Cara Mendaftar KlikBCA Individual & Bisnis

Bank Central Asia atau BCA merupakan salah satu bank swasta besar di Indonesia yang menghadirkan berbagai fasilitas menarik dan terbaik untuk para nasabahnya.

Salah satu fasilitas yang dihadirkan oleh BCA untuk memudahkan transaksi keuangan yang dilakukan oleh nasabah adalah KlikBCA. Fasilitas ini sangat membantu para nasabah yang ingin melakukan transaksi keuangan dari jarak jauh.

Dengan hadirnya KlikBCA, Anda tidak perlu direpotkan lagi untuk selalu mengantri ke kantor cabang BCA ataupun pergi ke ATM terdekat. Anda bisa melakukan transaksi keuangan bahkan sambil berbaring di rumah. Apabila Anda termasuk orang yang sangat aktif berhubungan dengan transaksi perbankan seperti untuk kebutuhan toko online, maka layanan ini menjadi layanan yang paling tepat.

Tampilan website KlikBCA
Tampilan website KlikBCA

Layanan internet banking dari BCA ini juga hadir dalam bentuk KlikBCA Bisnis yang sangat cocok dipakai oleh mereka yang menggunakan rekening BCA untuk aktivitas bisnis seperti membuka toko online dan sebagainya. Layanan ini juga dapat dinikmati oleh semua nasabah BCA yang memiliki dana tersimpan di BCA dan digunakan untuk aktivitas usaha atau bisnisnya. 

Selain layanan internet banking untuk bisnis, Anda yang menggunakan layanan internet banking BCA untuk kebutuhan pribadi juga tetap bisa menikmati layanan KlikBCA Individual. Layanan ini sangat cocok dipilih oleh mereka yang menyimpan dana di BCA namun tidak digunakan dalam rangka berbisnis. Persyaratan untuk membuka internet banking BCA pun sangat mudah. 

Untuk dapat menikmati layanan KlikBCA, maka Anda harus memiliki token BCA atau Key BCA agar dapat bertransaksi lewat layanan internet banking satu ini.

Transaksi yang didukung oleh layanan internet banking ini bahkan dapat melibatkan transaksi dalam bentuk valuta asing atau valas. Anda bisa mentransfer dari valas ke Rupiah dan sebaliknya tanpa perlu repot mengantri di kantor cabang BCA. 

Untuk dapat menggunakan layanan ini secara maksimal, baik KlikBCA Individual ataupun Bisnis, maka langkah pertama yang harus Anda ketahui adalah bagaimana cara melakukan registrasi atau pendaftaran akun. 

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Cara Registrasi Akun KlikBCA Individual

Untuk dapat registrasi akun KlikBCA dapat dilakukan melalui dua cara yakni melalui mesin ATM BCA maupun registrasi lewat kantor cabang BCA terdekat. Anda bebas memilih antara keduanya mana yang paling terasa mudah dan nyaman untuk Anda.

1. Registrasi di Kantor Cabang BCA Terdekat

Apabila Anda ingin agar proses pendaftaran akun KlikBCA dilayani oleh petugas, maka Anda dapat mengunjungi kantor cabang BCA terdekat untuk melakukan registrasi. Saat registrasi bawa beberapa dokumen yang akan diperlukan seperti kartu identitas berupa KTP dan juga buku tabungan BCA. 

Saat melakukan pendaftaran akun KlikBCA lewat customer service karyawan BCA, Anda pertama-tama akan diminta untuk memasukkan data diri yang diminta di formulir.

Formulir ini berisi data lengkap seperti nama, alamat e-mail, alamat rumah, nomor telepon dan data diri pribadi lainnya. Karyawan BCA akan memproses permohonan Anda dan memberikan PIN beserta User ID untuk masuk ke internet banking.

2. Registrasi di Mesin ATM BCA

Salah satu lokasi ATM BCA
Salah satu lokasi ATM BCA (moneter.id)

Jika Anda merasa tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor cabang BCA terdekat di rumah Anda, maka registrasi juga dapat dilakukan via ATM BCA. Cara melakukan registrasi lewat mesin ATM BCA mengikuti step-step di bawah ini:

  • Kartu ATM dimasukkan terlebih dahulu ke dalam slot mesin ATM
  • Masukkan nomor PIN ATM 
  • Ketika sudah masuk ke akun ATM, selanjutnya cari menu “Daftar eBanking atau Autodebet” yang tersedia pada layar mesin ATM. Klik pilihan ini
  • Selanjutnya cari menu bertuliskan “Internet Banking”. Klik menu ini dan masukkan PIN sebanyak 6 digit sesuai keinginan Anda. Mesin ATM kemudian akan meminta Anda memasukkan PIN sekali lagi.
  • Setelah selesai, mesin ATM BCA akan mengeluarkan struk hasil transaksi yang bertuliskan PIN beserta User ID yang digunakan untuk masuk ke layanan internet banking KlikBCA.

