Apa Itu WordPress? Mengenal Platform Website Terpopuler di Dunia

WordPress adalah platform yang dibuat dengan tujuan untuk menciptakan website dan didirikan pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Sejarah terbentuknya website beriringan dengan sejarah berakhirnya software blogging, bernama b2/cafelog yang digunakan oleh 2 pendiri WordPress tersebut.

Pembuatan WordPress oleh kedua programmer tersebut nampak jelas pada tahun 2004 di mana kala itu keduanya mendirikan WordPress dengan berbagai fungsi dasar. Tidak jauh berbeda dengan b2/cafelog, WordPress hanya disematkan tambahan beberapa fitur saja. Sampai sekarang terus berkembang pesat.

Gambaran Umum WordPress sebagai Platform Web Terpopuler

Semenjak masa berdirinya sampai dengan saat ini, WordPress tercatat sebagai website paling banyak digunakan orang di seluruh dunia. Penggunaan mudah, lengkapnya fitur, serta tidak perlu membutuhkan uang ketika pembuatan website menjadi alasan kenapa WordPress disukai oleh banyak orang di dunia.

Kepopuleran WordPress bukan hanya lekat di sekitar orang-orang yang mendirikan web untuk urusan skala kecil. WordPress juga dimanfaatkan oleh berbagai website dari brand serta perusahaan ternama, seperti Sony Music, Bata, Microsoft News Center, The New York Time Company, Walt Disney Company, Mercedes Benz, hingga situs resmi White House alias Gedung Putih Amerika Serikat.

Bukan hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan terkenal kelas dunia, namun selebritas Hollywood juga ada beberapa yang memanfaatkan WordPress untuk pembuatan website mereka. Sebut saja Katy Perry, Snoop Dogg, Beyonce, Usain Bolt, dan The Rolling Stone turut menggunakan CMS WordPress.

WordPress memiliki dua jenis situs, pertama yang seutuhnya gratis, yakni WordPress.org dan yang kedua ada WordPress.com dengan ketentuan Anda harus membayar. Namun, jangan salah paham sebab biaya yang dibayarkan bukan untuk membeli software, namun untuk menyewa layanan yang sudah disediakan oleh WordPress.com

WordPress.com menyedia layanan membuat blog gratis
WordPress.com menyedia layanan membuat blog gratis

WordPress adalah platform yang menjanjikan kemudahan pembuatan web karena tidak dibutuhkan biaya apabila Anda menggunakan WordPress.com, tapi kelemahan dari WordPress.com adalah tidak tersedia layanan install plugin, tidak bisa instal custom theme, tidak bisa pasang iklan, dan tidak bisa untuk toko online.

Untuk bisa install plugin, instalasi toko online serta menggunakan nama domain Anda sendiri, Anda diharusnya mengeluarkan biaya sekian dollar setiap bulannya.

Lain hal kalau Anda memilih WordPress.org, di mana website tersebut memberikan layanan untuk Anda mendapatkan apa yang tidak tersedia pada WordPress.com.

Pada WordPress.org, Anda diharuskan memasang serta mengkonfigurasi WordPress pada hosting & nama domain Anda sendiri.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Alasan WordPress Difavoritkan

Jika Anda masih bertanya-tanya kenapa banyak orang menyukai WordPress untuk berbagai kebutuhan website mereka, di bawah ini ada beragam alasan yang menjawab hal tersebut. Bisa jadi juga berbagai alasan ini menjadi alasan Anda untuk turut menggunakan WordPress sebagai platform web Anda.

1. Ramah untuk Pemula Maupun Sudah Ahli

Salah satu alasan orang suka menggunakan WordPress untuk kepentingan halaman web mereka karena sangat ramah untuk dijalankan para pemula alias newbie friendly maupun para ahli. Baik Anda yang merasa diri seorang awam atau yang profesional sekalipun, semisal programmer akan tetap cocok dengan fitur WordPress.

2. Komunitas Sangat Besar

Alasan kedua yang membuat perusahaan atau perseorangan menyukai WordPress adalah karena komunitas platform ini besar. WordPress merupakah CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia yang, WordPress menguasai pangsa pasar sebesar 30%.

3. Banyak Tutorial

Tidak membutuhkan waktu lama atau proses yang rumit bagi Anda mengerti bagaimana mengoperasikan WordPress sebab banyak sekali tutorial yang bisa diaplikasikan.

Dengan bantuan tutorial yang tersedia di internet saja Anda sudah bisa mengoperasikan website, sebagai opsi lain belajar tutorial dari buku.

