13 Tips Cara Menulis Deskripsi Produk Yang Menaikkan Minat Pelanggan Untuk Membeli

Memahami tips-tips dalam menuliskan deskripsi produk dengan baik adalah hal yang harus dicermati oleh semua orang yang berjualan produk secara online.

Menulis deskripsi produk merupakan hal yang penting karena berisi penjelasan mengenai fitur penting yang dimiliki produk dan alasan mengapa produk tersebut harus dibeli. 

Bagaimanapun, pengusaha dan pelaku pemasaran seringkali melakukan kesalahan yang umum saat menulis deskripsi produk, seperti tidak menyampaikan informasi secara jelas, kurang persuasif, atau informasi yang diberikan terlalu banyak sehingga pembaca bosan. Bahkan terkadang seorang copywriter profesional pun melakukan kesalahan yang sama.

Teknik menulis deskripsi produk harus dikuasai karena deskripsi produk yang baik harus bisa menjual produk kepada orang-orang nyata, bukan hanya untuk mengisi kolom informasi di halaman pencarian belaka. Anda bisa mempraktikkan cara menulis deskripsi produk, seperti di bawah ini:

1. Fokus pada target pasar Anda

Jika Anda menulis produk untuk target pasar yang sangat luas, deskripsi produk Anda tidak akan fokus dan malah tidak mencapai target pasar manapun. Cara terbaik menulis deskripsi produk adalah langsung menuju target pasar yang Anda inginkan.

Pilih kata-kata yang sesuai dengan target pasar. Misalnya, untuk pasar anak muda, Anda bisa menggunakan kata-kata yang non formal. 

Misalnya seperti ini:

Tahukah apa yang menyebalkan dari lampu senter biasa? Mereka hanya punya dua warna, yaitu putih atau putih kekuningan yang bikin kamu inget sama gigi kuningnya para peminum kopi berat. Mending pakai lampu senter LED yang banyak warna, sehingga wajah kamu bisa disorot lampu warna kehijauan saat sedang cerita zombie sambil berkemah bareng temen-temen. Enggak ada api unggun? Bikin api unggun buatan dengan dengan lampu oranye aja!”

Dengan membayangkan pembeli ideal produk Anda, Anda bisa mengetahui humor apa yang pas, gaya bahasa apa yang diterima, atau informasi-informasi apa yang mereka butuhkan.

Coba bayangkan kata-kata yang Anda gunakan jika berhadapan dengan pelanggan secara langsung. Gunakan bahasa tersebut saat menulis deskripsi produk di situs web e-commerce, sehingga rasanya seperti berbicara langsung dengan pelanggan.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang

2. Membujuk dengan keuntungan

Pelanggan akan senang mengetahui fitur dan spesifikasi produk tersebut. Tetapi mereka tidak tertarik dengan informasi fitur dan spesifikasi yang terlalu berlebihan. Mereka hanya ingin tahu apa manfaat fitur tersebut untuk mereka. Oleh karena itu, penting untuk menyorot manfaat setiap fitur.

Misalnya Anda menjual sabun dengan aroma kayu manis atau kue mangkuk. Anda bisa menuliskan:

“Terkadang wangi sabun cuci tangan tematik adalah hal yang kita butuhkan untuk meningkatkan semangat liburan. Tersedia dengan rentang aroma yang luas, sabun cuci tangan kami akan membuat tangan Anda lembut, bersih, dan siap menjabat semua tangan saat perayaan Natal.”

Deskripsi produk di atas menjelaskan bahwa sabun tidak hanya bermanfaat agar tangan bersih dan lembut, tetapi sabun juga dapat membuat liburan semakin meriah dan bisa dinikmati.

Tips menulis deskripsi produk adalah dengan memikirkan bagaimana produk tersebut dapat membuat penggunanya lebih senang, lebih sehat, atau lebih produktif. Pikirkan juga masalah apa yang bisa diselesaikan oleh produk tersebut. Intinya, selain menjual produk, Anda juga harus menjual pengalaman.

3. Hindari kalimat-kalimat yang klise

Saat menulis deskripsi produk, terkadang bingung kalimat-kalimat apa lagi yang harus digunakan, sehingga kalimat klise seperti “produk dengan kualitas terbaik” menjadi pilihan.

Pelanggan akan melihat hal ini sebagai hal yang tidak istimewa karena setiap penjual pasti tidak akan menulis bahwa produknya memiliki kualitas yang rata-rata atau jelek.

Kalimat seperti di atas juga tidak akan membuat pembeli tergerak untuk membeli produk Anda. Untuk menghindari hal ini, maka Anda harus spesifik mungkin. Anda bisa mengemukakan hal teknis beserta keuntungannya.

