dari berbagai nama domain yang memuat informasi yang Anda butuhkan.

Website sendiri saat ini dimanfaatkan untuk banyak hal, seperti untuk membangun ataupun menjalankan bisnis, company profile suatu perusahaan, website pribadi, forum diskusi dan lain sebagainya.

Dalam persaingannya, setiap orang berlomba-lomba untuk memberikan informasi yang valid dan tentunya muncul dalam halaman pertama search engine Google maupun search engine lainnya seperti Yahoo maupun Bing.

Setiap website yang muncul di halaman pertama search engine akan memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah mendapatkan trafik website yang lebih tinggi. Akan tetapi, untuk berada di halaman pertama search engine dibutuhkan konten yang menunjang dan pembuatan serta pengoptimalan website yang baik.

Dalam pembuatan website sendiri, Anda harus memiliki 2 elemen penting agar website tersebut dapat diakses, yaitu nama domain dan hosting. Kedua elemen ini saling mempengaruhi satu sama lain. Adanya domain tanpa adanya hosting, maka website tidak akan aktif, beigtu juga ada hosting tapi tidak memiliki domain.

Untuk mengetahui layanan hosting mana saja yang bagus, kami menulis artikel yang membahas mengenai rekomendasi web hosting terbaik yang bisa Anda cek & jadi bahan referensi dalam memilih layanan hosting.

Apa itu Domain dan Hosting?

Mari kita telaah satu persatu pengertian dari nama domain serta hosting.

Pengertian Domain

Nama domain dapat disebut sebagai nama, alamat ataupun identitas yang menunjukkan suatu hal.

Pada umumnya, setiap komputer yang saling terhubung pasti akan memiliki alamat IP (IP address) yang ditunjukkan dengan deretan angka acak yang bagi beberapa orang sulit diingat. Oleh sebab itulah, kemudian muncul nama domain yang memudahkan orang mengingatnya. 

Pengertian Hosting

Hosting dapat dikatakan sebagai rumah bagi domain. Rumah tersebut akan berisikan berbagai macam data digital dalam bentuk yang beragam, mulai dari text, video, gambar dan lain sebagainya.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang

Agar situs Anda bekerja secara online dengan baik dan dapat diakses banyak orang, maka dibutuhkanlah hosting atau rumah ini. 

Jenis-Jenis Domain

Mari kita bahas lebih dalam lagi mengenai jenis-jenis dari domain yang ada saat ini.

Top Level Domain (TLD)

TLD merupakan ekstensi akhir dari sebuah domain yang ditandai setelah tanda titik (.). Contohnya adalah TLD dari nama domain BajuBiru.com adalah .com. Contoh lainnya adalah TLD dari nama domain KicauKenari.co.id adalah .id. 

Second Level Domain (SLD)

SLD merupakan ekstensi kedua atau urutan kedua dari kanan sebuah nama domain. Kita ambil contoh dari yang sebelumnya, jika nama domain bajubiru.com, maka SLD tetap .com. Akan tetapi jika nama domainnya kicaukenari.co.id, maka ekstensi SLD adalah .co.

Third Level Domain 

Third Level Domain dapat disebuah sebagai nama dari domain tersebut yang berada di ujung paling kiri sebuah domain.

Contohnya jika nama domainnya bajubiru.com, maka Third Level Domainnya adalah bajubiru. Begitu juga apabila nama domainnya kicaukenari.co.id, maka Third Level Domainnya adalah kicaukenari. 

Berbeda lagi dengan yang namanya sub domain. Sub domain adalah sebuah nama domain yang merupakan bagian dari domain utama. Pada umumnya, sub domain berada di sebelah kiri dari nama domain utama. Adapun salah satu penggunaan sub domain adalah sebagai pembeda fungsi antara website utama. 

Contohnya disini adalah domain utamanya adalah bajubiru.com, kemudian sub domainnya adalah katalog.bajubiru.com. Kata “katalog” dalam sub domain katalog.bajubiru.com adalah sebagai pembeda dari website utama dan difokuskan pada katalog produk dari website utama saja. 

Macam-Macam Top Level Domain

Kembali ke Top Level Domain yang ternyata terbagi lagi menjadi 2 macam, yaitu Generic Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD).

Keduanya memiliki fungsi yang berbeda untuk menunjukkan suatu identitas. Secara umum gTLD dapat digunakan untuk kepentingan umum, sedangkan ccTLD digunakan untuk menunjukkan identitas suatu negara tertentu.

Adapun jenis gTLD dan fungsinya yang bisa Anda ketahui diantaranya adalah:

Beberapa contoh nama domain TLD

.com digunakan untuk kepentingan komersial. Contohnya adalah website untuk suatu perusahaan tertentu atau bisnis Anda.

.edu dapat digunakan untuk website yang difokuskan pada konten pendidikan. 

.info dapat digunakan untuk website yang memang memfokuskan pada konten informatif yang dapat dipertanggungjawabkan.

.biz dapat digunakan untuk website yang difokuskan pada keperluan bisnis saja.

.org digunakan untuk kepentingan organisasi non profit.

.gov digunakan untuk kepentingan pemerintah daerah.

.sch digunakan untuk kepentingan website sekolah, baik negeri maupun swasta.

.ac digunakan untuk kepentingan website akademis dan kebanyakan digunakan oleh para universitas di Indonesia.

Adapun jenis ccTLD dan artinya yang dapat Anda ketahui diantaranya adalah: 

Contoh domain ccTLD dari beberapa negara

.id dapat digunakan untuk menunjukkan identitas domain website Indonesia.

.uk dapat digunakan sebagai identitas domain website negara United Kingdom atau Inggris.

.us dapat digunakan sebagai identitas domain website negara United States atau Amerika.

