Tool Generator Teks Lorem Ipsum

Beberapa waktu lalu masyarakat Indonesia sedikit dibuat tergelitik oleh salah satu media cetak yang teledor, dimana di dalam koran yang diterbitkan tertulis Lorem ipsum dolor sit amet, yang awalnya dianggap tidak bermakna oleh pembaca.

Padahal, dibalik kalimat tersebut mengandung makna dan sejarah yang cukup panjang. Mengutip dari berbagai sumber, lipsum ini adalah teks standard yang dibuat untuk mendemonstrasikan presentasi visual ataupun elemen grafis, seperti contohnya tata letak, tipografi dan font. 

Apa Itu Lorem Ipsum

Lipsum atau Lorem ipsum sendiri merupakan dummy atau contoh teks yang digunakan dalam industri percetakan dan typesetting atau penataan huruf. Lipsum ini sudah digunakan menjadi standard contoh teks secara internasional sejak tahun 1500-an.

Contoh teks ini dipakai pertama kali oleh seorang tukang cetak saat mengambil kumpulan teks. Ia kemudian mengacak teks-teks tersebut hingga kemudian menjadi sebuah buku kumpulan contoh huruf. 

Meskipun sudah ditemukan sejak lama, lorem ipsum dolor set amet ini baru populer sekitar tahun 1960-an saat sebuah lembaran letraset yang menggunakan kalimat tersebut diluncurkan. Teks ini kini tidak hanya digunakan untuk media cetak saja, namun juga di situs web yang menjadikannya sebagai contoh teks.

Semakin kesini, variasi penggunaan contoh teks ini juga semakin berkembang dan terjadi berbagai perubahan bentuk. Hal ini disebabkan bisa jadi karena adanya unsur humor ataupun kalimat yang kemudian diacak sehingga tampak tidak masuk akal.

Fungsi Dari Menggunakan Lorem Ipsum

Seiring perkembangan waktu, Lipsum ini pun semakin banyak dimanfaatkan, baik untuk kebutuhan media cetak maupun untuk situs web. Karena perkembangan pula, penggunaan lipsum pun semakin mudah karena dibantu oleh berbagai software aray generator lipsum yang saat ini sangat banyak tersedia di internet.

Lalu, apa saja sebenarnya fungsi dari lorem ipsum generator yang saat ini banyak dicari ini? 

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Menghindari Terganggunya Fokus Saat Membaca 

Sebuah fakta menunjukkan bahwa ketika membaca, seseorang akan cenderung terpengaruh oleh isi tulisan dari suatu halaman ketika pembaca tersebut mengetahui tata letak isi tulisan tersebut. Contoh teks lipsum ini memiliki penyebaran huruf yang merata dan baik. Hal ini kemudian membuat pembaca seperti melihat atau membaca teks biasa. 

Contoh teks lipsum ini dibuat dengan tujuan agar pembaca lebih fokus pada desain yang disajikan dan tidak terpengaruh oleh makna harfiah dari kalimatnya. Dengan begitu, orang yang melihat hanya akan fokus pada aspek grafis. Hal ini menjadi masuk akal, karena jika dibuat biasa, maka orang yang melihat atau membaca cenderung hanya akan terfokus pada isi teksnya.

Sebagai Presentasi Visual 

Dari tujuan penggunaan lorem ipsum yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka tujuan paling utama dari penggunaan contoh teks ini adalah untuk mempresentasikan visual. Lipsum dibuat untuk mendemonstrasikan aspek grafis dari teks tersebut. Seperti misalnya tipografi, font yang digunakan hingga tata letaknya.

Sebagai Pengisi Tulisan Sementara 

Fungsi lain dari adanya lipsum (lorem ipsum) ini adalah sebagai pengisi tulisan sementara. Contoh teks ini tidak memiliki arti sama sekali. Karena itu, contoh teks lipsum banyak digunakan untuk pengisi tulisan sementara. Dengan komposisi yang dimiliki oleh contoh teks lipsum ini, maka sangat sesuai untuk digunakan penguji tampilan sebelum nantinya dimasukkan teks yang sebenarnya. 

