Peluang Usaha Buka Toko Sembako, Tips Serta Hal yang Perlu Anda Perhatikan

Peluang usaha membuka sebuah toko sembako merupakan salah satu cara mencari uang yang sudah dilakukan masyarakat Indonesia sedari zaman dulu dan masih dijadikan mata pencaharian di masa sekarang.

Peluang bisnis ini memang menjanjikan karena pasti semua orang di Indonesia membutuhkan sembako untuk kebutuhan sehari-hari.

Kebutuhan akan sembako, seperti beras, minyak, gula, telur, dan berbagai kepentingan lainnya banyak dicari orang sehingga memberikan keuntungan bagi pembuka usah tersebut.

Tidak hanya itu, kemudahan juga akan dirasakan langsung oleh para pembeli karena tidak repot mencari warung yang menjual sembako.

Tips Jitu Membuka Usaha Toko Sembako Menguntungkan

Berbisnis sembako tentunya memberikan keuntungan berlimpah untuk pedagang, namun tidak bisa pula bisnis ini sekadar dijalankan dengan asal untuk meraih keuntungan. Sederhananya ada ragam tips yang bisa diaplikasikan ketika menjalankan bisnis sembako supaya Anda mendapat keuntungan  berlimpah.

Berbagai tips tersebut terangkum dalam poin serta pembahasan di bawah ini:

1. Produk Harus Lengkap

Produk yang lengkap akan menjadi pertimbangan pembeli untuk lebih memilih membeli sembako di toko Anda atau membeli sembako di toko orang lain. Berbisnis sembako adalah bisnis yang menguntungkan dan disadari betul oleh banyak orang sehingga tidak heran kalau kelengkapan produk menjadi poin utama.

Stok yang lengkap ini harus mempertimbangkan variasi produknya juga. Jadi, lebih baik jumlah per varian sedikit, tapi variasi produknya banyak. Dibandingkan Anda menyetok banyak produk dari variasi yang terbatas. Keputusan seperti ini tidak lain akan membuat calon pembeli berpikir ulang untuk membeli.

2. Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi toko sembako yang stretagis juga menjadi pertimbangan utama ketika Anda memutuskan berbisnis jual beli sembako. Memiliki lahan di dekat jalan raya atau di keramaian adalah keuntungan tersendiri karena Anda sudah otomatis membuat toko terlihat jelas oleh para pengunjung.

Tapi, kalaupun rumah Anda letaknya masuk gang atau ada di komplek yang notabene tidak di pinggir jalan raya atau keramaian, tetap bisa diakali. Caranya, buatlah konsep bangunan warung yang bisa terlihat jelas oleh tetangga. Sehingga akan lebih mudah untuk Anda mendapatkan calon pembeli tetap.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

3. Mempertimbangkan Kompetitor

Poin ketiga juga tidak kalah penting dari kedua poin sebelumnya karena persaingan dalam dunia bisnis sembako sudah tidak asing lagi. Banyaknya pesaing semestinya tidak membuat Anda ciut karena merasa potensi penjualan tidak akan bagus. Jangan juga membenci kompetitor karena dari sana Anda bisa belajar.

Biasakan untuk mencari tahu lebih dari dua kompetitor di dekat Anda berjualan untuk mempelajari strategi bisnis terbaik dari mereka. Beragam hal yang bisa dijadikan pelajaran adalah cara mereka melayani pelanggan, bonus yang kadang kala diberikan, dan juga apa saja kelengkapan produknya.

4. Pelayanan Terbaik

Toko sembako terbaik juga memberikan pelayanan terbaik, tidak hanya berfokus pada kelengkapan produknya, namun juga mesti memusatkan fokus pada pelayanan yang diberikan. Pelayanan yang ramah disertai produk yang lengkap merupakan hal utama yang akan diperhatikan oleh para pembeli.

Pelayanan yang terbaik tidak hanya bergantung pada sikap ramah, namun juga harus memerhatikan kerapihan serta kebersihan lingkungan tempat berjualan. Kalau bisa memberikan wewangian yang nyaman, kenapa tidak? Banyak sekali hal kecil yang luput atau tidak terperhatikan dalam bisnis sembako.

