Agen Franchise JNE: Syarat & Biaya Yang Dibutuhkan

Meningkatnya tren belanja online turut berdampak pada bisnis pengiriman paket. JNE sebagai salah satu penyedia jasa ekspedisi ternama di Indonesia juga merasakan dampak peningkatan bisnis online tersebut. Buktinya, semakin banyak orang yang tertarik untuk memulai bisnis sebagai agen JNE.

Menjadi salah satu agen jasa ekspedisi JNE dianggap sebagai salah satu cara mudah untuk meraup keuntungan. Bagaimana tidak? Tanpa mengeluarkan modal yang besar, kamu bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari konsumen yang mengirimkan paket.

Selain modal yang cukup terjangkau, sistem franchise JNE juga tidak terlalu membebani agen. Pasalnya sistem franchise tersebut menggunakan sistem kontrak sehingga Anda memiliki kebebasan untuk memperpanjang atau mengakhiri keagenan saat kontrak berakhir.

Bagi kamu yang berminat untuk bergabung menjadi agen ekspedisi JNE, ada baiknya kamu mulai mengumpulkan berbagai informasi penting seperti cara dan syarat untuk menjadi agen. Selain itu, kamu juga harus mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis pengiriman paket ini.

Beruntung, semua informasi yang kamu butuhkan mengenai franchise dan keagenan JNE bisa ditemukan di sini. Jadi, jangan sampai kelewatan!

Syarat Menjadi Agen Franchise JNE

Ada sejumlah persyaratan yang harus kamu penuhi jika ingin menjadi agen JNE. Persyaratan tersebut meliputi syarat administrasi, syarat lokasi, syarat perlengkapan kerja, syarat penjualan, dan syarat lainnya. 

Perhatikan baik-baik setiap persyaratan berikut ini agar kamu tidak perlu menghadapi kendala berarti saat mengajukan permintaan untuk menjadi agen JNE.

Syarat Administrasi

Persyaratan administrasi merupakan syarat-syarat berupa dokumen yang harus dipenuhi saat mengajukan permohonan keagenan JNE. Dokumen tersebut meliputi formulir pendaftaran, kartu identitas, pas foto berwarna, dan masih banyak lagi.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Syarat administrasi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu syarat administrasi umum dan khusus. Syarat administrasi khusus masih dibagi lagi menjadi tiga, yaitu perorangan, badan usaha berbadan hukum, koperasi, dan yayasan.

Adapun syarat administrasi umum antara lain:

  • Mengisi form pendaftaran Sales Counter Registration Form
  • Fotokopi KTP sebanyak 1 lembar
  • Pas foto pemohon dengan latar belakang merah berukuran 4×6 sebanyak 1 lembar
  • Fotokopi rekening koran tiga bulan terakhir
  • Membayar biaya franchise JNE
  • Membayar uang jaminan
  • Fotokopi kepemilikan lokasi sebanyak 1 lembar, yaitu SHM jika milik pribadi atau perjanjian sewa menyewa apabila lokasi berstatus sewa
  • Fotokopi Surat Keterangan Domisili Usaha sebanyak 1 lembar (apabila lokasi usaha berbeda dengan domisili)
  • Fotokopi Surat Izin Gangguan dari Dinas Perizinan setempat
  • Foto dan denah lokasi yang akan digunakan (tampak luar dan tampak dalam)

Selain syarat administrasi umum tersebut, kamu juga harus melengkapi syarat administrasi khusus. Untuk perorangan, berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar
  • Fotokopi NPWP sebanyak 1 lembar

Setelah seluruh syarat administrasi terpenuhi, kamu bisa beralih ke syarat selanjutnya yaitu syarat lokasi.

Syarat Lokasi

Jika diperhatikan, hampir semua agen ekspedisi JNE terletak di lokasi yang tergolong strategis. Hal ini sangat wajar karena salah satu cara jadi agen JNE adalah memilih lokasi yang mudah dijangkau. Adapun syarat lokasi adalah sebagai berikut:

  • Jarak minimum dengan agen lain adalah 1 kilometer
  • Pada satu gedung pertokoan tidak diperbolehkan terdapat lebih dari satu agen dengan pemilik yang berbeda
  • Ukuran kios minimum 3×4 meter. Untuk kios di pertokoan, ukuran menyesuaikan dengan standar yang tersedia.
  • Bangunan harus berlantai keramik serta mempunyai unit pendingin udara
  • Lokasi mempunyai lahan parkir yang memadai dan bisa diakses oleh kendaraan roda empat
  • Memiliki jaringan listrik minimum 1300 watt

Berbagai persyaratan tersebut bertujuan untuk menjamin kenyamanan konsumen. Oleh karena itu, pastikan lokasi kamu sudah memenuhi standar yang telah ditentukan.

