Peluang Usaha di Masa Pandemi COVID-19

Pandemi virus Corona membuat banyak sektor mengalami kerugian dan penurunan signifikan. Selain itu, virus ini telah menjadi pandemi global artinya telah meluas di berbagai negara bahkan menjangkit lebih dari dua juta orang dengan kematian lebih dari 400 ribu jiwa. Meskipun sektor bisnis lesu dan menurun, manusia selalu beradaptasi di segala keadaan. Beberapa ide peluang usaha di tengah wabah Covid-19 bisa dicoba untuk dilakukan.

Beberapa sektor mengalami penurunan signifikan bahkan tutup total tidak beroperasi. Contohnya adalah industri padat karya dan pariwisata. Perusahaan melakukan evaluasi dan meliburkan pekerjanya. Sebelum protokol kesehatan diperbaharui, mereka tidak boleh bekerja dan beroperasi.

Ingin meningkatkan follower Instagram Anda untuk meningkatkan penjualan? Cek beberapa tools IG rekomendasi kami →

Namun, masih ada sektor yang bertahan bahkan berkembang karena mampu menyesuaikan diri. Mereka adalah bisnis makanan dan minuman, digital, aplikasi dan komputer, dan beberapa sektor lain yang tidak berinteraksi langsung antar manusia.

Daftar Bisnis Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 membuat semua orang harus menjaga kesehatan. Mereka diwajibkan menerapkan social distancing serta selalu menggunakan masker dan mencuci tangan. Terdengar ribet dan tidak praktis tetapi sangat penting untuk mengurangi risiko. 

Semua bisnis yang mampu menyesuaikan dengan kondisi pandemi akan bertahan bahkan booming. Berikut ini beberapa bisnis yang dapat dipertimbangkan untuk dijalankan di saat pendami Covid-19.

Jual beli makanan pokok

Peluang bisnis masa pandemi yang paling mudah adalah jual beli makanan pokok. Tiga kebutuhan dasar manusia adalah sumber ide bisnis. Salah satunya pangan dan makanan pokok selalu dibutuhkan. Selama corona, harga akan naik di awal sebab masyarakat ingin membeli dan menyimpan di rumah.

Namun, Anda tidak perlu khawatir sebab stok makanan pokok selalu stabil. Anda bisa memulai bisnis ini dari sekitar rumah. Tetangga menitipkan pembelian makanan pokok kepada Anda. 

Makanan dan minuman ringan

Makanan masih menjadi bisnis yang selalu ada apapun kondisinya. Anda tidak lagi berkunjung ke restoran tetapi beberapa makanan dan minuman ringan dapat disantap di rumah.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Bisnis ini cocok untuk pemula karena tidak membutuhkan modal besar. Selain itu, makanan ringan dapat bertahan lama sehingga tidak perlu takut mengenai perputaran barang. Yang terpenting adalah Anda memilih makanan yang tepat dimana permintaan tinggi.

Makanan tersebut dapat berupa jajanan modern atau tradisional. Jika Anda memiliki resep dan kemampuan memasak. Masa pandemi ini adalah waktu yang cocok untuk berbisnis makanan. 

Makanan beku

Pandemi membuat orang enggan dan jarang keluar rumah. Namun, mereka tetap membutuhkan makanan. Tentu saja, makanan yang dimaksud tidak hanya bahan makanan pokok tetapi juga pelengkapnya. Inilah kesempatan untuk menjual makanan beku seperti bakso, daging, ikan, dan sebagainya.

Bahan makanan tersebut sudah diolah sedemikian rupa sehingga mampu bertahan lama. Pembeli cukup memanaskan lagi dan makanan siap disantap. Jenis makanan beku semakin bervariasi sehingga Anda mempunya banyak pilihan.

Makanan dan minuman kemasan

Salah satu peluang bisnis Covid-19 adalah makanan dan minuman kemasan. Anda suka kpi tetapi cafe yang sering dituju tidak lagi mengizinkan pembeli duduk dan minum di tempat. Mereka menyediakan kemasan khusus agar bisa dibawa pulang. Inilah contoh adaptasi paling nyata di masa pandemi.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Hampir semua restoran beralih ke bentuk kemasan untuk produk makanan dan minuman mereka. Pengunjung membeli langsung atau via online lalu menunggu kiriman. Tentu saja, produk tersebut sudah disesuaikan agar dapat dibungkus dengan aman dan terjamin.

