Mengenal Digital Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Di era perkembangan teknologi saat ini, tentunya pemasaran tidak hanya mengandalkan dari segi pemasaran offline saja, melainkan secara digital marketing. Kondisi ini sangat berbanding terbalik dengan beberapa tahun silam dimana pemasaran digital sangatlah terbatas. Dimana pada saat itu hanya tersedia TV dan radio saja. 

Sekarang ini pemasaran secara digital berkembang sangat pesat. Orang-orang berlomba memberikan konten terbaik untuk merangkul calon konsumen mereka dengan penawaran dan lain sebagainya. Persaingan menjadi semakin ketat seiring dengan kebutuhan pasar yang juga mengalami kenaikan dalam berbagai sektor industri. 

Proses menjalankan pemasaran digital tidaklah instan. Seorang digital marketer harus memiliki kemampuan analisa konsumen yang baik. Konsep mengenal konsumen ini bertujuan agar Anda dapat mencakup konsumen yang tepat sasaran dan tentunya berakhir dengan pembelian produk yang Anda tawarkan.

Dalam perencanaannya sendiri, harus disusun dengan target terdapat keaktifan antara konsumen dengan konten pemasaran yang telah Anda buat.

Apabila terjadi interaksi antara konsumen dengan konten yang Anda buat, tentunya akan memberikan dampak positif bagi bisnis Anda.

Manfaat Digital Marketing

Pemasaran secara digital terbukti memberikan banyak manfaat bagi bisnis yang Anda jalankan. Apa sajakah itu?

1. Biaya Lebih Murah dan Hemat

Biaya pemasaran lebih hemat
Biaya pemasaran lebih hemat

Dibandingkan pemasaran secara offline, pemasaran online terbukti tidak mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Ini disebabkan karena pemasaran tersebut memanfaatkan media digital dengan sebaik-baiknya. Para marketer online akan menyusun strategi untuk dapat menjangkau target melalui media online tersebut.

Disisi lain, pemasaran online juga sudah mencakup teknik seperti SEM, SEO, Social Media Ads, Paid Promo dan lain sebagainya. Dalam melakukan iklan secara online sendiri, Anda bisa mengatur budget yang akan digunakan dalam harian, mingguan ataupun bulanan.

Dengan adanya pengaturan budget tersebut tentunya akan menghemat pengeluaran Anda dan bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

2. Adanya Potensi Kenaikan Pendapatan

Tidak dapat dipungkiri bahwa the power of media social dalam pemasaran semakin hari semakin bagus. Media pemasaran secara digital terbukti dapat menjangkau masyarakat lebih banyak dan sesuai dengan target marketing Anda. Disisi lain, targeting yang tepat akan meningkatkan prospek closing yang tinggi dan tentunya dapat meningkatkan pendapatan.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Dengan memasarkan secara digital, seseorang bahkan bisa mengantongi keuntungan hingga 30-50% setiap harinya. Terlebih penggunaan media digital ini sangat cocok bagi Anda yang baru saja memulai usaha namun dengan budget ataupun sumber daya manusia yang terbatas.

3. Menjangkau Pengguna Mobile

Lebih mudah menjangkau pengguna perangkat mobile
Lebih mudah menjangkau pengguna perangkat mobile

Taukah Anda bahwa pemasaran secara digital ternyata dapat membawa diri Anda memasuki pasar terbesar?

Pemasaran melalui media digital dapat menjangkau pengguna mobile hingga 30% dari traffic organik yang ada. Ini dikarenakan saat ini hampir sebagian besar orang memiliki dan menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-harinya.

4. Ada Banyak Pilihan Platform

Saat ini ada banyak sekali puluhan platform media digital yang dapat Anda manfaatkan untuk pemasaran produk ataupun jasa yang dimiliki. Apabila Anda belum memiliki budget yang berkecukupan, maka Anda dapat memanfaatkan marketplace yang tersedia secara gratis tanpa mengeluarkan biaya lebih. 

Akan tetapi, setelah memiliki budget dan ingin menaikkan kepercayaan pelanggan secara lebih, Anda bisa membuat website resmi. Pembuatan website resmi juga akan memberikan keleluasaan Anda dalam menerapkan strategi pemasaran digital yang optimal. 

5. Jarak Dengan Konsumen Tetap Terjaga

Dengan adanya pemasaran secara digital, maka Anda jarak dan hubungan dengan konsumen tetap terjaga secara baik. Contohnya disini adalah konsumen Anda berada di wilayah Jakarta Pusat, sedangkan Anda berada di daerah Bekasi menawarkan produk yang relatif lebih murah dan penawaran menarik lainnya.

Konsumen tersebut tidak perlu repot-repot mendatangi Anda ke Bekasi. Akan tetapi Anda bisa mengirimkannya pada hari itu juga melalui kurir pengiriman. Dari pihak konsumen sendiri tidak perlu mengeluarkan biaya selain biaya pengiriman saja. Dengan demikian, jarak antara Anda dan konsumen tetap terjaga. 