Syarat Perlengkapan Kerja

Selanjutnya, masih ada syarat kelengkapan kerja sebelum permohonan untuk bergabung dengan franchise JNE dikabulkan. Dengan adanya berbagai perlengkapan kerja tersebut, diharapkan unit dapat bekerja secara maksimal.

Berikut ini sejumlah syarat perlengkapan kerja sesuai ketentuan:

  • Terhubung dengan jaringan internet minimum 1Mbps
  • Memiliki setidaknya 2 unit komputer atau lebih. Satu unit berfungsi sebagai komputer server dan unit lain sebagai komputer klien. Masing-masing komputer harus terhubung dengan jaringan.
  • Mempunyai jaringan komunikasi aktif seperti fixed Iine Telephone minimal 1 unit.
  • Printer laser jet
  • Timbangan berkapasitas maksimal 100 kilogram
  • Timbangan meja kapasitas maksimal 30 kilogram
  • Keranjang sortir minimal 4 buah
  • Alat tulis kantor
  • Disarankan memiliki troli untuk memindahkan barang

Tidak hanya perlengkapan kerja, calon agen juga akan mendapatkan perlengkapan sales. Namun perlengkapan tersebut akan disediakan oleh cabang utama atau cabang tempat pendaftaran franchise.

Syarat Penjualan

Ketika permohonan kamu untuk menjadi agen sudah dikabulkan, kamu harus melalui masa percobaan selama 3 bulan terhitung sejak awal beroperasi. Jika dianggap layak, maka kamu diperbolehkan untuk terus beroperasi.

Adapun syarat penjualan selama masa percobaan adalah sebagai berikut:

  • Akumulasi target penjualan sesuai dengan tingkatan.
  • Agen Grade A mendapatkan minimal lima puluh juta rupiah
  • Agen Grade B dan C memperoleh minimal sepuluh juta rupiah
  • Agen Grade D dan E mendapatkan akumulasi penjualan minimal dua juta rupiah
  • Menjalankan SOP dengan benar

Selama masa percobaan, pastikan kamu menampilkan performa terbaik agar mendapatkan izin untuk terus beroperasi. Apabila agen tidak mampu mencapai target bulanan, maka kantor pusat akan menentukan apakah keagenan akan dilanjutkan atau diberhentikan.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu menguatkan strategi marketing agar target penjualan tercapai, terutama selama masa percobaan. Dengan begitu, kamu tetap bisa bekerja sama dengan JNE sebagai agen.

Syarat Sumber Daya Manusia

Tidak hanya lokasi dan kelengkapan kerja, sumber daya manusia juga sangat dipertimbangkan. Ada beberapa syarat terkait sumber daya manusia sesuai dengan ketetapan JNE, antara lain:

  • Pria atau wanita berusia paling rendah 18 tahun
  • Pendidikan minimal SMA atau sederajat
  • Berpenampilan menarik
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Mampu mengoperasikan komputer dan menguasai MS Office
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Mempunyai SIM A untuk petugas yang mengoperasikan kendaraan roda 4 atau SIM C untuk kendaraan roda 2

Syarat tersebut harus dipenuhi oleh petugas yang akan berhubungan langsung dengan konsumen. Petugas akan mendapatkan pelatihan selama dua hari sebelum bertugas di sales counter kamu.

Syarat Lainnya

Syarat lainnya meliputi kewajiban perpajakan yang dibebankan kepada pemilik sales counter. Jika permohonanmu disetujui, maka kamu harus mematuhi peraturan serta ketentuan pajak yang berlaku. Selain itu, pemilik harus memberikan salinan dokumen pelaporan kepada JNE.

Kamu juga harus menanggung biaya pajak reklame atas nama sales counter sesuai ketentuan yang berlaku. Syarat selanjutnya adalah satu nama pemilik hanya diperbolehkan mempunyai dua titik sale counter.

Biaya yang Dibutuhkan

Ilustrasi seorang kurir JNE sedang mengantarkan kiriman paket
Ilustrasi seorang kurir JNE sedang mengantarkan kiriman paket (Gambar: kompas.com)

Setelah memahami persyaratan yang dibutuhkan, kamu juga perlu mengetahui biaya franchise JNE. Untuk saat ini, biaya jaminan untuk menjadi agen adalah sebesar Rp 5 juta (untuk lebih jelas silahkan kontak pihak JNE). Namun biaya deposit ini mungkin berbeda-beda tergantung cabang tempat Anda melakukan pendaftaran.