5. Harga Jual Barang Yang Dijual

Penawaran harga yang diberikan kepada konsumen juga bisa menjadi pertimbangan penting untuk manggaet lebih banyak pembeli ke toko Anda. Mengusahakan harga yang tidak merugikan Anda, namun juga tidak memberatkan konsumen adalah poin pentingnya.

Untuk mendapatkan harga pertengahan, Anda harus jeli dalam mencari supplier termurah yang memiliki kualitas baik, meskipun harganya murah.

Pembeli, siapa pun itu, terutama ibu-ibu, akan membandingkan perbedaan harga kedua atau lebih dari satu warung sembako meskipun perbedaan harganya hanya seribu atau dua ribu saja. Kenaikan harga adalah hal lumrah, Anda harus setidaknya memberikan pengertian kenapa harga naik kepada pelanggan.

6. Pemasaran yang Maksimal

Pemasaran toko sembako yang maksimal juga penting untuk dipertimbangkan karena dari proses ini orang-orang tahu bahwa Anda membuka usaha sembako. Ada toko penjualan sembako yang berlokasi di pemukiman sempit, tapi ramai karena sistem pemasaran dan pelayanan penjualnya sangat bagus.

Akan sangat disayangkan apabila Anda memiliki warung sembako di pinggir jalan atau lokasi strategis lainnya, tapi tidak menerapkan sistem pemasaran yang maksimal.

Beragam sistem pemasaran bisa diterapkan, seperti pemasangan spanduk, pelayanan delivery, atau sekadar menyediakan layanan untuk mengolah makanan. Simpelnya, Anda bisa menyediakan layanan merebus mie atau menyeduh kopi.

7. Ketersediaan Peralatan Usaha

Terakhir, ketersediaan peralatan usaha juga menjadi hal penting yang harus dipikirkan ketika membuka usaha warung sembako. Peralatan usaha ini bisa mendukung Anda untuk menjalankan jual beli sehari-hari. Banyak peralatan yang bisa disediakan, seperti buku, pulpen, kalkulator, tempat uang, dan lainnya.

Ketersediaan buku dan pulpen biasanya digunakan warung-warung untuk mencatat bon utang pelanggan. Sementara kalkulator tentunya untuk menjadi alat hitung supaya harga yang diberikan tidak keliru. Pemilihan tempat uang juga harus yang aman, tidak terjangkau sama sekali oleh pihak luar.

Tips di atas akan sangat membantu Anda ketika menjalankan usaha warung sembako di mana pun lokasinya berada. Apa pun jenis usahanya tidak bisa begitu saja dijalankan tanpa pertimbangan matang di dalamnya. Usaha sembako yang terkesan mudah pun memiliki banyak ketentuan yang membuat toko ramai. Akan sangat sayang jika membuka usaha sembako, namun sepi pembeli karena salah strategi.

Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Membuka Toko Sembako

Jangan pernah menganggap usaha warung sembako itu kolot karena biasanya yang membuka usaha ini adalah para orang tua zaman dulu. Jika melihat kembali potensi yang luas serta keuntungan yang besar, tentu Anda akan berpikir ulang untuk membatasi diri dari usaha warung sembako sebagai sumber uang.

Jika sudah paham dengan betapa menguntungkannya usaha warung sembako, di bawah ini ada berbagai hal penting yang wajib diperhatikan ketika Anda membuka toko sembako. Hal-hal tersebut ialah:

1. Meneliti Syarat Membuka Toko

Syarat sederhana ketika Anda hendak membuka warung sembako adalah menyediakan tempat yang digunakan untuk tokonya. Kedua, adanya beragam produk yang diperjualbelikan ke konsumen. Ketiga, ada orang yang bertugas menunggui warung, baik itu diri Anda sendiri, atau orang yang ditunjuk.

