Tips Memasang Iklan di Instagram untuk Promosi Jualan Anda

Bagi Anda yang menekuni usaha atau bisnis di bidang jual beli, promosi produk/jasa jualan Anda merupakan komponen penting untuk meraup untung yang besar.

Kini, Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mencetak brosur karena Anda bisa beriklan melalui salah satu media sosial favorit para pengguna internet yakni Instagram.

Mengapa Pilih Instagram?

Pada pertengahan tahun 2018, Instagram tercatat memiliki pengguna aktif sebanyak 1 miliar. Karena itu, bila menggunakan Instagram sebagai media promosi, maka calon konsumen yang bisa Anda jangkau semakin banyak.

Meskipun sebagian orang menganggap jenis produk tertentu saja yang cocok diiklankan di Instagram—misalnya busana dan kuliner, tetapi nyatanya produk bisnis lainnya pun layak untuk dipromosikan di media sosial yang satu ini selama strategi marketingnya tepat.

Cara Beriklan di Instagram

Langkah pertama untuk memasang iklan di Instagram untuk promosi jualan yakni memiliki akun Facebook Business Manager. Sebagai informasi, Facebook Business Manager merupakan sistem yang diciptakan untuk mengontrol iklan di Facebook dan Instagram. 

Mendaftar Akun Business Manager di Facebook

Tampilan halaman Facebook Business Manager

Bila belum memiliki akun Facebook Business Manager, Anda dapat mendaftarkannya melalui laman https://business.facebook.com. Jika sudah, langsung hubungkan profil Instagram Anda ke akun Facebook Business Manager.

Tentukan Target Audience Produk

Sebelum memasang iklan tentukan dahulu audience (pemirsa) dari iklan Anda nantinya. Pastikan audience yang ditarget memang cocok dengan produk Anda.

Kalau salah target, tidak hanya produk Anda kecil kemungkinannya dilihat oleh orang yang sesuai dengan market produk Anda, Anda juga hanya akan membuang-buang uang saja dengan masang iklan.

Jika misalkan Anda menjual produk berupa korset untuk ibu hamil maka jika di breakdown audiencenya saat pasang iklan adalah seperti ini:

Contoh targeting iklan di Business Manager
  • Wanita
  • Baru saja menikah (antara 3 bulan hingga 1 tahun)
  • Orang tua baru (baru saja menjadi orang tua dalam 1 tahun terakhir)
  • Usia 25-35 tahun
  • Tertarik dengan segala sesuatu tentang kehamilan
  • Bisa djuga ditambahkan filter lain semisal suka online shopping dan membuka Instagram menggunakan koneksi WIFI.

Pastikan pada pilihan Platform Anda mencentang opsi Instagram (Feed atau Insta Story) agar iklan Anda tampil di Instagram. Jangan harap iklan Anda akan muncul di Instagram jika opsi ini tidak dicentang.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →
jangan lupa dicentang opsi Instagram pada pilihan Platform

Setting Akun Instagram

Jika kedua akun sudah siap digunakan, langkah berikutnya adalah klaim untuk beriklan di Instagram. Pada tahap ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk tab business settings lalu pilih Instagram accounts yang berada di sebelah kiri.

Klik tombol claim new Instagram account, lalu login dengan akun Anda. Setelah itu, assign ad accounts ke Instagram, kemudian ad accounts. Akun Instagram Anda pun siap digunakan untuk beriklan.  Karena fitur instagram ini masih cukup baru,  beberapa akun harus menunggu konfirmasi terlebih dahulu.

Memaksimalkan Daya Tarik Instagram 

Untuk memaksimalkan daya tarik konsumen terhadap iklan yang Anda buat, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Membuat Nama Akun yang Relevan dan Menarik

Saat meregistrasikan akun baru untuk mempromosikan jualan, gunakan nama yang mencerminkan jenis produk/jasa Anda.