4. Tersedia Banyak Plugin

Ada ribuan plugin WordPress yang tersedia gratis

WordPress juga memiliki ribuan plugin yang memudahkan siapa pun pengguna WordPress menambahkan fitur-fitur yang tidak ada pada WordPress.

Anda bisa memilah mana plugin yang sesuai dengan dengan kebutuhan website Anda. Misal, jika ingin menerapkan plugin untuk mengoptimasi SEO maka Anda bisa memilih plugin seperti Yoast SEO, RankMath, kemudian untuk membuat toko online bisa menggunakan plugin WooCommerce.

5. Banyak Variasi Theme

Anda bisa memilih theme yang Anda suka langsung dari dashboard WordPress
Anda bisa memilih theme yang Anda suka langsung dari dashboard WordPress

Tidak berhenti sampai di sana, bahkan WordPress memberikan kepuasan bagi Anda untuk memilih WordPress theme yang bisa diaplikasikan pada web Anda.

Banyaknya pilihan tema menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengekspresikan diri serta lebih mengentalkan konsep dari website yang dibuat.

Kegunaan WordPress untuk Berbagai Keperluan

Sebagai salah satu platform yang memudahkan setiap orang dan kelompok untuk membuat website, WordPress tentu memiliki banyak kegunaan.

Perlu diketahui bahwa di awal masa pembuatan WordPress tujuannya hanya untuk pembuatan CMS untuk blog, namun para developer WordPress tak henti terus mengembangkan WordPress dan menambahkan banyak fitur-fitur baru.

Sampai dengan saat ini WordPress memiliki beragam kegunaan, satu diantaranya tentu penggunaan WordPress untuk blog pribadi. Kegunaan ini sudah dijalankan oleh banyak orang sedari awal pembentukan website dibuat oleh dua pionirnya, yakni Matt Mullenweg dan Mike Little di 2003 silam.

Biasa digunakannya WordPress sebagai blog pribadi membuat siapa saja bisa memanfaatkan platform satu ini. Tidak memandang apakah Anda pengguna internet biasa atau seorang programmer sekalipun, situs WordPress bisa dimanfaatkan sebagai blog pribadi dengan berbagai usungan konsep serta tema.

Kedua, WordPress adalah salah satu platform pembuatan website yang juga digunakan oleh para pemilik perusahaan untuk membuat eksistensi perusahaan terlihat di dunia online. Di zaman yang serba modern seperti ini hampir semua perusahaan memiliki website untuk menunjukkan eksistensi di dunia maya.

Situs gedung putih Amerika Serikat menggunakan WordPress
Situs gedung putih Amerika Serikat menggunakan WordPress

Keberadaan website untuk eksistensi memiliki peranan yang penting karena membuat banyak orang lebih percaya terhadap perusahaan tersebut. Sekarang sudah banyak calon pelamar pekerjaan atau calon mitra yang hendak bekerja sama mencari profil perusahaan dari website yang sudah disediakan di internet. Akan menjadi sebuah keuntungan bagi Anda maupun perusahaan untuk meyakinkan orang dari website saja.

Tidak sedikit calon pelamar yang memundurkan niat untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan karena tampilan website perusahaan tersebut terkesan tidak dapat dipercaya. Memiliki web saja ternyata tidak cukup sebab Anda harus turut andil dalam pengelolaan tampilan dan lainnya secara mendetil.

Ketiga, WordPress juga bisa digunakan untuk pembuatan toko online atau lebih dikenal dengan nama online shop. Anda harus memanfaatkan WordPress.org agar bisa membangun web untuk kepentingan bisnis.

Ketika sudah sudah memasang WordPress pada nama domain Anda, Anda cukup memasang plugin toko online seperti WooCommerce. Plugin ini memberikan Anda kemudahan karena terdapat berbagai fitur yang berguna untuk menjalankan sebuah website toko online, mulai dari katalog produk, keranjang belanja sampai dengan berbagai layanan penting terkait sistem pembayaran produk.

Toko online di masa sekarang ini sudah menjadi cara yang trend untuk orang mencari uang. Cara pembelian yang mudah tidak hanya memberikan alternatif mencari uang untuk penjual, namun juga bagi pembeli. Keduanya sangat dimudahkan dalam berbagai kepentingan untuk berbelanja di toko online.

Yang menarik dari WordPress adalah tidak membutuhkan pemahaman terhadap koding supaya bisa mengoperasikan platform website satu ini. Banyak sekali sumber internet yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk pembuatan WordPress, pengoperasian WordPress, bahkan sampai bagaimana cara melakukan optimasi WordPress.

Berbagai Fitur WordPress dan Fungsinya

Sebagai platform dengan CMS terbesar di dunia, WordPress memiliki banyak sekali fungsi jika ditelisik lebih dalam ke berbagai jenis fitur di dalamnya. WordPress memang hadir dengan penawaran tema atau theme dan juga plugin beragam, namun berbagai fitur dasarnya memiliki keseragaman jenis serta fungsi.

