Manfaat Website Untuk Bisnis, Bukan Hanya Untuk Nge-Blog

Siapa yang tidak pernah mendengar kata “website” di era teknologi informasi yang berkembang sangat pesat ini? Hampir semua orang pasti pernah mendengarnya.

Namun, apakah mereka benar-benar tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan situs web? Apakah hanya sebuah blog yang berisi kumpulan artikel?

Kita akan mempelajari semua itu secara lengkap di sini.

Apa Itu Situs Web?

Bagi seseorang yang sudah lama berkecimpung di dunia web, menjelaskan seluk-beluk dari dunia informasi yang mudah diakses ini adalah hal mudah.

Meski begitu, ada juga orang yang masih memahami web sebagai tempat untuk nge-blog. Pendapat ini sebenarnya tidak salah, tetapi kurang tepat.

Situs web adalah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu. Web berita berisi informasi seputar peristiwa yang terjadi ada di sana. Selain bisa diakses siapa pun, web bisa dibuat oleh siapa pun.

Anda hanya membutuhkan hosting dan domain untuk membuatnya. Lalu, situs tersebut hanya perlu diisi dengan konten yang sesuai dengan tujuan pembuatannya.

Berbagai Manfaat Situs Web

Banyaknya jenis web yang tersedia di internet juga berarti banyaknya manfaat yang dimiliki portal informasi digital tersebut. Apa saja?

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Sarana Berbagi

Berapa banyak orang di luar sana yang memiliki ilmu dan pengalaman tetapi tidak dapat membagikannya karena berbagai kendala? Dengan membangun sebuah situs web, seseorang dapat membagikan pengalamannya menghadapi atau mengatasi suatu hal rumit.

Selain itu, ia bisa membagikan pengetahuan atau tip yang belum banyak orang tahu. Hal itu sangatlah berharga bagi orang yang sedang mencarinya. Makin banyak informasi yang dibagikan, makin tinggi kunjungan situsnya.

Menghasilkan Uang

Dengan adanya Google AdSense, setiap website bisa menjadi sumber penghasilan. Setelah dibuat, situs web hanya perlu diisi dengan konten secara rutin.

Pundi-pundi rupiah akan muncul begitu iklan yang tersebar di seluruh situs tersebut mendapatkan klik dari pengunjung.

Selain Google AdSense, sebuah situs web juga bisa digunakan sebagai tempat mempromosikan produk bagi seorang influencer. Bahkan, saat ini ada yang disebut sebagai affiliate marketer.

Istilah ini merujuk pada pendapatan dari pembelian yang dilakukan melalui tautan yang disebar di seluruh situs.

Sebagai Platform Bisnis

Bagi pelaku bisnis, situs web adalah salah satu tempat mengembangkan usaha. Selain dapat dijadikan tempat mempromosikan barang atau jasa, website juga bisa menjadi toko online sehingga konsumen dapat melakukan pembelian dengan mudah.

Membangun Branding

Manfaat website untuk pelaku bisnis juga termasuk sebagai sarana untuk membangun branding. Setiap usaha perlu memperkenalkan diri kepada masyarakat dan menjelaskan siapa mereka.

Dengan membangun citra yang baik dan lebih dekat dengan konsumen, pelaku bisnis dapat membangun basis konsumen yang setia. 

Mereka juga bisa membuat konten yang dapat meningkatkan citra baiknya di mata masyarakat, seperti kegiatan sosial yang sudah dilakukan. Tak jarang pula pebisnis yang memasukkan testimoni positif pelanggannya.

Konten yang diperlukan untuk melakukan itu bisa berupa tip, informasi, ucapan selamat, dan kuis atau tantangan berhadiah yang bisa diikuti siapa saja.

Pelaku bisnis juga bisa meminta konsumen yang ingin mengikuti kuis untuk memasukkan surel mereka untuk dimasukkan ke dalam basis data e-mail marketing.

Meningkatkan Kredibilitas 

Mengingat konten suatu situs bisa mencakup banyak hal, pebisnis bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan kredibilitas.

Dengan situs web, pelaku bisnis dapat memanfaatkan platform tersebut sebagai tempat utama konsumen mengenal bisnis dan barang atau jasa yang ditawarkan. 

Dari tempat yang sama pula, konsumen bisa tahu ke mana mereka harus menghubungi Layanan Konsumen ketika membutuhkan penjelasan yang tidak tertera di situs. Dengan cara itu, kredibilitas setiap usaha bisa terjamin.

Mengembangkan Bisnis

Sebuah barang atau jasa yang belum memiliki nama di tengah masyarakat akan sulit berkompetisi dengan merek dagang yang sudah terkenal.

Oleh sebab itu, pelaku bisnis membutuhkan sarana pemasaran, salah satunya adalah website.

Untuk mengembangkan bisnisnya, seorang pengusaha bisa membuat konten yang berhubungan dengan usahanya.

Untuk memastikan konten tersebut dibaca banyak orang, mereka dapat memanfaatkan digital marketing, optimasi situs dan konten dengan SEO, dan menggunakan iklan berbayar dengan SEM.

Jika dilakukan dengan benar, situs tersebut akan selalu tampil di urutan teratas untuk setiap kata kunci yang ditargetkan.

Itulah sekelumit manfaat situs web yang untuk berbagai keperluan bisnis dan individu. Masih menggunakan website hanya untuk nge-blog?

Andra Yogi

    Seseorang yang sangat tertarik dengan dunia digital, teknologi, binis dan internet marketing dan juga WordPress. Saat ini sedang mengelola bisnis pengembangan website di andrastudio.

    Leave a response

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.