Cara Aktivasi Akun Internet Banking KlikBCA Individual

Setelah memperoleh User ID dan juga PIN baik dari mesin ATM BCA ataupun lewat kantor cabang langsung, segera lakukan aktivasi akun internet banking lewat perangkat Anda. Cara untuk aktivasi juga sangat mudah sebagai berikut ini:

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.
  • Buka website resmi BCA yang tertera di halaman  http://www.klikbca.com/
  • Pada layar website KlikBCA Individual akan tertera kotak yang harus diisi dengan User ID dan juga PIN internet banking yang Anda dapatkan. Setelah User ID dan juga PIN dimasukkan, selanjutnya klik Login yang ada di bawah kotak PIN.
  • Pada layar selanjutnya menampilkan kotak berupa pertanyaan alamat e-mail yang Anda gunakan untuk mendaftar sebelumnya. Masukkan alamat e-mail yang sama di kotak website KlikBCA Individual.
  • Selanjutnya ada opsi Bahasa dan pilih Bahasa yang diinginkan untuk tampil di laman website. Setelah selesai, klik pilihan Kirim-submit pada layar.
  • Layar kemudian akan menampilkan kotak berisi pertanyaan, pilih Setuju. 
  • Jika seluruh proses sudah dilakukan dengan benar, laman website akan menampilkan pemberitahuan bahwa proses aktivasi internet banking telah berhasil dilakukan. 

Cara Registrasi Akun KlikBCA Bisnis

Jika Anda nasabah yang memanfaatkan rekening BCA untuk bertransaksi bisnis, maka Anda dapat membuka akun internet banking KlikBCA Bisnis.

Untuk dapat memanfaatkan fasilitas KlikBCA Bisnis, Anda harus mempunyai corporate ID serta user ID pengguna KlikBCA Bisnis. Anda juga harus memegang nomor identifikasi pribadi atau PIN yang berfungsi untuk mengaktifkan Aplikasi VPN dan KeyBCA.

Aplikasi Virtual Private Network (VPN) dan KeyBCA dapat diaktifkan tatkala Anda sudah mendaftar fasilitas KlikBCA Bisnis. Yang menarik dari akun bisnis internet banking BCA adalah Anda dipersilahkan memberikan hak akses kepada pihak lainnya yang sebelumnya telah ditunjuk oleh nasabah bersangkutan. Fasilitas ini disebut dengan multi otorisasi dan dimasukkan saat pengajuan formulir KlikBCA Bisnis. 

Sebaliknya, jika Anda memilih single otorisasi pada saat mengisi formulir permohonan pembuatan KlikBCA Bisnis, artinya hanya Anda yang memegang User ID yang memiliki hak masuk ke dalam akun. Pemegang user ID ini sesuai dengan yang tercantum dalam formulir.

Yang berbeda dari akses akun KlikBCA tipe individual dengan bisnis adalah pada tipe bisnis BCA akan memberikan aplikasi VPN untuk memastikan keamanan transaksi pada akun bisnis.

Saat melakukan transaksi, nasabah sangat diwanti-wanti agar menghidupkan aplikasi VPN untuk meningkatkan keamanan. Website untuk transaksi juga akan diberitahukan langsung oleh BCA. 

Registrasi di Kantor Cabang BCA

Untuk dapat mengaktifkan akun internet banking KlikBCA Bisnis, maka registrasi hanya dapat dilakukan secara langsung lewat kantor cabang BCA terdekat. Saat Anda melakukan pendaftaran akun bisnis, Anda akan memperoleh corporate ID yang bersifat permanen dari pihak BCA dan corporate ID ini sifatnya tidak dapat diubah-ubah. 

Terkait corporate ID sendiri akan diberikan oleh BCA tanpa perlu meminta persetujuan dari nasabah terlebih dulu. Selain corporate ID yang bersifat permanen, user ID juga bersifat permanen.

Jika Anda ingin mengubah User ID, maka Anda harus mengunjungi kantor cabang dan melakukan permintaan penghapusan user ID yang lama serta KeyBCA yang terhubung

Saat melakukan pendaftaran nasabah juga akan diminta untuk memasukkan alamat e-mail yang valid.

Apabila melakukan perubahan alamat email, maka nasabah harus segera menghubungi kantor cabang BCA terdekat untuk melakukan perubahan alamat email. Caranya dengan mengisi kembali formulir KlikBCA Bisnis yang disertai dengan dokumen pelengkap lainnya.

Fungsi dari alamat email adalah sebagai catatan informasi transaksi bagi nasabah. BCA akan selalu menginformasikan setiap transaksi keuangan melalui KlikBCA Bisnis lewat alamat email yang dimiliki. 

Cara Bertransaksi di KlikBCA Bisnis

Tampilan halaman KlikBCA Bisnis
Tampilan halaman KlikBCA Bisnis

Transaksi via KlikBCA Bisnis bisa dikatakan memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi ketimbang akun individual. Dalam setiap melakukan transaksi, nasabah akan diminta mengisi data-data yang diminta oleh sistem.