Rekomendasi Tool Generator Lorem Ipsum

Berkembangnya waktu dan teknologi saat ini membuat penggunaan lorem ipsum jadi lebih mudah. Berbagai perangkat lunak maupun generator dibuat untuk men-generate contoh teks ini secara acak.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Meskipun dilakukan secara acak, namun tidak akan ada teks yang berulang ataupun berdekatan. Ada beberapa tools generator yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat contoh teks ini. Beberapa diantaranya bahkan terbilang unik dan lucu.

Lipsum

Tools generator paling terkenal yang banyak digunakan untuk membuat contoh teks ini adalah Lipsum. Lipsum ini adalah website yang mengklaim dirinya sebagai situs lorem ipsum yang asli. Karena itu, teks yang digunakan juga hanya menggunakan teks yang sudah ada dalam daftar.

Anda bisa memilih berapa paragraf yang Anda inginkan, baik itu dalam bentuk daftar serta berapa jumlah kata yang Anda inginkan. Instruksi penggunaan yang ada di dalam tools generator ini juga bisa diubah ke dalam kurang lebih 40 bahasa.

Blind Text Generator

Generator lorem ipsum selanjutnya adalah Blind Text Generator. Tools generator ini memberikan Anda pilihan yang cukup beragam untuk membuat apa yang Anda inginkan. Anda bisa memilih jumlah karakter, ukuran dan jenis font yang digunakan, gaya tulisan dan spacing dan lain sebagainya.

Generator ini bahkan juga memberikan Anda pilihan untuk membuat contoh teks yang klasik seperti yang sudah umum digunakan atau berbagai variasi teks lain yang menggunakan pilihan berbahasa Inggris.

Cupcake Ipsum

Generator ipsum satu ini terlihat sangat menarik, bahkan dari tampilannya saja sudah sangat menggugah selera. Cupcake ipsum ini akan memberikan Anda contoh teks ipsum yang manis dengan menyertakan beragam nama makanan atau minuman manis di dalamnya.

Anda bisa memilih jumlah paragraf contoh teks yang Anda butuhkan, panjang ipsum yang akan dibuat, serta teks yang akan dimasukkan di dalamnya, termasuk menyertakan teks ipsum klasik seperti ‘Cupcake ipsum dolor sit amet’.

Cheese Ipsum

Tak jauh berbeda dengan generator ipsum sebelumnya, Cheese Ipsum ini tak hanya menawarkan contoh teks yang menarik dengan penggunaan bahasa sehari-hari yang mudah dicerna. Tampilannya pun menarik dengan penggunaan grafis lucu.

Zombie Ipsum

Anda penyuka segala hal yang berhubungan dengan zombie? Zombie Ipsum ini busa menjadi pilihan generator ipsum lain yang menarik untuk digunakan. Dari segi tampilan juga menarik dengan gambar zombie dan tampilan didominasi warna merah dan hitam.

Selain itu, Anda juga bisa memilih jumlah paragraf yang Anda inginkan. Menariknya, pada generator ini tersedia 2 pilihan ipsum, yaitu reguler dan lite. Perbedaan keduanya ada pada jumlah kata dalam satu paragraf ipsum yang dibuat.

Fillerama

Jika generator sebelumnya menawarkan keunggulan berupa tampilan yang menarik, generator satu ini menawarkan teks yang menarik. Fillerama menyajikan teks yang materinya diambil dari acara TV dan film kemudian dikombinasikan dengan beberapa percakapan atau kalimat populer di dalam film tersebut.

Anda bisa memilih teks dari salah satu acara TV atau film yang Anda inginkan. Hasilnya, teks yang dibuat nantinya terlihat seperti campuran naskah dari berbagai acara TV dan Film yang diambil kemudian disatukan dalam satu teks. Dan tentu saja, Anda pun bisa menggunakan teks asli lorem ipsum.

Penutup

Nah, itulah tadi penjelasan singkat tentang apa itu lorem ipsum dan asal usulnya serta beberapa lorem ipsum generator unik dan menarik yang bisa Anda coba.

Dari penjelasan di atas, kini Anda jadi tahu bahwa teks yang sering ditemukan di dalam berbagai contoh teks di situs web bukanlah sembarang tulisan atau teks. Teks yang terlihat seperti berasal dari bahasa Latin dan tidak bermakna ini ternyata memiliki fungsi yang penting.

Andra Yogi

    Seseorang yang sangat tertarik dengan dunia digital, teknologi, binis dan internet marketing dan juga WordPress. Saat ini sedang mengelola bisnis pengembangan website di andrastudio.

    Leave a response

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.