Pengertian Motivasi, Tujuan Serta Jenisnya

Setiap dari Anda tentu butuh motivasi agar gairah dan semangat hidup tetap tinggi. Lalu apa sih pengertian motivasi itu sendiri? Motivasi adalah sebuah tambahan daya atau energi pada seseorang untuk melakukan suatu tindakan lebih agar segala tujuan bisa tercapai.

Sebuah motivasi dapat hadir baik datang dari diri sendiri maupun terinspirasi dari individu lain. Ketika Anda mendapatkan motivasi tentu segala aktivitas akan dilakukan secara sukarela dan tanpa paksaan.

Ingin meningkatkan follower Instagram Anda untuk meningkatkan penjualan? Cek beberapa tools IG rekomendasi kami →

Untuk membuat Anda lebih paham maka di bawah ini akan dihadirkan penjelasan lengkap mengenai definisi, fungsi serta jenis-jenis dari motivasi itu apa saja.

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Uno

Pengertian menurut para ahli pertama datang dari Uno yang mengatakan bahwa motivasi merupakan tambahan dorongan secara pribadi yang membuat individu terkait lebih termotivasi dan memiliki semangat berlebih untuk mencapai tujuan yang di impikan.

Henry Simamora

Motivasi ialah suatu kesadaran tentang kinerja yang maksimal akan menghasilkan imbalan dan hasil yang memuaskan. Anda sepenuhnya sadar bahwa usaha keras, fokus dan disiplin mampu menunjang hasil yang sesuai keinginan.

Weiner

Pengertian motivasi kerja menurut Weiner adalah kesadaran setiap individu untuk memberikan dorongan pribadi agar lebih tertarik untuk melakukan suatu tindakan.

Misalnya ketika memimpikan suatu hal maka Anda akan segera menyusun rencana tindakan untuk menggapai impian yang diinginkan.

Robbins and Judge

Menurut dua peneliti ini, motivasi diartikan sebagai proses yang menerangkan tentang suatu usaha seseorang dalam menggapai impiannya.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Edwin B. Filippo

Menurut Edwin B. Filippo, motivasi ialah suatu kemampuan untuk membentuk mental dan mengarahkan pegawai agar dapat bekerja dengan penuh semangat serta semakin termotivasi agar jalannya organisasi tetap terarah. Pendapat ini lebih mengacu pada pengertian motivasi kerja yang mana mampu memberikan dorongan moral kepada karyawan.

G.R. Terry

Motivasi menurut G.R. Terry ialah sebuah keinginan yang harus direalisasikan dengan usaha maksimal agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

Pendapat ini bisa dikaitkan dengan pengertian motivasi belajar yang mana bila Anda ingin mendapatkan nilai yang baik maka harus berusaha maksimal dengan cara tekun belajar.

Sunyoto Danang

Motivasi dapat diartikan sebagai suatu tambahan semangat yang muncul agar individu terkait lebih bergairah dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Seseorang yang memiliki motivasi kuat akan selalu berusaha menyusun siasat agar impian yang dihendaki bisa tercapai.

Thomas M Risk

Berbeda dengan para ahli lain, Thomas M Risk memberikan pendapat mengenai pengertian motivasi belajar. Thomas mengatakan bahwa motivasi merupakan usaha yang dilakukan guru dengan cara memberikan dorongan kepada siswa agar dapat mendapat meraih tujuan maksimal selama bersekolah.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Victor H. Vroom

Menurut Victorr H. Vroom, sesuatu dapat dikatakan motivasi ialah ketika seseorang melakukan suatu tindakan yang dipercaya dapat membantu mendapatkan hasil yang di inginkan. Misalnya bila ingin mendapatkan nilai ujian yang bagus maka Anda tidak boleh bermalas-malasan dalam belajar.

Fungsi dan Tujuan Motivasi Dalam Diri

Setelah membahas seputar pengertian motivasi menurut para ahli. Kini Anda juga harus tahu mengenai fungsi dan tujuan motivasi dalam diri. Kebanyakan dari Anda pasti paham mengenai tujuan munculnya motivasi.

Mengingat motivasi menjadi dorongan tambahan setiap individu dalam meraih setiap impian yang ingin di capai. Namun fungsi dari motivasi tidak hanya itu, masih banyak tujuan dan fungsi lain yang sangat penting. Simak di bawah ini:

1. Memiliki skala prioritas

Motivasi penting, agar Anda tidak berhenti di tengah jalan
Motivasi penting, agar Anda tidak berhenti di tengah jalan

Setiap manusia pasti memiliki rancangan kegiatan serta keinginan sehari-hari mengenai apa yang harus dilakukan. Nah bagi Anda yang memiliki motivasi akan lebih pintar membedakan mana kegiatan yang penting serta mana yang tidak penting.

Kegiatan yang  tidak penting di prioritaskan kembali mengingat tidak berpengaruh dalam meraih impiannya. Sedangkan kegiatan yang penting tentu lebih di pilih untuk dilakukan karena menunjang keberhasilan tujuan Anda. 

2. Lebih Cepat Tanggap

Anda yang termotivasi tidak hanya dapat memilih kegiatan yang harus di prioritaskan. Anda juga akan terpacu untuk melakukan sesuatu dengan cepat dan tanggap.

