0 di keranjang

No products in the cart.

5 Tips Ampuh Bisnis Online Untuk Pemula

Dulu, untuk memulai bisnis, seseorang memerlukan modal besar dan keberanian mengambil risiko. Selain itu, tantangan yang dihadapi juga tidak mudah. Misalnya, secara administratif, harus ada surat izin usaha dan berbagai persiapan lainnya. Hal tersebutlah yang menyebabkan tidak sedikit calon pengusaha yang urung memulai sebuah bisnis.

Kini, memulai bisnis bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan dengan modal 0 rupiah sekali pun, yaitu dengan melakukan bisnis online. Tidak hanya membutuhkan modal yang minim, bisnis online juga memiliki waktu kerja yang feksibel.

Anda tidak perlu lagi khawatir harus masuk pagi dan pulang sore sehingga menyebabkan waktu bersama keluarga tersita. Hanya butuh koneksi internet, bisnis Anda bisa dijalankan kapan saja dan di mana saja.

Meskipun terlihat sederhana, bisnis online harus tetap dipersiapkan dengan matang. Untuk itu, berikut ini 5 tips ampuh bisnis online yang bisa Anda terapkan:

1. Teguhkan Niat

Mantapkan niat Anda sebelum berbisnis

Mantapkan niat Anda sebelum berbisnis

Menjadi seorang pelaku bisnis perlu memiliki keteguhan niat. Jangan sepelekan ini, karena meskipun ‘hanya’ bisnis online, tetap saja Anda akan mengahadapi banyak halangan. Tidak memiliki keteguhan hati akan membuatmu menyerah dan berhenti di tengah jalan. Waktu dan tenaga yang telah Anda habiskan akan jadi sia-sia.

Anda harus mulai mengubah mindset layaknya seorang pelaku bisnis sejati. Berani berbisnis, artinya Anda siap berproses. Keuntungan kecil, banyak waktu tersita akan menjadi masalah di awal. Bahkan, Anda mungkin akan mengalami kerugian.

Itu adalah bagian awal, di pertengahan dan semakin dalam, Anda akan dihadapi pada tantangan dan persoalan yang semakin rumit. Bahkan ketika ada dipuncak, Anda akan tetap mendapatkan gangguan yang lebih besar.

Banyak pelaku bisnis yang saat ini sukses dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia mengawali jalannya dengan terjal. Sebut saja Mark Zuckenberg yang bahkan harus Drop Out dari Harvard University, kampus tempatnya menimba ilmu. Tapi saat ini hampir semua orang di dunia menggunakan facebook. Kemudian ada Jack MA, salah satu orang terkaya di Tiongkok yang lahir dari keluarga tidak mampu. Mereka semua berjuang susah payah hingga berhasil meraih kesuksesan seperti saat ini.

2. Tentukan Produk yang akan Dijual

Tentukanlah produk yang ingin Anda jual

Tentukanlah produk yang ingin Anda jual

Setelah meneguhkan niat menjadi pelaku bisnis, tips ampuh bisnis online selanjutnya adalah menentukan produk. Untuk menentukan produk, ada beberapa pertimbangan yang menjadi dasar. Di antaranya adalah:

Kebutuhan Masyarakat

Salah satu tujuan berbisnis adalah membantu memenuhi kebutuhan sebanyak-banyaknya orang. Itulah keindahan dalam berbisnis, bukan hanya pelaku bisnis yang diuntungkan, tapi sebanyak-banyaknya orang akan turut merasakan manfaatnya. Dengan menyediakan produk yang dibutuhkan banyak orang, Anda sudah berbuat baik dengan membantu mereka.

Untuk menentukan ini, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan. Bisa melalui media sosial, browsing di situs pencari, atau melihat kebiasaan masyarakat sekitar. Dengan begitu, Anda akan tahu kebutuhan dari calon pelanggan. Bukan hanya kebutuhan sesaat, tapi carilah produk yang kemungkinan besar akan dibutuhkan seumur hidup, seperti fashion atau kuliner.

