Meningkatkan Repeat Order Pada Bisnis Anda

Repeat order adalah kondisi saat konsumen melakukan transaksi pembelian di sebuah toko yang sama lebih dari satu kali. Konsumen biasanya melakukan pembelian berulang pada satu tempat yang sama dikarenakan beberapa faktor, misalnya barang yang dijual lebih hemat dan berkualitas, pelayanan penjualnya ramah, dan lain-lain.  

Pemilik bisnis berusaha menerapkan strategi untuk meningkatkan pembelian berulang karena dapat menciptakan reputasi baik pada perusahaan. Selain itu, konsumen yang telah menyukai produk Anda akan memiliki loyalitas.

Ingin meningkatkan follower Instagram Anda untuk meningkatkan penjualan? Cek beberapa tools IG rekomendasi kami →

Dengan demikian dibutuhkan langkah-langkah jitu untuk mengoptimalkan order repeat guna meningkatkan pembelian produk Anda.

Apa Itu Repeat Order?

Repeat order disebut juga pembelian berulang, yakni transaksi yang dilakukan oleh konsumen secara berulang kali pada suatu tempat yang sama. Transaksi jenis ini mempunyai peluang besar untuk meningkatkan jumlah penjualan. Berdasarkan data Marketing Metrics menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen (60—70%) yang melakukan transaksi pembelian sebenarnya adalah konsumen lama.

Hal tersebut menunjukkan bahwa konsumen yang sebelumnya pernah melakukan transaksi harus mendapatkan kesan baik sehingga bersedia melakukan transaksi lebih banyak ke depannya. Inilah yang perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis: bagaimana menarik hati konsumen agar mau melakukan order di tempat yang sama berulang kali.

Bagaimana Cara Jitu Meningkatkan Repeat Order?

Untuk bisa memaksimalkan repeat order yang pertama harus dipahami adalah konsumen berhak mendapatkan produk dan layanan dengan kualitas terbaik. Ketika konsumen puas setelah melakukan pembelian pertama, secara alamiah akan terdorong melakukan pembelian selanjutnya di tempat yang sama.

Berikut langkah jitu untuk meningkatkan order berulang guna menaikkan tingkat pembelian.

Memberikan Kesan Pertama yang Baik

Kesan pertama meninggalkan jejak ingatan yang sangat kuat bagi konsumen. Bagaimana Anda memberikan citra pertama kali kepada konsumen, itulah yang akan diingat oleh konsumen hingga ke depannya. Baik citra baik maupun citra buruk, konsumen akan memberikan penilaian yang berdampak pada keinginan mereka untuk membeli produk.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Oleh karena itu, Anda perlu memberikan kesan pertama sebaik mungkin kepada konsumen khususnya yang baru pertama kali melakukan order. Jika konsumen mendapatkan kesan yang baik, selanjutnya pasti akan tertarik untuk membeli produk di tempat yang sama. Sekalipun tidak membeli produk, setidaknya masih akan mempromosikan produk pada orang lain. 

Kesan pertama ini juga memudahkan Anda menggaet lebih banyak pembeli loyal. Keberadaan konsumen dengan loyalitas tinggi bisa menambah reputasi perusahaan/bisnis Anda, sehingga selalu utamakan pemberian citra positif. Baik dari segi produk maupun layanan, berikan yang terbaik agar konsumen melakukan repeat order dengan suka hati.

Memberikan Penawaran Menarik

Konsumen lebih tertarik melakukan pembelian jika ada promo atau penawaran menarik. Hal ini alamiah, karena pada prinsipnya konsumen ingin mendapatkan produk sebagus mungkin dengan harga termurah. Maka salah satu cara menarik konsumen agar melakukan order berulang adalah dengan memberikan penawaran menarik.

Anda bisa menawarkan promo kepada konsumen, misalnya berupa potongan harga kepada pembeli yang baru pertama kali melakukan transaksi di tempat tersebut. Namun tetap Anda harus memperhitungkan besaran promo yang diberikan agar tidak menyebabkan kerugian pada perusahaan.

Bersikap Komunikatif Kepada Konsumen

Terapkan SOP yang ramah pada konsumen kepada semua karyawan Anda
Terapkan SOP yang ramah pada konsumen kepada semua karyawan Anda

Pelayanan yang unggul memberikan nilai plus kepada konsumen agar bersedia melakukan repeat order. Terkadang konsumen pergi ke suatu tempat tidak hanya mencari produk yang diinginkan, tetapi karena pelayanan baik. Meskipun dari segi harga tidak ada perbedaan dengan tempat lain, jika pelayanannya baik bisa menjadi nilai plus.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Salah satu upaya untuk memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen adalah dengan bersikap komunikatif. Anda bisa mengenal konsumen secara lebih intensif dengan membuat media atau pengelolaan customer care. Misalnya Anda bisa membuat grup khusus konsumen untuk sharing informasi produk terbaru serta menawarkan jika ada promo menarik. 

Memberikan Rewards atau Insentif

Selain promo menarik atau diskon spesial, faktor lain yang mendorong konsumen agar melakukan repeat order yakni adanya rewards. Anda bisa memberlakukan poin yang dikumpulkan setiap melakukan transaksi dengan kriteria tertentu. Jika sudah memenuhi minimal jumlah transaksi, poin bisa ditukarkan dalam bentuk rewards.

Sistem semacam ini sudah banyak yang menggunakan. Tidak hanya pada toko atau perusahaan penyedia produk saja. Bahkan di bank dan layanan jasa lain pemberian insentif dinilai sebagai salah satu langkah efektif untuk mempertahankan konsumen dalam jangka waktu lama.

