Istilah Status Pengiriman Paket dari JNE, TIKI, J&T yang Perlu Anda Ketahui

Semakin berkembangnya dunia e-commerce yang melibatkan banyak toko online, maka semakin banyak pula layanan jasa pengiriman paket di Indonesia.

Masing-masing jasa pengiriman barang atau juga dikenal pula dengan sebutan jasa ekspedisi tersebut memiliki istilah status pengiriman paket yang berbeda-beda. 

Ingin meningkatkan follower Instagram Anda untuk meningkatkan penjualan? Cek beberapa tools IG rekomendasi kami →

Layanan jasa pengiriman barang di Indonesia juga sangat banyak jenisnya. Hal seperti itu tentu akan semakin memudahkan pihak toko online dan pembeli barang online untuk memilih jasa ekspedisi pengiriman paket yang sesuai dengan kebutuhannya.

Sesuai di sini mencakup mulai dari segi kesesuaian harga, waktu pengiriman, kemudahan proses pengiriman dan berbagai faktor pendukung lainnya.

Walau pihak penjual atau pembeli memiliki lebih banyak pilihan jasa pengiriman barang, namun kemungkinan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan yang berkaitan dengan pengiriman paket bisa saja tetap terjadi.

Beberapa kejadian tersebut diantaranya seperti barang hilang, barang kembali ke pihak pengirim karena alamat tujuan yang kurang lengkap, atau status pengiriman paket delivered atau terkirim namun barang tidak sampai ke penerima yang dituju.

Oleh sebab itu, untuk meminimalisir terjadinya kejadian-kejadian yang tidak diinginkan itu, Anda sebaiknya perlu mengetahui bagaimana cara melacak paket atau barang yang dikirimkan melalui jasa pengiriman barang.

Perlu diketahui, bahwa setiap paket yang dikirim melalui jasa pengiriman barang itu memiliki tanda bukti atau resi yang dapat dilacak baik oleh penjual atau pembeli barang.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Saat melakukan pelacakan resi, maka Anda akan melihat berbagai status pengiriman barang yang merupakan penanda dari perjalanan paket yang sedang menuju alamat calon penerima paket tersebut. Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai berbagai istilah dari status pengiriman barang yang berasal dari tiga layanan jasa pengiriman barang terbesar di Indonesia yaitu, JNE, TIKI dan J&T.

Istilah Status Pengiriman Paket JNE

JNE

Melacak resi bisa dilakukan dengan cara yang mudah, namun terkadang ada beberapa istilah pengiriman barang yang sulit dipahami, apalagi jika Anda kurang menguasai bahasa Inggris.

Hal tersebut disebabkan karena status pengiriman JNE sering ditulis dalam bahasa Inggris dan terkadang ada pula istilah yang dimaksud dengan yang tertulis itu agak berbeda artinya.

Status PengirimanKeterangan
Shipment Picked Up By JNE Courier [Nama kota]Status pengiriman ini menunjukkan bahwa paket diterima oleh agen JNE di kota tersebut.
Shipment Received By JNE Counter Officer at [Nama kota]Status pengiriman ini menunjukkan bahwa paket telah diterima oleh pihak JNE pusat di kota yang tertera dalam status tersebut.
Received at Sorting Center [Nama kota]Status pengiriman ini menunjukkan bahwa paket sedang dalam proses sorting di tempat sortir barang.
Processed at Sorting Center [Nama kota]Status pengiriman ini menunjukkan bahwa paket telah melalui proses penyortiran dan saat ini sedang dalam proses untuk dikirim ke tempat berikutnya.
Departed From Transit [Nama kota]Status pengiriman ini menunjukkan bahwa paket telah transit di sebuah kota sesuai dengan nama kota yang tertera dalam status tersebut.
Received at Warehouse [Nama kota]Status pengiriman ini menunjukkan bahwa paket telah sampai di gudang JNE yang paling dekat dengan kota tujuan.
Shipment Forwarded to Destination [Nama kota]Status pengiriman ini menunjukkan bahwa paket telah melalui proses pengiriman ke kantor JNE yang paling dekat dengan kota tujuan, biasanya jika sudah ada status seperti ini, maka paket telah sampai di kota yang dituju.
With Delivery Courier [Nama kota]Status pengiriman ini menunjukkan bahwa paket sedang dalam proses diantar oleh kurir JNE ke alamat tujuan.
ManifestIstilah ini berarti bahwa paket telah masuk ke dalam daftar pengiriman JNE.
On- ProcessIstilah ini berarti bahwa paket telah dalam tahapan proses pengiriman.
On-TransitIstilah ini berarti bahwa paket sedang dalam keadaan transit di sebuah tempat, umumnya, paket transit ini akan terjadi jika paket dikirim dari pulau yang berbeda.
POD DetailIstilah ini adalah singkatan dari Process on Delivery yang berarti bahwa paket sedang dalam proses pengiriman yang diantar oleh kurir.
Received on DestinationIstilah ini berarti bahwa paket telah sampai di kota tujuan.
DeliveredIstilah ini berarti bahwa paket telah sampai, biasanya pihak JNE akan menuliskan nama dari penerima paket.