Misalnya, jika Anda menjual sepatu, isinya bisa seperti ini:

  • Gaya boat shoes (fitur) akan membuat penampilan Anda klasik (manfaat fitur)
  • Semua jahitannya dijahit menggunakan tangan (fitur), sehingga tidak mudah lepas dan lebih tahan lama (manfaat fitur)
  • Materi yang digunakan adalah kulit asli (fitur), tahan air dan noda (manfaat fitur)
  • Sol karet (fitur) akan membuat langkah semakin Anda nyaman (manfaat fitur)

4. Gunakan kata-kata yang kuat untuk menjual

Terdapat beberapa kata yang secara natural dapat membangkitkan respon emosi pada seseorang. Kata-kata ini juga bisa meningkatkan penjualan. Contohnya adalah: amazing, breathtaking, daring, eye-opening, fearless, happy, hope, jaw-dropping, mind-blowing, sensational, stunning, wonderful, dan masih banyak lagi.

Daripada menuliskan kata “bagus” atau “berkualitas tinggi”, Anda bisa menggunakan kata-kata yang lebih kuat seperti “sensasional” atau “mengagumkan”.

Gunakan kata-kata deskriptif ini pada deskripsi produk Anda, agar pembeli yakin bahwa produk Anda mengesankan dan layak untuk dibeli.

5. Masukkan keunggulan produk dibandingkan milik kompetitor

Menuliskan keunggulan produk
Menuliskan keunggulan produk

Anda bisa memasukkan keunggulan produk jika Anda benar-benar bisa membuktikan mengapa produk tersebut unggul. Misalnya, Amazon menuliskan mengapa Kindle Paperwhite adalah e-reader tercanggih di dunia.

E-reader tercanggih di dunia, resolusi yang lebih tinggi, layar sentuh yang lebih kontras, dengan baterai tanam yang tahan hingga 8 minggu.

  • Layar lampu yang ditanam secara paten memberikan pengalaman baca yang sempurna di semua kondisi cahaya
  • Paperwhite memiliki lebih dari 62% piksel untuk resolusi yang brilian
  • Memiliki 25% kontras yang lebih baik untuk ketajaman dan tulisan gelap
  • Meskipun berada di cahaya yang terang, Paperwhite menampilkan gambar dan tulisan yang jelas, tajam, tidak silau”

Jika produk Anda adalah produk terbaik, maka gunakan bukti spesifik. Kata “paten” serta angka sekian persen memberikan kesan pada pembeli bahwa produk Kindle Paperwhite memiliki fitur yang sangat spesial. 

Anda juga memasukkan variasi warna dan ukuran sebagai produk unggulan. Misalnya produk Anda menjual warna-warna yang tidak dijual oleh kompetitor atau memiliki ukuran yang lebih besar.

6. Bangun imajinasi pembeli Anda

Penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang memegang produk di tangannya, maka keinginan untuk membelinya akan semakin tinggi.

Jika Anda berjualan di toko online, maka pengujung situs web Anda tidak bisa menyentuh produk Anda. Video atau foto yang besar dan jelas dapat membantu, termasuk trik copywriting bisa meningkatkan keinginan pembeli, yaitu dengan cara membangun imajinasi apa yang terjadi jika pembeli memiliki produk Anda.

Misalnya, Anda bisa menulis, “Bayangkan jika Anda harus liburan jauh dengan menggunakan transportasi umum. Anda harus menunggu lama kendaraan yang penuh, panas, terkadang kotor.

Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda memiliki mobil X. Rasakan perjalanan tanpa lelah, bisa tidur dengan nyaman, dan sampai di tujuan dengan tubuh yang segar.”

Untuk latihan teknik copywriting ini, Anda bisa menggunakan kata “bayangkan”, dan selesaikan kalimat/paragraf dengan menjelaskan apa yang akan pembaca rasakan jika mereka memiliki atau menggunakan produk tersebut.

7. Menulis cerita pendek

Menambahkan cerita pendek pada deskripsi produk akan membuat pembeli lupa bahwa ia sedang ditawarkan produk. Salah satu penjual yang menggunakan teknik ini adalah Laithwaites, perusahaan minuman anggur di Inggris, yang membuat cerita pendek tentang perusahaan anggur.

“Keluarga Dauré memiliki properti terbaik di Roussillon yaitu Château de Jau. Di sebuah malam Natal, saat berkumpul di meja makan, mereka setuju bahwa ini sudah waktunya untuk memperlebar sayap untuk membuat cakrawala baru untuk anggur. Akhirnya mereka mendirikan perkebunan di Lembah Apalta di Colchagua. Terroir-nya sempurna dan berdekatan dengan produsen terkemukan di Chili yaitu Montes.”

Ketika membuat cerita tentang produk Anda, pastikan cerita tersebut memiliki informasi siapa yang membuat produk, apa yang menginspirasi produk tersebut, apa hambatan yang harus dilewati untuk mengembangkan produk, atau bagaimana produk tersebut dites.

8. Goda dengan kata-kata yang memancing alat indra

Marketing restoran tahu bahwa kata-kata yang memancing alat indra dapat meningkatkan penjualan. Contohnya, “Cokelat X memiliki cokelat yang lembut dan isi yang renyah. Rasanya manis dan sedikit asam. Sangat menggugah selera dan bikin Anda ketagihan.”