6. Persiapan Menuju Era Internet of Things

Di tahun 2020 akan diprediksi sebanyak 25 miliar smartphone, jam tangan dan peralatan lain akan saling terhubung dalam sebuah sistem jaringan internet.

Kondisi tersebut akan membentuk dan menyambut era Internet of Things. Maka dari itu, pemasaran secara digital secara tidak langsung akan membantu dan mempersiapkan diri Anda dalam persaingan dunia digital yang semakin ketat. 

7. Dapat Bersaing dan Mempertahankan Posisi Terhadap Pesaing

Saat ini banyak sekali merek dagang atau usaha terkenal yang saling berlomba melalui digital campaign. Mereka memanfaatkan berbagai bentuk channel seperti PPC, iklan tv hingga media social. Apabila Anda juga ikut serta dalam memanfaatkan media digital tersebut, maka secara tidak langsung dapat bersaing dengan baik. 

Disisi lain, strategi pemasaran online saat ini sangat beragam. Tergantung dari target yang ingin dicapai dan bentuk konten yang dibuat.

Jika Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut, maka posisi Anda terhadap pesaing bisa sejajar. Tidak dapat menutup kemungkinan jika berada di bidang yang sama, maka dapat bersaing secara head to head.

8. Layanan Pelanggan Real Time

Media digital memiliki kelebihan pada akses waktu yang tidak terbatas, begitu juga dengan tempat untuk mengaksesnya asalkan memiliki jaringan internet yang lancar.

Konsumen dapat melihat produk Anda di media digital yang Anda gunakan kapan saja, mengingat jika hanya tersedia offline, maka hanya dapat dikunjungi pada jam tertentu saja. 

Mekanisme ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi bisnis yang Anda jalankan dan tentunya jalan menuju keberhasilan semakin dekat. Keuntungan real time juga terbukti dapat meningkatkan penghasilan, mempertahankan kepercayaan pelanggan dan tentunya kepuasan dalam pelayanan. 

9. Memberikan Informasi Kepada Calon Konsumen

Pernahkah Anda mencari barang atau sesuatu di sekitar tempat tinggal Anda? Apakah Anda langsung menemukannya? Apakah harga dan barang tersebut sesuai dengan ekspektasi Anda?

Beberapa orang mengatakan tidak sesuai dan harga terlalu mahal. Bahkan sebagian dari mereka juga harus merelakan waktu dan tenaga untuk mencari barang tersebut.

Pemasaran melalui media digital tentu akan memberikan informasi kepada calon pembeli. Anda dapat memasarkan produk melalui media digital dengan memanfaatkan platform yang ada.

Disisi lain, Anda juga harus memberikan deskripsi yang lengkap. Mulai dari jam operasional, harga dan lain sebagainya agar calon konsumen tertarik dan membeli produk tersebut. 

10. Mendapatkan Analisa Data

Dalam pemasaran secara digital, Anda akan disajikan data yang nyata dan real time. Dengan demikian, Anda dapat melakukan analisa dan menyusun strategi pemasaran selanjutnya.

Kondisi ini tentunya akan menguntungkan bisnis Anda karena dengan strategi yang tepat, maka bisnis akan semakin berkembang kedepannya.

Tahap Market Digital

Dalam pemasaran secara digital, tentunya tidak terlepas dari konten yang dibuat sesuai dengan target audiens.

Anda harus memikirkan strategi bagaimana agar calon pembeli dapat tertarik terhadap konten yang Anda tawarkan. Disisi lain, Anda juga harus memikirkan waktu yang tepat kapan konten tersebut akan dikeluarkan. 

Berikut adalah 3 tahap market yang terjadi dalam penjualan dan pembelian oleh konsumen yang dapat dijadikan evaluasi kedepannya : 

Awareness Stage (Cold Market)

Edukasi pasar yang Anda masuki
Edukasi pasar yang Anda masuki

Awareness stage atau bisa dikenal sebagai cold market adalah para calon konsumen yang belum mengetahui apapun terkait produk yang Anda tawarkan.

Cara untuk mencakup mereka dapat melalui cara seperti:

  • Melakukan posting blog dengan tujuan untuk meningkatkan traffic organik. Terlebih dengan teknik SEO dan strategi yang tepat.
  • Membuat infografis dengan penjelasan yang ringkas dan padat dengan harapan konsumen tertarik terhadap konten tersebut dan membagikannya ke social media mereka.
  • Membuat video dengan durasi singkat agar konsumen lebih mengenal produk yang Anda tawarkan. Anda bisa mengunggahnya melalui Youtube atau platform media social lainnya.

Warm Market

Warm market adalah market dimana para audiens belum mengenal Anda, akan tetapi orang-orang yang terhubung dengan audiens tersebut telah mengenal Anda.

Peluang pemasaran digital disini bisa dibilang lumayan tinggi, karena Anda bisa melakukan trik marketing dengan cara mengajak orang-orang yang telah mengenal Anda untuk melakukan testimoni dan di posting di platform terkait.