Untuk mengetahui apa saja fungsi dari fitur-fitur WordPress, coba kita perhatikan beberapa hal di bawah ini:

Manajemen Menu

Dengan WordPress Anda dapat dengan mudah mengatur menu-menu yang ada pada website Anda melalui halaman backend atau di WordPress lebih dikenal dengan sebutan wp-admin atau halaman Dashboard.

Menu-menu pun dapat diatur dan diposisikan sedemikian rupa sesuai keinginan Anda. Sebuah menu dapat berdiri sendiri atau bisa juga menjadi parent atau child dari menu lainnya.

Pembuatan & Manajemen Artikel

Menulis artikel di WordPress sangat mudah sekali
Menulis artikel di WordPress sangat mudah sekali

Ini merupakan fungsi utama diantara semua fitur yang sudah disebutkan. Artikel biasanya memuat kolom judul, isi, serta ruang bagi Anda menyertakan gambar sebagai pendukung artikel yang ditulis.

Pada WordPress Anda bisa mengelompokkan artikel ke dalam kategori-kategori yang Anda inginkan. Anda dapat pula menambahkan tag pada masing-masing kategori yang ada.

Pengecekan Kesalahan Penulisan

Ketika menulis sebuah artikel tak jarang secara tidak sengaja terjadi kesalahan ketik atau typo. Kendala seperti ini bisa diatasi dengan adanya fitur check spelling dari WordPress.

Anda bahkan bisa menulis dalam bahasa Inggris dengan rapi melalui adanya fitur ini. WordPress juga memiliki layanan built in rich text editor yang memudahkan Anda untuk menyalin artikel dari beberapa aplikasi, salah satunya Microsoft Word.

Anti Spam

Yang tidak kalah menarik dan pastinya dibutuhkan di masa sekarang ini adalah WordPress dilengkapi dengan fitur anti spam dari Akismet.

Fitur ini memberikan layanan bagi Anda dalam menghindari berbagai komentar pada artikel yang dirasa tidak patut, seperti yang berkenaan dengan hal pornografi, sara, bahkan juga berbagai promosi liar.

Widget

Pada WordPress, widget berfungsi untuk membantu pengguna menampilkan fungsi spesifik dan simple, biasanya widget diposisikan pada area sidebar dan footer, namun tidak menutup kemungkinan pada theme tertentu diposisikan pada area lainnya.

Contoh-Contoh Widget Bawaan WordPress

Halaman pengaturan widget di WordPress
Halaman pengaturan widget di WordPress

WordPress secara default membawa beberapa widget saat pertama kali kita instal. Berikut adalah beberapa widget bawaan WordPress yang bisa langsung kita gunakan:

Widget Search Form

Widget Search form merupakan widget yang difungsikan agar setiap pengunjung tidak kesulitan mencari artikel yang diinginkan, cukup dengan mengetikkan kata kunci yang dicari.

Dengan cukup menuliskan kata kunci saja, artikel atau tulisan yang berkaitan dengan keyword tersebut akan muncul.

Widget Calendar

Widget Calendar dapat membantu Anda bernavigasi untuk menemukan artikel berdasarkan bulan, tanggal serta tahun publikasi.

Widget Recent Post

Widget ini membantu untuk merunutkan artikel di website Anda dari yang yang paling terbaru. Ada juga fitur pengaturan untuk menentukan jumlah artikel yang ditampilkan.

Widget Category

Widget Category menampilkan kategori-kategori artikel yang ada pada website WordPress Anda. Pada widget ini ada opsi untuk menentukan layout widget, serta jumlah artikel yang ada pada masing-masing kategori.

Widget Archive

Pada widget ini, artikel-artikel akan dikelompokkan berdasarkan bulan serta tahun publikasi. Terdapat opsi untuk menentukan layout widgetnya apakah ditampilkan sebagai list atau dropdown.

Kesimpulan

Jika dirangkum, fungsi dari WordPress sangat ramah digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu pemula atau profesional. Kedua, WordPress merupakan platform yang ramah untuk diinstal pada apa pun server yang Anda miliki. Ketiga, jika tidak memiliki server atau tidak mau repot dengan hosting, WordPress.com hadir sebagai solusinya.

Berikutnya, WordPress memberikan beragam theme atau tema yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan serta selera Anda sebagai pemilik. Bukan hanya hadir dengan keberagaman temanya, WordPress juga memberikan kemudahan lain dengan kepemilikan banyak plugin yang bisa digunakan.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.