9 Tips Belanja Aman di Toko Online atau Marketplace

Bagi Anda yang sangat hobi berbelanja di online shop sangat perperlu memahami tips belanja aman di online shop sehingga Anda tidak mudah tertipu atau dirugikan dengan transaksi penipuan.

Dengan semakin maraknya orang yang berkecimpung di bisnis online khususnya dalam membuat toko online, jika tidak hati-hati sebagai konsumen bisa-bisa kita terjerembab di dalam modus penipuan sebagian kecil orang yang berniat jahat.

Tidak dapat dipungkiri, toko online saat ini jumlahnya sangat banyak, apalagi saat ini didukung oleh semakin maraknya marketplace besar yang memudahkan orang membuat toko online.

Toko online atau online shop memang menawarkan berbagai barang yang menarik dan kemudahan dalam transaksi. Pembeli akan semakin dimudahkan dengan fitur-fitur yang ada.

Akan tetapi, hal ini juga dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan orang lain.

Berikut adalah beberapa tips dari tim Cepatlakoo untuk berbelanja aman di online shop maupun marketplace:

1. Pilihlah marketplace yang terpercaya

Marketplace atau pasar online saat ini sudah diserbu ribuan orang yang membuka toko online disana. Sebelum memilih toko online yang akan Anda beli produknya, ada baiknya Anda memeriksa keamanan situs web marketplace tersebut.

Salah satu indikator sederhana keamanan situs web adalah adanya tanda gembok pada adress bar di broswer Anda. Tanda tersebut memastikan bahwa web tersebut aman dan terenkripsi.

Anda dapat melakukan riset sederhana terhadap situs web dengan menghubungi kontak yang tersedia pada web tersebut atau dengan mencari ulasan (review) web tersebut.

Jika web mendapat ulasan yang baik dan rating bagus, maka website marketplace tersebut dianggap aman oleh para pengunjungnya.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang

2. Periksa dan baca deskripsi produk dengan cermat

Setelah mendapatkan web marketplace yang terpercaya, carilah toko terpercaya yang menyedikan produk dengan deskripsi yang lengkap.

Deskripsi produk lengkap menunjukkan profesionalitas dan kesungguhan penjual dalam memasarkan produknya ke calon penjual.

3. Cek ulasan pembeli sebelumnya

Cek ulasan pembeli sebelumnya, sebelum Anda bertransaksi

Pada beberapa toko online khususnya marketplace biasanya mereka menampilkan ulasan dari pembeli sebelumnya terhadap produk yang mereka jual.

Tidak ada salahnya Anda membaca terlebih dahulu ulasan-ulasan ini sebelum Anda memutuskan membeli pada toko online tersebut.

Jika dirasa ulasan-ulasan yang diberikan mayoritas positif, maka Anda bisa melanjutkan proses transaksi di toko tersebut.

4. Jangan mudah tergoda harga murah

Barang dengan harga terlampau murah dibanding harga pasaran sangat menggoda para calon pembeli. Apalagi jika pembeli sedang sangat membutuhkan barang tersebut.

Jangan mudah terkecoh dengan harga miring ini karena berpotensi penipuan. Carilah harga yang murah namun masih dalam batas kewajaran dari harga pasar pada umumnya.

5. Lengkapi pc / laptop Anda dengan pengaman

Internet yang semakin canggih memungkinkan para peretas dapat membobol PC atau laptop Anda melalui transaksi yang Anda lakukan di website toko online.

Peretas dapat menyusupkan virus atau malware berbahaya untuk PC Anda. Pastikan PC Anda memiliki aplikasi anti virus yang update untuk menangkal virus dan malware ini.

6. Bijak menentukan cara pembayaran

Pembayaran di toko online banyak ragamnya. Anda dapat menggunakan kartu kredit, transfer, pembayaran digital maupun COD (cash on delivery).

Semua memiliki kelebihan dan kekurangan. Cara pembayaran paling aman adalah dengan COD atau pembayaran ketika barang sudah sampai di tempat Anda.

7. Cek kembali total harga saat checkout

Cek dan ricek total transaksi

Seringkali ketika membeli barang, apalagi barang dalam jumlah banyak dan bermacam-macam, jarang ada yang meneliti kembali dengan cermat tagihan yang diberikan.

Meskipun sudah terkomputerisasi, tidak ada salahnya jika Anda menghitung kembali total harga dari barang-barang yang Anda beli. Hal ini untuk menghindari jumlah total harga yang tidak sesuai dengan pembelian.

8. Simpan data dan bukti transaksi

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika berjual beli online adalah kepercayaan antara penjual dan pembeli. Pembeli akan mentransfer dulu uang pembayaran, kemudian penjual mengirim barangnya.

Pembeli harus mengantongi bukti pembayaran dan menyampaikannya kepada penjual agar penjual percaya.

9. Pakailah rekening bersama

Beberapa marketplace menyediakan rekening bersama dalam proses pembayaran dan transaksi jual beli antar penggunanya. Rekening bersama digunakan untuk menampung sementara uang yang dibayarkan oleh pembeli.

Jika barang sudah sampai ke tempat pembeli, maka uang yang ada di rekening bersama akan ditransfer ke rekening penjual. Hal ini akan meminimalisir penipuan.

Demikian beberapa tips dari kami mengenai keamanan dalam melakukan transaksi pembelian di toko online. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

1 Comment

  • Rizka Khumairoh

    Terimakasih sharing informasinya, salam sukses..

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.