Berikan penjelasan yang membuat produk tersebut terasa nyata, seperti “lembut”, “halus”, “renyah”, atau “terang”.

9. Berikan garansi dan promosi

Jaminan produk akan membuat pembeli aman dengan barang yang dibeli. Misalnya, Anda bisa menuliskan, “Jaminan uang kembali jika rasanya tidak enak” atau “Kami akan mengganti 100% uang Anda jika produk tidak sesuai dengan foto”.

Selain itu, garansi juga memberi kesan bahwa produk tersebut memang berkualitas sehingga perusahaan berani memberikan jaminan dalam rentang 1-2 tahun. Semakin lama garansi tersebut, maka tingkat kepercayaan pembeli semakin tinggi.

Anda juga bisa bisa menuliskan promosi untuk menarik minat pembeli seperti potongan harga atau beli 1 gratis 1. Promosi seperti “gratis ongkos kirim jika membeli minimal Rp500.000” akan mendorong pembeli membeli dalam jumlah yang banyak.

10. Tambahkan testimoni atau bukti sosial

Menampilkan ulasan atau testimonial dari pembeli produk
Menampilkan ulasan atau testimonial dari pembeli produk

Ketika pengunjung situs web Anda tidak yakin untuk membeli produk yang mana, mereka akan mencari rekomendasi produk mana yang baik. Biasanya produk yang dipilih adalah produk yang memiliki banyak ulasan positif.

Anda bisa menambahkan testimonial pelanggan dengan menaruh foto orang tersebut untuk memberi kesan kredibel. Ini juga membuat toko online Anda lebih personal, mudah didekati, dan memberikan jawaban pada pertanyaan pembeli.

Banyak pembeli yang tergoda untuk membeli sesuatu yang populer. Soroti produk yang paling banyak dibeli di situs web toko online Anda. 

11. Buat deskripsi produk mudah dipindai

Buat desain situs web agar pengunjung mudah membaca deskripsi produk Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Tarik pengunjung situs web dengan headline
  • Buat deskripsi produk dalam bentuk poin sehingga mudah dipindai
  • Gunakan latar belakang putih
  • Naikkan ukuran tulisan agar lebih mudah dibaca

12. Optimalkan untuk mesin pencari

Deskripsi produk yang baik tidak akan efektif jika situs web Anda tidak optimal untuk search engine. Optimisasi ini dapat dimulai dengan kata kunci, atau kata-kata yang biasanya dicari pembeli ketika ingin membeli suatu produk.

Anda juga bisa melakukan riset kata kunci yang banyak dicari pembaca. Misalnya seperti “celana panjang wanita” adalah kata kunci yang dapat mengoptimalkan toko online Anda. Masukkan kata kunci tersebut pada judul, meta deskripsi, image tag (atau alt tag), dan deskripsi produk.

Gunakan kata kunci lainnya yang berkaitan seperti “celana kulot”, “celana panjang wanita kerja”, “celana pendek wanita”, dan lainnya. Anda bisa menggunakan alat seperti LSIGraph.com untuk mengetahui kata kunci lainya dan melihat situs web mana yang memiliki peringkat tertinggi dengan kata kunci tersebut.

13. Gunakan foto atau video yang jernih

Gunakan foto atau video terbaik dari produk Anda
Gunakan foto atau video terbaik dari produk Anda

Meskipun Anda sudah menguasai tips menulis deskripsi produk, Anda tetap harus memiliki foto yang berkualitas untuk mendukungnya. Sebanyak 63% pelanggan berpikir bahwa foto produk lebih penting daripada deskripsi produk.

Kualitas foto menunjukkan fitur utama mengenai produk Anda. Ini juga akan membantu pelanggan untuk membayangkan memiliki produk ini di kehidupannya. Selain itu, foto atau video yang buram menunjukkan usaha Anda tidak profesional.

Misalnya, daripada menulis berapa jumlah makanan yang bisa ditaruh di dalam sebuah blender, sebaiknya foto blender berisi makanan. Anda juga bisa dapat membuat video bagaimana mesin blender tersebut bekerja. Dengan menunjukkan kemampuan blender tersebut, pembeli dapat membayangkan jika memiliki blender tersebut di rumah.

Contoh lainnya adalah jika Anda menjual kamera, berikan contoh foto dan video menggunakan kamera tersebut. Perlihatkan bagaimana kamera bekerja di luar ruangan, di tempat dengan sedikit cahaya, kemampuan fokus, kemampuan untuk merekam suara, dan lainnya.

Sebelum mempraktikkan tips menulis deskripsi produk di atas, pastikan Anda sendiri antusias terhadap produk Anda. Hal ini dikarenakan passion Anda terhadap produk yang dijual dapat menular melalui tulisan dan pembeli bisa merasakannya.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.