Alasan Pentingnya Membuat Website Untuk Bisnis Anda

Memasarkan sebuah produk ataupun jasa tidak hanya memanfaatkan social media saja, namun bisa juga dengan membuat website. Peta persaingan strategi marketing online menggunakan website berkembang sangat pesat dan setiap orang berlomba memberikan penawaran terbaik.

Website memiliki banyak keunggulan dan manfaat bagi banyak orang, terlebih bagi para pengusaha yang mulai meranah ke pemasaran online. Pemasaran produk atau jasa secara online sangatlah berkembang pesat dan seringkali lebih banyak mendatangkan pengunjung dibandingkan pemasaran secara offline.

Kondisi tersebut tentunya dilatar belakangi oleh meningkatnya jumlah pengguna internet di dunia, termasuk Indonesia. Dengan berselancar di search engine, mereka dapat menemukan segala bentuk informasi yang mereka butuhkan. Namun, perlu dicatat bahwa Anda sebaiknya dapat memilih informasi yang benar dan tidak.

Di balik semua itu, adanya website memang berpengaruh ke suatu perusahaan ataupun branding personal Anda. Baik perusahaan ataupun personal akan terkesan lebih profesional dengan adanya website tersebut.

Manfaat Website Untuk Bisnis

Berikut adalah manfaat dari adanya website untuk bisnis dan tips membangun website untuk para pemula. 

1. Kredibilitas Meningkat

Pengguna internet di Indonesia semakin hari semakin naik. Kondisi seperti ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk Anda. Sebuah bisnis akan terlihat lebih profesional apabila memiliki website, oleh karena itulah website sangat penting bagi bisnis Anda.

Dengan memiliki website untuk produk yang Anda tawarkan, maka kepercayaan dari pelanggan menjadi meningkat. Terlebih, pembuatan website juga tidak terlalu mahal untuk jangka waktu 1 tahunan. Anda tinggal pintar-pintar dalam mengatur budgetnya. 

2. Menaikkan Traffic

Menaikkan trafik
Menaikkan trafik

Memasarkan produk secara offline bagi beberapa orang menjadi tantangan tersendiri. Jika dipasarkan secara online akan berbeda lagi, terlebih jika Anda memiliki website. Anda tinggal membidik atau memilih kata kunci utama dari produk Anda agar menang di mesin pencarian.

Jika Anda dapat memanfaatkan celah tersebut, maka pengunjung akan datang silih berganti. Kenaikan pengunjung ke website Anda tentunya dapat membantu menaikkan omset dari bisnis tersebut.

Agar traffic semakin meningkat, Anda juga bisa membuat konten relevan yang berhubungan dengan bisnis tersebut atau produk lain yang masih berkesinambungan.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

3. Membantu Memberikan Inovasi Baru

Dalam membuat website untuk bisnis, tidak sedikit juga yang memberikan komentar positif, negatif ataupun saran terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Segala bentuk komentar yang diberikan oleh pelanggan dapat Anda rekap dan bisa dimanfaatkan untuk menciptakan inovasi baru yang dibutuhkan oleh konsumen. 

4. Membangun Brand

Membantu membangun brand Anda
Membantu membangun brand Anda

Adanya website tidak hanya sebagai formalitas ataupun agar terlihat profesional saja, akan tetapi bisa dijadikan sebagai instrumen yang dapat membangun brand Anda.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memberikan konten yang relevan dengan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan dan menguploadnya ke website tersebut.

Konten yang bermutu dan relevan akan memberikan nilai positif terhadap diri Anda. Tidak hanya itu saja, dengan konten yang berbobot tentunya akan banyak orang yang akan membeli ataupun menggunakan produk maupun jasa yang Anda tawarkan. 

5. Sebagai Media Pemasaran

Membantu sebagai media untuk pemasaran produk
Membantu sebagai media untuk pemasaran produk

Banyak orang yang berlomba-lomba dalam menyusun strategi pemasaran online yang tepat sasaran. Fakta lapangan menunjukkan bahwa persaingan tersebut sangatlah tinggi, karena harus memanfaatkan media sosial ataupun website dalam waktu yang bersamaan. Keduanya juga harus digunakan pada waktu yang tepat. 

Salah satu kunci keberhasilan dalam media pemasaran online melalui website adalah kualitas konten yang ditawarkan. Tidak hanya menampilkan jasa, produk yang ditawarkan hingga kelebihannya saja. Akan tetapi harus diimbangi dengan tulisan konten yang menarik dan membuat orang menjadi ingin membeli produk tersebut. 

Agar konten website lebih menarik, usahakan dalam pembuatannya di desain yang sederhana dengan menu navigasi yang mudah dipahami. Anda juga bisa menambahkan gambar dan video sebagai penunjang konten. Dalam penulisan konten, Anda bisa menyematkan link menuju produk dan lain sebagainya. 

