Tips SEO untuk Website Toko Online

Situs toko online dapat membantu Anda dalam memperoleh keuntungan yang besar apabila dipromosikan secara tepat. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mempelajari SEO atau Search Engine Optimization.

Faktanya, sebagian besar orang menemukan toko online melalui mesin pencari. Dengan tidak mengoptimalkan toko di mesin pencari seperti Google, bukan tidak mungkin jika toko Anda sepi pengunjung.

Nah, ingin tahu apa saja tips agar situs toko Anda dapat dengan mudah ditemukan oleh banyak orang? Cek informasinya berikut ini!

1. Gunakan Kata Kunci yang Unik

Usahakan untuk membuat kata kunci yang unik dan lebih dari dua kata. Kata kunci yang sedikit lebih panjang akan membantu meningkatkan peringkat situs.

Sebaiknya letakkan kata kunci pada bagian judul dan pada badan teks supaya memudahkan mesin pencari untuk mengenali situs Anda. Sempatkan diri untuk meriset kata kunci apa yang baik dan sesuai dengan setiap produk.

2. Buat Judul yang Jelas

Buatlah judul yang jelas

Apabila Anda hendak menuliskan judul pada produk, pastikan untuk memasukkan kata kunci dan menuliskannya secara lengkap.

Misalnya, produk ponsel pintar yang tentu sangat beragam. Tuliskan nama, merek, tipe, atau kode yang memperjelas produk. Jangan sampai judul halaman membuat pengunjung bingung dan tak memahami apa produk yang sedang dipasarkan.

3. Meta Deskripsi

Meta deskripsi sangat bagus dalam menarik minat seseorang untuk mengunjungi situs toko online Anda. Penjelasan singkat di bawah tautan situs akan memberikan gambaran tentang apa yang ada di dalam situs.

Buatlah meta deskripsi yang berbeda-beda di setiap halaman yang Anda buat. Hal ini karena menggunakan meta deskripsi yang sama terus-menerus merupakan salah satu musuh SEO.

4. Hindari Duplikasi Konten

Jangan sampai ada konten yang duplikat (searchengineland.com)

Jangan sampai konten Anda adalah hasil duplikasi dari situs lain. Google akan langsung mengenali semua konten berbentuk teks yang merupakan teks salin tempel.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.


Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Perhatikan keorisinalan konten Anda seperti detail produk, isi blog, meta deskripsi, teks alternatif, hingga judul.

Hal ini sering sekali dilupakan oleh para pemilik toko online, mereka dengan santainya menyalin deskripsi produk dari toko online mereka di marketplace seperti Tokopedia, Bukapalak, dll ke dalam deskripsi produk di website toko online mereka.

Ini salah besar, Anda tidak akan mendapatkan trafik dari search engine dengan cara seperti ini, website Anda malah akan dipandang buruk oleh search engine.

5. Buat Detail Produk yang Menarik

Buatlah detail setiap produk semenarik mungkin. Tuliskan informasi mengenai fitur-fitur produk seperti ukuran, warna, dan desain. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kelebihan, fungsi, dan pengenalan singkat terkait produk.

Jangan lupa tambahkan kontak dan informasi jasa pengiriman. Sehubungan dengan poin keempat, hindari untuk membuat teks hasil duplikasi, ya!

6. Desain Situs yang Responsif

Situs wajib bisa tampik dengan baik pada semua device baik desktop maupun mobile

Sebagian besar orang mengakses situs lewat tablet atau ponsel pintar ketika berselancar di dunia maya. Perlu diketahui bahwa tidak semua penyedia situs mendukung tampilan untuk gawai.

Pastikan Anda memilih penyedia situs yang memiliki pilihan desain responsif. Apabila tampilan situs toko online nyaman, para pengunjung akan lebih betah untuk mengecek produk satu per satu.

7. Ulasan Pelanggan dan Bintang

Sebagian besar pengunjung tertarik dengan sebuah produk setelah membaca ulasan dari pelanggan-pelanggan yang pernah membelinya.