Tentu saja biaya ini belum termasuk pengeluaran untuk memenuhi perlengkapan kerja seperti yang dipersyaratkan. Jika seluruh biaya dimasukkan, maka modal awal untuk menjadi agen adalah sekitar Rp 25-30 juta tergantung lokasi Anda.

Biaya ini sudah meliputi berbagai perlengkapan kerja, perlengkapan penjualan, sewa ruko, hingga gaji karyawan. Lantas, apakah modal awal yang cukup besar ini sepadan dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan?

Tentu saja hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari kebutuhan pasar hingga strategi marketing yang diterapkan. Semakin tinggi kemampuan masyarakat untuk berbelanja online, maka kesempatan untuk meraup keuntungan juga semakin besar.

Kamu bisa menghitung potensi penghasilan melalui bisnis ini. Sebagai contoh, agen yang memiliki omset di bawah Rp 5 juta per bulan akan memperoleh bagi hasil sebesar 22%. Sedangkan jika omset berkisar antara Rp 5 – 10 juta per bulan, bagi hasil yang kamu dapatkan menjadi 25%.

Ditambah lagi kamu akan mendapatkan komisi penjualan sebesar 15% untuk produk OKE dan 10% untuk produk TRUCKING. Dan masih ada beberapa bonus lain yang menanti. Jika dibandingkan dengan biaya sekitar Rp 5 juta, tentu biaya tersebut tidak terlalu besar.

Cara Menjadi Agen Ekspedisi JNE

Setelah memastikan bahwa seluruh persyaratan terpenuhi, kamu bisa mulai melakukan pendaftaran. Meskipun terkesan panjang dan rumit, cara jadi agen JNE tidak sulit. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Kunjungi kantor cabang JNE terdekat di kota kamu.
  2. Temui bagian customer service dan sampaikan tujuan kamu untuk mengajukan permohonan menjadi agen. 
  3. Kamu akan diminta mengisi formulir pendaftaran. Jangan lupa serahkan persyaratan administrasi.
  4. Selanjutnya, kamu wajib menjalani proses wawancara yang diselenggarakan oleh kantor cabang saat pengembalian berkas.
  5. Petugas dari JNE akan melakukan survey dan pemeriksaan terhadap lokasi dan memastikan syarat-syarat lain terpenuhi.
  6. Setelah pendaftaran berhasil, kamu akan diminta untuk membayar uang deposit sebesar Rp 5 juta.
  7. Tunggu beberapa saat. Jika kamu memenuhi semua persyaratan, kamu harus menjalani masa percobaan selama 3 bulan.

Sangat mudah, bukan? Sayangnya untuk saat ini JNE tidak melayani pendaftaran via online. Dengan kata lain, kamu harus mendatangi kantor cabang terdekat untuk melakukan permohonan pendaftaran sekaligus menyerahkan persyaratan yang telah disebutkan di atas.

Pelatihan Keagenan dan Penambahan Lokasi

Sebagai tambahan, JNE akan mengadakan pelatihan yang wajib diikuti apabila permohonan kamu disetujui. Pemilik agen beserta calon petugas wajib mengikuti pelatihan yang akan diselenggarakan oleh JNE yang meliputi pelatihan Front Line Developement Program selama 1 hari.

Selain itu, ada pula pelatihan praktek kerja lapangan di kantor milik cabang utama selama 2 hari. Selama praktek lapangan tersebut, calon petugas akan mendapatkan pendampingan dari pihak JNE.

Seiring berjalannya waktu, bisnis kamu mungkin berkembang dan satu lokasi sales counter tidak lagi mencukupi. Kabar baiknya, kamu diperbolehkan untuk mengajukan penambahan lokasi agen. Untuk mengajukan permohonan tersebut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain:

  • Sales counter sudah beroperasi setidaknya 2 tahun
  • Angka penjualan rata-rata minimal Rp 150 juta per bulan selama 1 tahun
  • Tidak pernah melakukan pelanggaran

Kini kamu sudah mengetahui seluk beluk mengenai syarat dan cara menjadi agen JNE, termasuk biaya yang dibutuhkan. Jika kamu merasa siap dengan modal yang dibutuhkan dan mampu melengkapi persyaratan, tidak ada salahnya bergabung dengan franchise JNE untuk meraup keuntungan.

Andra Yogi

    Seseorang yang sangat tertarik dengan dunia digital, teknologi, binis dan internet marketing dan juga WordPress. Saat ini sedang mengelola bisnis pengembangan website di andrastudio.

    Leave a response

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.