6. Mendapatkan Data Pelanggan Baru

Apabila Anda menawarkan konten yang menarik beserta dengan tawaran produk yang menggiurkan, maka orang-orang akan berdatangan ke website Anda.

Tidak sedikit dari mereka yang rela mendaftarkan diri sebagai member website agar mendapatkan informasi terupdate. Data pelanggan tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menganalisa kebutuhan konsumen dan perbaikan terhadap produk yang ditawarkan.

Tips Membuat Website Bisnis Untuk Pemula

Berikut beberapa tips bermanfaat untuk Anda yang baru ingin membuat sebuah website untuk bisnis Anda.

1. Sesuaikan Dengan Budget dan Kebutuhan

Pastikan budget Anda cukup untuk membuat website yang diinginkan
Pastikan budget Anda cukup untuk membuat website yang diinginkan

Tips pertama dalam membangun sebuahwebsite adalah sesuaikanlah dengan budget yang Anda miliki dan kebutuhannya.

Sediakan dana sekitar Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00 sebagai modal untuk membuat website dan konten yang bagus. Bangunlah website sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Kebutuhan yang paling utama dalam membuat sebuah website adalah nama domain serta hosting. Pastikan Anda sudah memiliki kedua-duanya sebelum membuat website.

Jika bisnis Anda merupakan produk jasa, maka bisa membangun website biasa dengan platform WordPress. Apabila bisnis Anda merupakan produk barang tertentu, bisa memilih WooCommerce, Anda bisa mendapatkan tema atau template toko online untuk WooCommerce dari kami. 

2. Tampilan Responsive

Tampilan website wajib responsive
Tampilan website wajib responsive

Salah satu website yang disukai oleh mesin pencari adalah tampilannya yang responsive untuk pengunjung. Maka dari itu, carilah theme yang menarik, namun tetap responsive agar memberikan kesan yang baik.

Kombinasi pemilihan warna juga sangat penting, sesuaikan dengan jenis bisnis yang Anda tawarkan. Pastikan juga tampilan versi moblile juga dapat bekerja dengan baik dan nyaman digunakan.

3. Bangun Konten

Membuat konten yang berbobot menjadi tantangan dalam memasarkan produk melalui online. Anda harus memikirkan strategi yang matang dalam penulisan konten tersebut.

Buatlah konten yang difokuskan pada hal-hal yang berkaitan dengan bisnis Anda dan yang pengguna inginkan. Penulisan konten juga harus jelas, padat, informatif dan tentunya mudah dibaca serta dipahami.

Anda juga bisa membuat halaman khusus terkait profil bisnis Anda, visi misi dan lain sebagainya agar pengunjung dapat mengenal lebih jauh lagi. Jangan lupa menyertakan kontak yang dapat dihubungi agar pengunjung bisa menghubungi Anda jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.

4. Bidik Kata Kunci Dengan Tepat

Bidiklah kata kunci yang relevan dan tepat penerapannya. Kata kunci tidak hanya dimasukkan dalam sebuah konten saja, melainkan pada judul utama dari konten tersebut.

Buatlah judul yang menarik, namun tetap mengandung kata kunci agar mendatangkan pengunjung dan tentunya memberikan informasi yang bermutu. 

5. Buat Konten Visual

Agar website tidak terlalu membosankan, cobalah untuk membuat konten visual. Contohnya disini tidak hanya gambar atau video saja, melainkan juga infografik dan sejenisnya.

Konten yang fresh dan mudah dicerna seringkali menjadi incaran para pembaca. Dalam menyajikan infografik, sebaiknya didukung oleh fakta-fakta yang ada.

6. Setting Navigasi Yang Mudah

Buatlah navigasi website yang mudah untuk digunakan
Buatlah navigasi website yang mudah untuk digunakan

Selain harus memperhatikan desain web yang responsive, baik di layar pc ataupun ponsel, settingan navigasi juga penting. Anda bisa membuat navigasi sesuai dengan kategori bisnis yang Anda tawarkan menjadi menu utama.

Buatlah navigasi yang memudahkan pengunjung untuk berselancar di website Anda agar memudahkan mereka dalam mencari yang diinginkan.

7. Lakukan Testing

Terakhir adalah melakukan test pada setiap komponen yang ada di website tersebut. Mulai dari halaman yang dibuat, navigasi menu, widget dan komponen lainnya.

Pastikan semua elemen dapat bekerja dengan baik dan tidak ditemukan broken link dan sejenisnya. Apabila website dirasa slow loading, cobalah untuk mencari akar permasalahannya dan segeralah untuk memperbaikinya.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.