Di warm market ini terdapat tahapan pertimbangan, maksudnya adalah calon audiens baru yang tadinya tidak mengetahui produk Anda menjadi mengetahui produk yang Anda tawarkan melalui relasinya.

Cara yang bisa digunakan agar para audiens tersebut tertarik dan membeli produk Anda adalah:

  • Anda bisa membuat sebuah e-books singkat yang berisikan beberapa produk yang Anda tawarkan. Namun, pembuatan e-books ini tergantung dari jenis produk dan tidak semua dapat dibuat menjadi e-books.
  • Pembuatan webinar juga bisa menjadi opsi lainnya dengan cara membuat sebuah konten video yang lebih interaktif. Konten yang dibuat harus dipikirkan matang-matang agar meningkatkan kepercayaan calon konsumen.

Hot Market

Hot market atau tahap keputusan merupakan tahap dimana para audiens telah mengenal dan membeli produk yang Anda tawarkan.

Melalui hot market ini, Anda bisa mengevaluasi kelebihan, kekurangan dan apa yang diinginkan konsumen.

Disisi lain, Anda juga bisa melakukan analisa tingkah laku konsumen untuk dijadikan sebagai strategi konten marketing kedepannya. 

Taktik Pemasaran Online

Seorang digital marketers akan mengetahui secara jelas terkait teknik kampanye yang akan dilakukan agar menarik banyak pengunjung.

Namun, kondisi tersebut tergantung dari tujuan strategi marketing mereka. Sebagian besar dari mereka akan membuat campaign dengan skala besar melalui media gratis maupun berbayar sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa taktik pemasaran online secara umum:

Search Engine Optimization 

Search Engine Optimization atau lebih dikenal sebagai teknik SEO merupakan teknik dasar atau salah satu teknik yang harus dikuasai oleh seorang digital marketers.

Pada umumnya, teknik SEO masing-masing platform berbeda-beda tergantung dari kebijakannya. Namun, biasanya teknik SEO ini diterapkan untuk mengembangkan sebuah web.

Dengan menerapkan teknik SEO yang benar dan tepat, maka website Anda akan muncul pada halaman pertama search engine.

Keadaan inilah yang kemudian membuat traffic organik atau traffic tidak berbayar menjadi meningkat. Kenaikan traffic tentunya akan memberikan dampak yang baik terhadap bisnis yang Anda tawarkan.

Konten Marketing

Sesuai dengan namanya, taktik ini berfokuskan kepada promosi aset konten dengan tujuan untuk menghasilkan brand awareness, pertumbuhan traffic yang signifikan, mendapatkan prospek yang baik kedepan dan tentunya mendapatkan pelanggan.

Dalam proses pembuatannya, konten marketing disesuaikan dengan target audiens sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Beberapa media yang dapat dimanfaatkan untuk strategi konten marketing diantaranya adalah e-book, artikel singkat, infografis, brosur online hingga postingan blog. 

Social Media Marketing

Social Media Marketing atau lebih dikenal sebagai teknik SMM memiliki cara kerja untuk mempromosikan brand dan konten yang Anda miliki melalui platfrom media sosial.

Tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan prospek bisnis dan mengendalikan traffic. 

Beberapa media social yang bisa dimanfaatkan dalam digital marketing diantaranya adalah Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads hingga Linkedln.

Masing-masing plaftorm media social tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, oleh karena itu harus pintar-pintar dalam pemilihan platform tersebut.

Video Marketing

Beberapa orang memang terkadang malas dalam membaca sebuah konten. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa membuat sebuah video marketing singkat terkait informasi produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Video bisa dalam format animasi 2D ataupun 3D agar lebih menarik atau dalam bentuk video explanation sederhana.

Email Marketing

Sebagian besar perusahaan besar atau bisnis yang sudah berjalan bertahun-tahun menggunakan email marketing sebagai media komunikasi dengan konsumen. Marketers akan mengirimkan email blast ke daftar email yang telah terdaftar dalam database perusahaan tersebut. 

Email biasanya akan berisikan konten menarik, promosi harga hingga acara tertentu. Dalam body email juga akan terdapat link yang mengarahkan customer untuk mengunjungi website terkait.

Dengan demikian, hubungan Anda dengan customer tetap terjaga dan disisi lain ada kemungkinan customer lama akan kembali membeli produk terbaru yang Anda tawarkan melalui email.

Beberapa layanan email marketing yang bisa Anda gunakan antara lain MailChimp, Kirim.Email, Sendgrid, dll.

Pay Per Click

Pay per click atau lebih dikenal sebagai PPC merupakan teknik yang dilakukan dengan cara mengarahkan traffic ke website atau halaman tertentu Anda dengan membayarkannya setiap seseorang melakukan klik pada link tersebut.

Google Ads merupakan salah satu penyedia jasa PPC tersebut. Anda akan mendapatkan slot utama dalam pencarian search engine dengan harga yang telah ditentukan.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.