Lebih menarik lagi jika rewards yang diberikan adalah hal yang paling dibutuhkan konsumen, misalnya berupa potongan harga besar-besaran atau gratis produk tertentu. Namun sekali lagi, Anda perlu memperhitungkan dengan cermat besarnya rewards yang diberikan. Hal ini untuk mencegah kerugian perusahaan akibat besar pasak daripada tiang.

Melakukan Retargeting

Retargetting atau Remarketing yaitu menentukan sasaran dan target konsumen berdasarkan kriteria tertentu agar bersedia membeli produk. Retargetting dilakukan setelah konsumen melakukan pembelian pertama. Bentuknya bisa bermacam-macam. Jika pada sistem marketplace online biasanya berbentuk notifikasi email atau melalui iklan yang ditampilkan pada berbagai website yang kita kunjungi yang mengingatkan untuk belanja kembali.

Retargetting juga berperan penting untuk memperluas sasaran konsumen. Apabila konsumen pertama telah selesai melakukan pembelian, biasanya akan menyampaikan kepada orang-orang terdekat jika mendapatkan kesan positif terhadap produk yang dibeli. Orang-orang inilah yang berpotensi menjadi target konsumen baru.

Menjaga dan Meningkatkan Kualitas Produk

Pastikan kualitas produk yang Anda jual selalu terjaga dengan baik
Pastikan kualitas produk yang Anda jual selalu terjaga dengan baik

Kualitas produk menjadi salah satu faktor utama yang mendorong konsumen melakukan repeat order. Ada tipe konsumen yang memprioritaskan kualitas produk, sehingga untuk mendapatkan loyalitas dari konsumen yang demikian harus benar-benar mengedepankan mutu dan kualitas. 

Produk yang dijual juga turut menyumbang citra perusahaan. Jika kualitas produk buruk, perusahaan ataupun penjual akan mendapatkan citra yang kurang baik. Tentu ini akan berimbas pada tingkat kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, menjaga serta meningkatkan kualitas produk menjadi hal yang penting urgensinya.

Meningkatkan SDM Bisnis Anda

Selalu berusaha meningkatkan SDM pada bisnis Anda
Selalu berusaha meningkatkan SDM pada bisnis Anda

Selain meningkatkan aspek pemasaran, yang tidak kalah penting diperhatikan adalah penjaminan mutu produk. Oleh karena itu, meningkatkan SDM perusahaan sebagai pembuat produk juga harus diutamakan. Konsumen akan otomatis melakukan order berulang apabila merasa produk yang dijual kualitasnya bagus.

SDM perusahaan juga berperan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Terutama orang-orang yang berinteraksi secara langsung dengan konsumen harus mempunyai manner unggul. SDM perusahaan yang unggul menjadi faktor penting dalam menjaga citra perusahaan sehingga memiliki reputasi yang baik di mata konsumen. 

Mengumpulkan Ulasan Dari Pelanggan

UGC adalah kependekan dari User Generated Content. Secara mudahnya, UGC dipahami sebagai konten yang asalnya dari konsumen (pelanggan). Anda bisa meminta konsumen untuk memberikan feedback berupa review atau penilaian setelah melakukan transaksi. Cara ini juga bisa meningkatkan repeat order secara efektif.

Dengan Anda meminta konsumen untuk memberikan penilaian, konsumen akan beranggapan bahwa perusahaan memperhatikan kebutuhan mereka. UGC juga bisa menjadi daya tarik untuk menggaet konsumen baru. Bentuk-bentuk UGC yang paling umum misalnya video dari konsumen, postingan foot, dan lain-lain. 

Mengoptimalkan Personalized Marketing

Personalized marketing dilakukan dengan mempertimbangkan riwayat pembelian yang telah dilakukan konsumen. Tim marketing menganalisis produk apa saja yang paling sering dibeli oleh konsumen, setelah itu mengingatkan kepada konsumen pada momen tertentu untuk membeli produk serupa.

Saat ini model personalized marketing sudah bisa dilakukan dalam berbagai cara, karena perkembangan teknologi mendorong kemudahan interaksi antara penyedia produk dan konsumen. Hanya dengan menganalisis riwayat pembelian saja Anda sudah bisa merumuskan langkah jitu untuk mengoptimalkan pemasaran produk.

Memberikan Diskon Loyalitas

Pada prinsipnya, repeat order dilandasi oleh perasaan nyaman konsumen kepada suatu penyedia produk. Rasa nyaman ini dapat ditingkatkan menjadi loyalitas yang bisa berdampak positif baik untuk perusahaan. Maka, sudah sepantasnya jika perusahaan memberikan bonus berupa diskon sebagai apresiasi atas loyalitas konsumen.

Ada beberapa toko yang memberikan diskon khusus bagi pelanggan dengan jumlah pembelian tertentu. Biasanya jenis pelanggan seperti ini akan mudah diingat karena sering melakukan transaksi. Anda bisa memberikan diskon spesial bagi para konsumen loyal yang sudah menjadi langganan tetap. 

Kata Penutup

Itulah tadi hal-hal seputar repeat order yang perlu Anda ketahui. Cara jitu di atas memberikan gambaran umum bagaimana menjaga loyalitas konsumen sehingga bersedia melakukan pembelian berulang di tempat yang sama.

Meskipun Anda menjual produk, jasa dan layanan yang diberikan kepada pembeli juga turut mendorong lebih banyak konsumen yang melakukan order berulang. 

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.