Ulasan dan pemberian bintang juga bisa dijadikan pertimbangan untuk membeli dan meningkatkan nilai SEO situs Anda. Sediakan kotak ulasan di setiap halaman produk dan jangan letakkan terlalu jauh.

Jangan lupa untuk menyempatkan juga untuk membaca serta membalas setiap ulasan yang diberikan.

Usahakan fitur rating yang ada di website Anda mendukung fitur rating dari Schema agar rating serta tanda bintang dapat muncul di hasil pencarian Google.

8. Konten Variatif

Selain memasarkan produk, Anda juga bisa menambahkan konten-konten lain pada situs toko online. Buatlah konten bervariasi atau yang relevan dengan produk yang sedang dipasarkan.

Sisipkan tautan internal dan kata kunci yang merujuk pada halaman lain. Dengan begitu, mesin pencari akan mengetahui bahwa situs toko online Anda aktif dan dinamis.

9. URL yang Rapi

Setiap halaman memiliki URL yang berbeda. Terkadang URL yang otomatis diatur situs akan menjadi berantakan ketika Anda menyunting atau memindahkan halaman tersebut.

Beberapa penyedia hosting mendukung pengeditan URL. URL yang berantakan tidak baik untuk SEO sehingga pastikan untuk merapikannya.

Akan lebih baik lagi pada halaman-halaman di website Anda ditambahkan fitur breadcrumb. Jika toko online Anda menggunakan WooCommerce, fitur breadcrumb sudah ada di dalamnya.

10. Kecepatan Loading yang Optimal

Pemuatan halaman yang lambat pasti tidak disukai oleh setiap orang. Anda perlu membuat situs yang bisa diakses secara cepat dan tidak membuat pengunjung langsung meninggalkan situs Anda. Gunakan desain dan tema situs yang ringan serta hindari penggunaan widget yang tidak perlu.

11. Tambahkan Foto Produk yang Berkualitas Baik

Setelah membuat deskripsi yang menarik, jangan lupa sertakan foto produk. Pengunjung situs tentu saja tidak bisa menyentuh atau meraba produk yang Anda jual.

Pasanglah foto asli produk dengan kualitas dan resolusi tinggi sehingga tidak pecah saat diperbesar. Foto yang lengkap akan lebih meyakinkan pengunjung untuk membeli.

12. Galeri

Tidak semua penyedia layanan pembuatan situs memiliki fitur galeri. Galeri akan memaparkan produk-produk Anda supaya lebih mudah dilihat. Pengunjung bisa mengeklik setiap foto dan dibawa ke halaman berisi detail produk dalam foto tersebut. Lebih praktis, cepat, dan tidak melelahkan!

13. Bagikan ke Jejaring Sosial

Situs toko online juga butuh dibagikan ke berbagai jejaring sosial yang populer seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

Tidak hanya membagikan tautan produk, Anda bisa membagikan konten blog untuk menaikkan nilai SEO. Kesempatan untuk mempromosikan produk juga menjadi lebih luas.

Dengan halaman penuh, setidaknya bisa mencegah pengunjung membatalkan pesanannya karena melihat barang lain yang lebih menarik.

14. Berikan Teks Alternatif pada Gambar

Isilah teks alternatif pada setiap gambar dengan deskripsi singkat dan mengandung kata kunci. Hal ini karena mesin pencari tidak bisa membaca gambar.

Jangan menyalin detail produk yang sama dengan produsen supaya SEO optimal dan bisa diindeks oleh mesin pencari. Lebih baik jika Anda menulisnya sendiri karena perbedaan tersebut disukai oleh Google.

15. Landing Page untuk Halaman Checkout

Setelah selesai memilih barang yang akan dibeli, pengunjung akan memeriksa belanjaannya di halaman checkout. Anda bisa membuat halaman tersebut berdesain landing page atau halaman penuh.

Demikian 15 tips SEO untuk mengoptimalkan situs toko online yang bisa Anda terapkan. Dunia maya yang sangat luas dan kompleks tentu harus didukung dengan pengetahuan dan trik yang tepat.

Demi kelancaran bisnis, jangan ragu untuk mempelajari seluk-beluk SEO, ya!

Dapatkan Theme Cepatlakoo Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.