Individu yang termotivasi lebih cenderung ingin menggapai tujuannya dengan cepat tanpa membuang banyak waktu. Bila sudah begitu maka tidak akan membuang-buang waktu lagi untuk urusan yang tidak penting.

3. Menentukan arah perbuatan

Anda yang termotivasi tentu akan memiliki tujuan hidup yang terarah. Tujuan hidup itu sendiri bisa di bagi menjadi dua antara lain tujuan positif maupun negatif.

Anda tentu bisa membedakan mana yang harus di ikuti mana yang tidak. Motivasi yang baik akan menuntun individu untuk meraih tujuan hidupnya secara positif.

4. Lebih Produktif

Motivasi bisa membuat Anda tetap produktif
Motivasi bisa membuat Anda tetap produktif

Motivasi yang hadir dapat membuat seseorang lebih semangat dalam berbagai hal. Anda jadi tidak suka malas-malasan melainkan sering berusaha keras. Hasil yang akan di dapat pun akan sangat positif. Anda menjadi lebih produktif dalam melakukan setiap kegiatan yang benar-benar penting dalam rangka menggapai impian pribadi.

5. Menumbuhkan Sikap Kreatif

Seseorang yang produktif tentu tidak suka membuang waktu secara cuma-cuma. Anda lebih suka memanfaatkan waktu yang ada untuk kegiatan positif yang menunjang masa depan. Jiwa kreativitas pun akan muncul dengan gairah dan semangat tinggi yang terus tertanam dalam diri.

6. Mampu memberi dorongan semangat terhadap karyawan

Seorang pengusaha yang memiliki motivasi tinggi tentu mampu bersikap kompeten, disiplin dan bekerja keras. Sikap baik tersebut tentu akan secara tidak langsung menjadi dorongan karyawan lain untuk terus memberikan yang terbaik. 

7. Memiliki rasa tanggung jawab tinggi

Motivasi yang terus mengalir tentu membuat Anda tahu mana yang wajib dilakukan dan mana yang kurang penting. Setiap tugas penting akan selalu diutamakan terlebih dahulu di atas kepentingan lain. Hal itu membuat Anda akan dikenal sebagai seorang yang bertanggung jawab akan tugas dan kewajiban.

Jenis-Jenis Motivasi 

Secara psikologi, jenis motivasi dapat dibagi menjadi dua hal yakni motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Di bawah ini penjelasan lengkapnya:

Motivasi Intrinsik

Motivasi intrinsik ialah motivasi yang tumbuh tanpa adanya dorongan luar. Motivasi jenis ini lahir dari keinginan pribadi setiap individu dan tanpa adanya paksaan. Anda terdorong melakukan sesuatu secara sukarela karena benar-benar menikmatinya.

Contoh simpelnya yakni bila Anda gemar membaca buku maka tidak perlu menunggu seseorang untuk memerintah Anda untuk membaca buku tersebut. Individu tersebut akan membaca karena memang senang.

Bila diumpamakan sebagai seorang siswa maka bisa diumpamakan ketika seseorang siswa tertarik belajar karena sadar akan pentingnya ilmu yang bisa di peroleh. Siswa tersebut sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan yang harus di pelajar yang juga bisa diterapkan di kehidupan.

Jadi Anda tidak perlu dipaksa terlebih dahulu karena memang sudah terdorong dalam hati untuk selalu belajar agar mendapatkan ilmu pengetahuan serta nilai yang memuaskan.

Motivasi Ekstrinsik

Jenis motivasi ini berbeda dari tipe sebelumnya. Motivasi intrinsik lahir secara sukarela akibat keinginan pribadi dalam menggapai tujuan sedangkan motivasi ekstrinsik disebabkan rangsangan dari faktor dari luar yang muncul.

Pengaruh dari luar demikian bisa diperoleh setelah melihat orang lain dalam melakukan sesuatu yang kemudian diterapkan untuk keuntungan pribadi. Misalnya seorang karyawan yang bersaing satu sama lain agar karier yang di miliki terus meningkat atau demi meningkatkan jabatan.

Jika diumpamakan seperti siswa maka dapat di contohkan ketika Anda mau belajar karena besok ada ulangan. Niat belajar muncul agar mendapatkan nilai yang memuaskan. Dengan begitu teman-teman, ibu, ataupun anggota keluarga lain akan bangga melihat hasil ujian Anda. Jadi yang benar-benar termotivasi ialah keinginan mendapatkan nilai yang baik agar di puji. Bukan masalah benar-benar ingin mendapatkan ilmu dari yang dipelajari.

Kata Penutup

Itu dia penjelasan lengkap mengenai pengertian motivasi, jenis serta tujuannya. Setiap dari Anda tentu butuh motivasi sebelum melakukan sesuatu. Sebuah motivasi seperti halnya pemacu dalam Anda bertindak.

Individu terkait juga akan lebih bersemangat dalam menggapai tujuan dan cita-citanya. Oleh karena itu, pastikan diri Anda memiliki motivasi positif yang cukup agar memperoleh semangat lebih untuk menggapai segala tujuan yang diinginkan.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.