Passion Anda

Passion Anda juga bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan produk yang akan dijual. Sebagai contoh, untuk yang suka berolahraga, Anda mungkin bisa mencoba bisnis alat-alat olahraga. Dengan begitu, Anda akan mengenal berbagai detailnya, seperti produk-produk apa saja yang akan dijual dan banyak dicari, bagaimana kisaran harganya di pasaran, siapa saja peminatnya, hingga bagaimana cara menarik minat pembeli.

Dengan berbisnis sesuai passion, Anda tidak akan merasa bosan. Justru pekerjaan akan semakin nikmat meskipun ada banyak rintangan yang dihadapi.

Pelajari Saingan Anda

Mencari informasi saingan di produk yang sama juga sangat penting. Sebagai contoh misalkan Anda ingin menjual produk fashion, pelajari siapa saja saingan yang bergerak di bidang itu. Jika dirasa kesulitan menyaingi mereka, maka Anda bisa memilih produk lain untuk dijual.

Alternatifnya adalah Anda bisa menjual produk yang dicari banyak orang tapi sedikit saingannya. Jangan memulai bisnis dengan saingan yang banyak, karena itu membuat bisnis Anda sulit berkembang. Kecuali jika Anda memiliki sebuah inovasi berbeda dibanding bisnis yang sudah ada.

3. Promosi

Bersiaplah untuk melakukan promosi

Bersiaplah untuk melakukan promosi

Langkah selanjutnya adalah promosi. Promosi dalam hal ini banyak macamnya, bisa melalui media sosial atau website marketplace. Anda juga bisa memaksimalkan jasa iklan yang tersedia dari media sosial, seperti Facebook ads. Dengan beriklan, postingan produk Anda akan tepat sasaran pada mereka yang membutuhkan.

Promosi ini wajib Anda lakukan untuk mengumumkan pada banyak orang bahwa Anda sedang memulai bisnis. Jangan promosi secara berlebihan, karena akan berdampak buruk pada reputasi Anda. Bisa jadi akibat dari promosi berlebihan, orang-orang akan terganggu dan justru tidak ingin membeli produk Anda.

4. Buat Website Toko Online

Toko online untuk bisnis Anda

Toko online untuk bisnis Anda

Kalau diibaratkan, promosi melalui media sosial atau marketplace adalah pasar, sedangkan website toko online adalah toko atau gerai resminya. Dengan membuat toko online, calon pelanggan akan semakin yakin karena sistem penjualan Anda akan terlihat lebih professional meskipun baru berdiri. Selain itu, membuat toko online sendiri akan membuat jangkauan pemasaran produk menjadi lebih luas.

Membuat toko online sendiri juga akan berguna bagi perkembangan bisnis jangka panjang. Anda tidak akan tahu seberapa lama marketplace atau media sosial Anda akan bertahan, tapi toko online bisa Anda kontrol sepenuhnya.

5. Teruslah Belajar

Teruslah belajar bisnis

Teruslah belajar bisnis

Setelah bisnis online Anda mulai berjalan, fokus dan terus pelajari pergerakan pasar. Bisnis Anda tidak akan bisa berkembang jika bertahan dengan pola yang sama. Harus ada inovasi terus menerus.

Perhatikan bagaimana Facebook mampu bertahan sampai sekarang, atau Yahoo yang harus mengalah pada Google. Mereka mampu bertahan karena terus berinovasi, bahkan Yahoo yang lebih dulu lahir harus mengalah pada Google karena tidak berinovasi. Karena itu, mereka yang ingin berbisnis adalah mereka yang ingin terus belajar dan tidak pernah puas. Puas adalah masalah serius bagi pelaku bisnis.

Memulai bisnis online sebenarnya bukan perkara sulit, tapi juga tidak mudah. Perlu persiapan matang jika ingin bisnis Anda terus berkembang. Jatuh sekali dua kali adalah hal biasa, karena itu adalah bagian dari perjalanan bisnis. Pantang mundur dan terus maju adalah kunci keberhasilan menjalani bisnis.

Bagaimana, tertarik memulai bisnis online Anda sendiri? Anda bisa menggunakan theme toko online buatan kami lho 🙂

, ,

Tulis Komentar