Syarat yang tidak perlu dipertanyakan lagi adalah adanya target pasar atau konsumen yang membeli produk Anda. Terakhir, tidak semua warung sembako punya, namun memiliki surat izin usaha perdagangan atau siup juga dinilai penting sekurang-kurangnya kalau keuntungan Anda mencapai angka 50 juta.

2. Menentukan Lokasi yang Tepat

Penentuan lokasi juga merupakan hal penting karena akan mempengaruhi apakah orang bisa menemukan toko Anda atau tidak. Beruntung jika Anda memiliki banyak link atau sudah menerapkan sistem pemasaran yang baik. Pembeli akan langsung mencari toko Anda, dari mana pun asal mereka.

Pintar membaca peluang adalah hal yang harus diperhatikan oleh semua penjual. Akan sangat beruntung jika lokasi rumah Anda ada di dekat beragam fasilitas umum, seperti pom bensin, terminal, stasiun kereta api, sekolah, kantor, dan banyak lagi tempat umum lainnya yang bisa dijadikan peluang.

3. Pengisian Produk yang Sesuai

Mengisi warung sembako Anda dengan produk yang sesuai dengan kebutuhan warga sekitar juga meruapkan poin penting. Misal, lokasi toko Anda ada di tempat dengan cuaca dingin, alangkah lebih baik jika menyediakan kudapan, baik makanan atau minuman hangat untuk dapat dinikmati para pengunjung.

Sebaliknya, jika lokasi toko Anda berlokasi di tempat yang cenderung panas, sebaiknya mempertimbangkan untuk menyediakan minuman dingin. Apabila Anda membuka toko di sekitar rumah warga yang sudah berkeluarga, seyogyanya menjual berbagai peralatan dan perlengkapan rumah tangga.

4. Dekorasi Toko yang Menarik

Toko sembako yang menarik secara visual juga tidak dapat dimungkiri menjadi daya tarik tak terhindarkan bagi para calon konsumen berlangganan tetap di toko Anda. Desain saja memang tidak cukup, Anda juga harus menyediakan produk lengkap serta sistem pelayanan penjual yang ramah.

Desain yang menarik setidaknya digambarkan melalui kebersihan dan kerapihan toko supaya pembeli pun nyaman untuk memilih apa-apa yang dibutuhkannya. Terbayang kalau toko kelontongan bau, berantakan, belum lagi penjualnya tidak ramah. Sudah pasti tidak akan mendatangkan banyak pembeli.

5. Perhitungkan Kebutuhan Teknis

Terakhir, yang tidak luput harus dipertimbangkan oleh para pebisnis di bidang warung kelontongan atau warung sembako adalah kebutuhan teknis berjualan. Hal-hal teknis ini bisa mencakup banyak hal, salah satunya pemilihan orang yang menjaga toko atau karyawannya harus ramah dan tentu saja orang jujur.

Hal teknis lainnya yang wajib dipertimbangkan adalah Anda bisa menyediakan layanan antar barang dengan catatan dikenakan ongkos kirim, ada orang yang mengantarkan, dan ada kendaraan yang bisa digunakan.

Yang terpenting adalah berbagai layanan tersebut mesti disesuaikan dengan kapasitas tenaga yang ada. Jangan sampai hanya demi menambah keuntungan, Anda malah mengalami kerugian.

Prospek usaha warung sembako di Indonesiaa bisa dikatakan tidak akan lekang oleh waktu, akan terus berkembang karena kebutuhan berbagai bahan pokok sampai dengan jajanan banyak diminati berbagai kalangan.

Meskipun sekarang marketplace online sudah menjamur dan toko-toko seperti minimarket sudah berkembang pesat, namun toko sembako tidak akan kehilangan peminatnya asalkan Anda ramah.

Inovasi adalah hal yang dibutuhkan, jangan pernah memiliki pola pikir karena warung tradisional jadi enggan mengikuti perkembangan zaman. Seyogyanya Anda terbuka pada kemajuan teknologi dengan cara tidak menutup diri terhadap sistem pembayaran online yang di era modern ini sudah banyak digembar-gemborkan.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.