.jp dapat digunakan sebagai identitas domain website negara Jepang.

.or.id dapat digunakan sebagai identitas domain website organisasi yang non profit di Indonesia.

.go.us dapat digunakan sebagai identitas domain website pemerintahan di Amerika.

Jenis Hosting Dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Selanjutnya mari kita bahas lebih dalam mengenai jenis-jenis hosting yang ada saat ini.

Shared Hosting

Hawkhost - Salah satu layanan hosting yang menyediakan paket shared hosting
Hawkhost – Salah satu layanan hosting yang menyediakan paket shared hosting

Pada umumnya, jenis shared hosting adalah yang paling banyak digunakan dan ditawarkan oleh penyedia hosting. Ciri hosting jenis ini adalah dimana sebuah server besar yang terbagi atau digunakan oleh beberapa situs dalam waktu yang bersamaan. Dapat dikatakan bahwa jenis hosting ini yang paling murah dibandingkan yang lainnya.

Beberapa kelebihannya adalah bisa digunakan untuk website tingkat rendah atau pribadi dan digunakan oleh pemula. Pengaturan kontrol hosting juga lebih mudah dan segala bentuk maintenance serta administrasi server biasanya akan dikerjakan oleh penyedia hosting. 

Sedangkan untuk kekurangannya adalah jika traffic website yang diakses sedang tinggi, maka dapat mempengaruhi loading pada website Anda. Begitu juga dengan konfigurasi server yang ruang geraknya terbatas. 

VPS Hosting

Digital Ocean - Penyedia layanan VPS pilihan sejuta umat
Digital Ocean – Penyedia layanan VPS pilihan sejuta umat

Virtual Private Server Hosting atau lebih dikenal sebagai VPS Hosting merupakan jenis hosting yang masih berbagi server dengan pengguna lain. Perbedaannya terletak pada alokasi penggunaan server, dimana Anda akan mendapatkan bagian sendiri yang terbagi rata dengan pengguna lainnya. 

Artinya adalah Anda akan mendapatkan space server yang didedikasikan khusus untuk website Anda dengan memory dan power computing yang seimbang. Jenis hosting ini sangat cocok untuk website yang sudah memiliki traffic tinggi.

Adapun kelebihannya adalah Anda dapat mengelola server lebih leluasa dibandingkan shared hosting dan jika terjadi kenaikan traffic yang tinggi di website lain, maka tidak akan mempengaruhi loading website Anda.

Sedangkan untuk kekurangannya tidak lain adalah harganya yang lebih mahal dibanding shared hosting. Disisi lain, Anda juga harus mengetahui beberapa pengetahuan teknis terkait manajemen server yang baik agar bekerja dengan optimal. 

Cloud Hosting

Niagahoster - Salah satu penyedia layanan cloud hosting di Indonesia
Niagahoster – Salah satu penyedia layanan cloud hosting di Indonesia

Cloud hosting bisa dikatakan sebagai layanan hosting baru yang ditawarkan hampir sebagian penyedia hosting. Layanan hosting ini telah menggunakan konsep teknologi komputasi awan dengan kecepatan yang stabil dan jarang mengalami downtime.

Ini dikarenakan server yang digunakan tidak hanya 1 saja, namun beragam dan tersebar di berbagai negara. Artinya adalah jika salah satu server cloud penuh atau sedang bermasalah, maka secara otomatis akan dipindahkan ke server lain yang masih dalam satu area. 

Adapun kelebihannya adalah apabila terjadi server error, maka tidak akan berpengaruh pada website Anda. Disisi lain, alokasi resource dapat disetting sesuai dengan kebutuhan dan baiknya adalah lebih banyak space dibandingkan VPS hosting.

Sedangkan kekurangannya adalah data lebih rawan hilang, sistem backup yang kurang sempurna dan bergantung pada koneksi internet yang ada. 

WordPress Hosting

Domainesia - Menyediakan layanan WordPress hosting
Domainesia – Menyediakan layanan WordPress hosting

Sesuai dengan namanya, jenis hosting ini memang dikhususkan untuk pengguna website WordPress. Menariknya adalah server akan terkonfigurasi secara otomatis untuk website WordPress Anda yang lengkap dengan pre-installed plugin yang dianggap penting.

Pengunaan hosting ini akan mengoptimalkan loading website Anda menjadi lebih baik dan tentunya terhindar dari masalah. 

Beberapa penyedia layanan hosting yang menawarkan WordPress hosting biasanya akan dilengkapi dengan fitur seperti tema khusus, page builder, tools developer dan lain sebagainya. Memang ada banyak sekali penyedia hosting yang menawarkan penawaran berbeda, namun sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda. 

Adapun kelebihannya adalah lebih murah, bisa digunakan untuk pemula sekalipun dan instalasi WordPress dengan sistem one click installation dengan proses yang sangat cepat. Sedangkan untuk kekurangannya adalah hanya dapat diaplikasikan pada website tipe WordPress saja. 

Dedicated Server Hosting

Jika Anda menginginkan sebuah server fisik pribadi dan dikhususkan untuk website Anda saja, maka pilihan Dedicated Server Hosting sangat cocok.

Penggunaan jenis hosting ini bisa dibilang fleksibel, ini dikarenakan Anda dapat melakukan konfigurasi software yang digunakan, sistem operasi dan lain sebagainya. 

Adapun kelebihannya adalah Anda memiliki kontrol secara penuh di konfigurasi server, memiliki akses root menuju server, keamanan lebih terjamin dan dapat diandalkan jika traffic sedang tinggi. Sedangkan kekurangannya tidak lain adalah harga yang lebih mahal dan Anda harus mengetahui manajemen server yang baik.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.