Bisnis masker dan hand sanitizer

Jual hand sanitizer serta masker bisa jadi pilihan bisnis
Jual hand sanitizer serta masker bisa jadi pilihan bisnis

Selain bidang makanan dan kuliner, sektor lain mempunya peluang usaha yang menarik yaitu kesehatan. Perlu Anda ketahui, kesehatan tidak harus membuka klinik atau menjadi dokter. Hal-hal yang berhubungan dengan pandemi mampu dijadikan ladang bisnis.

Anda bisa terjun di bisnis jual beli masker dan hand sanitizer. Corona virus menyebar melalui droplet dari mulut dan hidung. Untuk pencegahan, semua orang wajib menggunakan  masker. Hal tersebut menimbulkan permintaan produk ini sangat tinggi. Harganya naik saat awal masa pandemi tetapi telah stabil. Namun, permintaan masih signifikan dan selalu ada.

Selain masker, Anda juga menjual hand sanitizer. Kita sering mengusap wajah dengan tangan sehingga menjadi sumber penyebaran. Agar tangan selalu bersih, cuci tangan dengan hand sanitizer sangat diwajibkan. Sama dengan masker, produk ini memiliki permintaan tinggi dan telah menjadi produk wajib di banyak tempat. 

Bisnis alat kesehatan ringan

Thermometer gun seperti ini saat ini banyak dicari
Thermometer gun seperti ini saat ini banyak dicari

Masa pandemi membutuhkan alat-alat kesehatan penunjang. Ide bisnis selanjutnya adalah jual beli alat kesehatan ringan. Contoh yang nyata adalah thermometer. Protokol kesehatan mewajibkan cek suhu tubuh sebelum masuk ke area tertentu.

Kantor, bank, sekolah, dan rumah sakit menggunakan termometer secara personal untuk mengecek orang-orang yang berkunjung. Selain itu, masyarakat juga bisa menggunakannya untuk kebutuhan di rumah. Termometer yang dimaksud tidak perlu dilekatkan di badan melainkan seperti sensor diarahkan ke kepala atau bagian tubuh yang tampak. Harganya sangat terjangkau dan permintaan tinggi.

Bimbingan belajar online

Kesehatan dan pangan adalah bidang dimana peluang bisnis masa pandemi selalu ada. Di sisi lain, kehidupan harus terus berjalan dan pendidikan tidak boleh terhenti. Kondisi saat ini membuat sekolah dan kampus diliburkan hingga pandemi berakhir. Pendidikan beralih menggunakan sistem online.

Namun, orang tua kesulitan mengontrol pola belajar dan tidak mampu menyediakan pendidikan yang sesuai di rumah. Untuk mengatasi hal ini, mereka mengikutsertakan anaknya ke bimbingan online. Anak mendapat materi pelajaran lebih komprehensif dan interaktif. Jika Anda mempunyai skill mengajar, bimbel online ini adalah peluang yang patut dipertimbangkan.

Jual beli produk digital

Produk digital sudah diperjualbelikan sejak lama. Contohnya banyak sekali seperti voucher game, poin dan reward, kupon, dan sebagainya. Di masa pandemi, orang lebih sering di rumah dan menghabiskan waktu dengan perangkat komputer termasuk smartphone. Mereka bermain game dan butuh voucher untuk upgrade.

Bisnis ini sangat tepat di masa sekarang karena permintaan kembali naik. Di masa normal, permintaan cenderung stabil tetapi melonjak saat banyak orang bermain game lebih lama. Produk digital bisa berupa kupon untuk pembelian tertentu. Contoh lain adalah layanan streaming berbayar dimana pengguna wajib membeli kupon VIP agar bisa mengakses tanpa iklan.

Marketing social media

Pengunjung internet semakin meningkat terutama sosial media. Orang lebih sering berselancar di sosial media untuk berbagai kebutuhan. Ini adalah masa yang tepat untuk terjun di bisnis marketing sosial media.

Seperti halnya iklan di televisi dan billboard pinggir jalan, sosial media memiliki eksposur yang tinggi. Peluang ini sebenarnya sudah lama ditangkap oleh marketing dan periklanan

Sejak sosial media menjadi terkenal, banyak produk dan perusahaan beralih ke platform ini untuk marketing. Anda bisa memasarkan produk apapun secara langsung kepada pengguna yang memiliki profile sesuai dengan target.

Penulis konten

Dengan menjadi penulis konten Anda bisa mendapatkan uang tambahan dari rumah
Dengan menjadi penulis konten Anda bisa mendapatkan uang tambahan dari rumah

Peluang usaha masa pandemi yang lain adalah pembuat konten atau content creator. Jika membahas ide ini, Anda pasti akan tertuju ke konten video dan podcast. Meskipun tampak sederhana, mereka yang terjun di bisnis ini membutuhkan dedikasi.