Setelah data diinput, sistem akan memastikan kesediaan melakukan transaksi kepada nasabah. Apabila nasabah setuju melanjutkan, maka nasabah akan diminta memasukkan KeyBCA Response. 

Bisa dikatakan bahwa setiap transaksi menggunakan akun KlikBCA Bisnis akan melibatkan tiga fitur penting yakni corporate ID, user ID dan juga KeyBCA response. Karena itu ketiga poin ini sangat fundamental dan harus dijaga kerahasiaannya oleh masing-masing nasabah. 

Terkait limitasi transaksi harian akan ditentukan oleh nasabah KlikBCA Bisnis itu sendiri. Anda dapat mencantumkan jumlah limit transaksi melalui formulir BCA saat melakukan registrasi di kantor cabang BCA terdekat.

Meski dapat ditentukan secara mandiri, nasabah harus mengikuti ketentuan limit transaksi harian yang ditetapkan oleh BI, OJK dan otoritas lembaga berwenang lainnya di tanah air dan juga oleh BCA.

Tips Bertransaksi via Internet Banking BCA

Banyak orang yang khawatir ketika ingin bertransaksi lewat internet banking dari bank apapun, termasuk KlikBCA. Ketakutan ini pada akhirnya membuat mereka harus repot bolak-balik mesin ATM atau kantor cabang hanya untuk melakukan transaksi sederhana. Padahal, sebenarnya ada cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan dari transaksi keuangan Anda.

1. Gunakan Perangkat Milik Sendiri

Agar transaksi Anda tetap aman tanpa adanya risiko pembobolan, pastikan untuk selalu menggunakan perangkat elektronik milik sendiri tatkala masuk ke dalam akun KlikBCA.

Jangan sekali-sekali menggunakan perangkat elektronik milik orang lain atau perangkat elektronik umum seperti di warung internet saat mengakses akun internet banking. 

Menggunakan perangkat elektronik umum akan meningkatkan risiko pencurian data seperti User ID hingga PIN akun Anda. Anda bisa mengakses KlikBCA baik dari komputer, PC ataupun smartphone pribadi.

2. Jangan Menggunakan Wifi Publik

Hampir sama dengan poin pertama, poin kedua untuk menjaga keamanan dari transaksi perbankan internet Anda adalah jangan pernah sekalipun menggunakan sambungan Wifi publik saat mengakses internet banking.

Pasalnya, wifi publik juga sangat rawan terjadi pencurian data pribadi termasuk data akun KlikBCA. Selalu gunakan sambungan internet pribadi ketika mengakses akun internet banking.

3. Jaga Kerahasiaan Akun

Hal ini sebenarnya merupakan hal dasar dan tentu diketahui semua orang. Sayangnya, beberapa orang terlalu bermudah-mudah mengenai kerahasiaan akun internet banking miliknya. Anda tentu telah beberapa kali melihat kasus pembobolan akun perbankan yang disebabkan kelalaian pemilik akun. 

Misalnya saja karena bingung, mereka bahkan memberikan PIN kepada petugas Bank ataupun satpam. Alasannya karena mereka membutuhkan bantuan. Padahal, kerahasiaan PIN adalah hal utama yang tidak boleh bocor ke pihak lain.

4. Mengganti Password Secara Berkala

Banyak orang yang merasa malas melakukan ini. Beberapa bahkan khawatir apabila mereka mengganti password akun internet banking maka mereka bisa saja lupa sewaktu-waktu. Padahal mereka sudah merasa sangat familiar dengan password saat ini.

Ya, alasan ini mungkin ada benarnya. Namun Anda harus memahami bahwa keamanan akun perbankan Anda adalah hal utama di atas kenyamanan.

Jangan hanya karena alasan sudah nyaman Anda menggadaikan keamanan. Sebaiknya lakukan penggantian password secara berkala beberapa bulan sekali.

5. Hubungi Nomor Call Center Resmi BCA Saat Ada Masalah

Apabila menemui masalah terkait layanan akun internet banking KlikBCA, jangan ragu-ragu untuk segera menghubungi call center dari BCA. Hindari meminta pertolongan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Segera hubungi call center BCA apabila menemukan hal meragukan ataupun mencurigakan saat bertransaksi keuangan dengan BCA. Nomor telepon BCA adalah 1500888.

Fasilitas KlikBCA dihadirkan dalam rangka untuk mendukung layanan internet banking yang memadai bagi para nasabah. Alhasil, nasabah pun akan semakin dimudahkan apabila perlu melakukan transaksi keuangan dari mana saja dan kapan saja.

Beragam transaksi keuangan yang ditawarkan oleh layanan ini meliputi transaksi pembayaran atau pembelanjaan, transfer uang, pembayaran tagihan dan banyak lagi

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.