Selain 14 istilah status pengiriman JNE diatas, ada pula beberapa status pengiriman paket dari JNE yang menunjukkan bahwa ada kendala dalam pengiriman barang, diantaranya seperti berikut ini:

Status PengirimanKeterangan
Criss CrossIstilah status pengiriman ini berarti bahwa barang tertukar dengan barang milik orang lain.
Cnee UnknownIstilah ini berarti bahwa ketika paket sudah sampai ke alamat yang dituju, kurir JNE tidak menemukan nama penerima yang tertulis pada paket tersebut.
AU to OPSIstilah ini singkatan dari Antar Ulang atau juga bisa diartikan sebagai proses serah terima dari bagian yang menangani paket bermasalah ke bagian operasional agar bisa dilakukan proses antar ulang ke alamat tujuan yang benar.
RedeliveryIstilah ini berarti bahwa paket akan mengalami proses pengantaran ulang, biasanya disebabkan karena saat paket dikirim ke tempat tujuan tidak ada orang yang menerima (rumah kosong).
Bad AddressIstilah status pengiriman ini berarti bahwa alamat tujuan tidak jelas atau kurang lengkap, sehingga kurir JNE sulit untuk mengantarkan paket hingga ke alamat yang dituju.
R (Misroute)Istilah ini berarti bahwa kurir JNE salah mengambil rute perjalanan untuk proses pengantaran paket ke tempat yang dituju.
Closed Once Delivery AttemptIstilah ini berarti bahwa kurir JNE telah sampai ke tempat tujuan namun tempat penerima paket tersebut sedang tutup.
TH (Not at Home?)Istilah ini berarti bahwa kurir JNE telah sampai di tempat tujuan namun penerima barang sedang tidak berada di tempat tersebut.

MIstilah Status Paket Pengiriman TIKI

TIKI

Pelacakan status pengiriman TIKI bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Hanya saja, Anda perlu memahami beberapa istilah dari status pengiriman berdasarkan nomor resi paket yang Anda dapatkan dari pihak TIKI.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Berikut ini ada penjelasan detail mengenai beberapa istilah dari status pengiriman yang dilakukan oleh layanan jasa pengiriman barang TIKI.

Status PengirimanKeterangan
Shipment Data EntryStatus pengiriman ini menunjukkan bahwa setelah pengirim paket melakukan proses pembayaran sesuai dengan jenis layanan TIKI yang dipilihnya, maka secara otomatis data dari pengiriman paket tersebut langsung masuk ke dalam database TIKI.
Entry ByIstilah ini ditujukan untuk Nama atau Kode dari operator yang mengisi data
Departed at TIKI FacilityStatus pengiriman ini menunjukkan bahwa paket telah berangkat dari agen TIKI yang ada di kota asal pengiriman paket
Packing ListStatus pengiriman ini menunjukkan bahwa paket telah melalui proses pengemasan dan masuk ke dalam daftar pengiriman paket lainnya
TransitStatus pengiriman ini menunjukkan bahwa paket sedang transit di tempat TIKI di kota yang dekat dengan kota tujuan
Arrived at DestinationStatus pengiriman ini menunjukkan bahwa paket sudah berada di kota tujuan
With Delivery CourierStatus pengiriman ini menunjukkan bahwa paket sudah dibawa oleh kurir TIKI dan akan langsung diantarkan ke alamat tujuan
SucceedStatus pengiriman ini menunjukkan bahwa paket telah berhasil sampai di alamat tujuan
Received ByIstilah ini berarti bahwa paket telah diterima oleh nama penerima yang menerima paket tersebut

Istilah Status Pengiriman Paket J&T

J&T Express

Berbeda dengan layanan jasa pengiriman barang lainnya, J&T Express meluncurkan inovasi baru berupa sistem sentralisasi untuk proses distribusi dan penerimaan paket.

Sentralisasi tersebut dilakukan di sebuah tempat yang disebut dengan drop point. Ada tiga fungsi drop point, yaitu penghubung pengirim dan penerima paket, mengumpulkan paket dari kurir (sprinter) dan melakukan pengiriman paket.

Sistem pengiriman paket yang agak berbeda dengan layanan jasa pengiriman barang lainnya itu membuat J&T juga memiliki istilah status pengiriman J&T yang terbilang unik, diantaranya seperti berikut ini.

Status PengirimanKeterangan
KodeKota_GATEWAYStatus pengiriman ini berarti bahwa paket sedang melalui proses penyortiran di gudang/lokasi J&T yang sesuai dengan kode kota yang tertera pada status tersebut.  Setelah disortir baru paket akan diteruskan ke kota tujuan.
SprinterIstilah ini berarti kurir, sehingga jika sudah tertera status pengiriman ini maka itu artinya paket sudah dibawa oleh kurir untuk diantarkan ke tempat tujuan.
BermasalahIstilah ini berarti bahwa paket sedang mengalami masalah pengantaran, namun sayangnya tidak dijelaskan keterangan pasti dari permasalahan tersebut.

Biasanya terjadi disebabkan karena penerima sedang tidak berada di tempat atau alamat tujuan salah. Selain itu, bisa juga disebabkan karena sistem error, paket salah drop saat sorting, paket berisi barang yang dilarang hukum dan lain sebagainya
SimpanIstilah ini berarti bahwa paket tidak mungkin untuk diantarkan pada saat itu juga, dan akan disimpan di drop point.

Status pengiriman seperti biasanya terjadi saat alamat tujuan terlalu jauh dan sudah di luar jam kerja, atau bisa juga disebabkan karena pada hari itu kurir sedang overload, sehingga paket baru akan diantarkan ke alamat tujuan keesokan harinya.
Invalid Airway BillIstilah ini berarti bahwa nomor resi yang dimasukkan salah. Namun, kendala ini biasanya terjadi karena server tracking J&T yang sedang bermasalah (down).
Sudah DiterimaStatus pengiriman ini tentu saja berarti bahwa paket telah sampai di alamat tujuan dan juga telah diterima.

Mengetahui informasi status pengiriman paket akan membuat Anda merasa lebih tenang saat menunggu kedatangan paket.

Jika setelah melakukan proses pelacakan paket masih ada yang belum jelas, maka Anda dapat langsung menghubungi layanan customer service dari jasa pengiriman barang tersebut, salah satunya melalui akun sosial media mereka sebab biasanya akan lebih cepat direspon.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.