Orang lain melihatnya sebagai pekerjaan mudah. Namun, pembuat konten harus bekerja keras agar banyak orang menonton sehingga bisa memperoleh uang dari iklan. Selain video, konten podcast juga mulai naik daun. Konten ini mirip dengan rekaman radio berisi pembahasan suatu topik.

Anda bisa masuk ke bisnis ini sesuai dengan passion dan kemampuan. Cari niche dengan topik sangat spesifik yang masih jarang diminati. Dengan konten berkualitas, peluang Anda menjadi besar semakin tinggi.

Freelance

Istilah freelance mengacu ke banyak pekerjaan dimana pekerja menyelesaikan order sesuai dengan masa produksi produk. Contoh freelancer adalah desain grafis dan penulis. Klien memberi order desain dan freelancer mengerjakannya. Kontrak selesai saat produk sudah di tangan klien dan pembayaran telah dikirim.

Freelancer menjual jasa untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan klien. Selain desain grafis, masih banyak bidang lain yang dapat dimasuki sebagai freelance. Selama di rumah, Anda bisa melebarkan sayap dan mencoba peluang baru untuk menarik klien dengan kemampuan Anda.

Antar jemput barang

Anda ingin mengirim barang tetapi pandemi membuat aktivitas terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda menyewa jasa antar jemput barang. Mereka bersedia berjibaku di tengah jalan untuk mengantarkan barang dari klien sampai tujuan.

Bisnis ini mempunya peluang besar di masa pandemi. Selama Anda mampu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, bisnis ini bisa mendatangkan penghasilan yang lumayan besar. Tentu saja, perhatikan dulu semua perlengkapan dan cek kesehatan rutin. Selain itu, siapkan pula masker dan hand sanitizer untuk mencegah penularan cirus.

Hotel untuk WFH

Istilah work from home menjadi populer di masa pandemi. Perusahaan membuat aturan jika semua pekerjaan harus diselesaikan dari rumah. Tentu saja, kantor menjadi sepi dan hanya beberapa orang yang masuk itupun pekerja yang memang harus datang. Di sisi lain, pariwisata dan penginapan mengalami penurunan drastis.

Bagi pemilik hotel, pandemi bukan periode bagus untuk bisnis. Tentu saja, mereka harus memutar akal agar orang berkenan tinggal di hotel. Salah satunya adalah hotel untuk WFH dengan fasilitas lengkap. Bagi yang bosan suasana rumah, ide ini sangat menarik. Tinggal satu atau dua hari di hotel akan memberikan suasana yang berbeda.

Produk pakaian rumahan

Anda mengira produk fashion bukan bisnis menarik di masa pandemi. Sebaiknya, sandang dan fashion selalu beradaptasi. Kebutuhan dan permintaan menyesuaikan dengan kondisi saat ini. Anda bisa menjual pakaian rumahan seperti kaos dan lainya. Permintaan produk ini cukup tinggi sebab orang ingin merasa nyaman di rumah. 

Pulsa dan kuota internet

Pulsa dan internet menjadi kebutuhan pokok saat ini. Selama pandemi coronavirus, penggunaan internet meningkat dan pembelian pulsa juga mengalami peningkatan signifikan. Dari kondisi ini, Anda sudah melihat peluang bisnis yang dapat diambil di bidang tersebut. Keduanya adalah produk yang sedang naik daun bahkan dicari semua orang.

Smartphone dan laptop

Peluang usaha Covid-19 yang lain adalah smartphone dan laptop. Penjualan kedua naik karena banyak orang membutuhkan perangkat yang layak untuk bekerja. Mereka membeli laptop baru untuk bekerja di rumah.

Perusahaan mengalokasikan anggaran khusus untuk menunjang work from home bagi karyawannya. Tentu saja, hal ini membuat permintaan semakin tinggi dan Anda melihatnya sebagai peluang usaha.

Kata Penutup

Suasana sulit membuat usaha dan bisnis menurun drastis. Tidak ada penjualan dan pembelian sehingga bisnis terhenti.  Kondisi ini tidak selamanya karena manusia selalu beradaptasi dan memunculkan ide baru untuk menyesuaikan diri.

Hal yang sama terjadi pada peluang usaha masa pandemi. Penjualan barang dan jasa tidak lagi secara langsung tetapi melalui online. Penggunaan internet meningkat sehingga ada peluang marketing dan iklan.

Semua ide diatas layak dicoba bagi mereka yang ingin bertahan dan memulai bisnis selama pandemi Covid-19.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.