Akan ada nilai tambah jika menggunakan nama brand produk yang Anda jual, @bajubayi misalnya. Selain membangun citra diri sebagai usaha yang profesional, orang akan semakin mudah tahu tentang jenis bisnis yang Anda geluti. 

Deskripsi Bio

Jangan menulis deskripsi bio yang terlalu berlebihan. Beberapa informasi yang wajib Anda sertakan dalam akun Instagram bisnis Anda yakni deskripsi singkat produk atau bisnis, kontak, serta alamat website. 

Buat tampilan profil semenarik mungkin

Meskipun banyak yang berpendapat menulis hastag pada deskripsi bio bisa meningkatkan jangkauan promosi, namun nyatanya tak ada pengaruh. Malah, akun bisnis yang menempatkan hastag terlalu banyak, cenderung terlihat seperti akun abal-abal. 

Foto Profil

Alangkah baiknya menggukan logo produk yang akan dijual sebagai foto profil. Ini akan memudahkan calon konsumen untuk mengenali akun Anda.

Konten 

Konten yang meliputi foto maupun video berperan penting dalam meningkatkan daya tarik iklan di Instagram. Dengan banyaknya penjual yang beriklan di Instagram, akan sulit untuk menarik perhatian netizen tanpa konten yang impresif. Sebisa mungkin, tampilkan bisnis Anda dengan cara yang unik. 

Selain isi konten, jumlah konten yang Anda publikasikan juga harus diperhatikan.  Jangan memposting terlalu banyak dalam interval waktu yang berdekatan, karena dapat memenuhi feed Instagram follower Anda.

Mereka bisa saja merasa jengkel dan akhirnya berhenti mengikuti akun Anda. Tapi, Anda bisa tetap mengungah banyak foto atau video dalam 1 kali unggahan iklan dengan menggunakan fitur Carousel.

Caption

Tulislah caption yang efektif dan menonjolkan produk yang Anda jual.  Alih-alih menyampaikannya dengan kaku, tulislah caption yang komunikatif dengan gaya bahasa yang menyesuaikan dengan target konsumen Anda.

Bila masih kesulitan membuatnya sendiri, Anda dapat menggunakan jasa penulisan caption di Instagram yang kini banyak tersedia. 

Hashtag

Hashtag sangat membantu Anda selaku penjual untuk “merapikan” postingan ke dalam kategori tertentu. Lewat fitur ini, pengguna Instagram dapat dengan mudah menemukan akun Anda. 

Sebelum membuat hashtag, pastikan hashtag tersebut relevan dengan keyword serta fokus kepada bisnis yang sedang dipromosikan.  Jadi hindari menambahkan hashtag#tagsforlikes atau #followforfollow di konten Anda. Batasi juga jumlah hashtag karena itu justru membuat brand Anda terlihat buruk. 

Kapan Waktu Yang Baik Untuk Menayangkan Iklan di Instagram?

Waktu tayang iklan harus diperhatikan dengan baik

Instagram memiliki algoritma terbaru, yakni mengurutkan unggahan berdasarkan jenis konten yang paling sering dilihat viewers. Semakin sering pengguna Instagram berinteraksi dengan konten Anda, semakin iklan Anda berpontensi untuk muncul di feed akun yang bersangkutan.

Adapun berdasarkan riset, waktu terbaik untuk memasang iklan di Instagram untuk promosi jualan adalah pada hari Senin sampai Kamis. Anda dapat mengunggahnya kapan saja kecuali pukul 15.00 hingga 16.00.

Lain halnya dengan konten video, Anda bisa mengunggahnya sekitar pukul 21.00 hingga 08.00. Namun, ada pula yang menganggap waktu paling baik untuk mengunggah iklan Instagram, yaitu pada pukul 02.00 hingga 17.00  serta pada hari Rabu pukul 19.00.

Instagram sangat mungkin digunakan untuk semua jenis bisnis namun cara penyampaiannya yang berbeda.

Ingat! Tak ada hasil yang instan karena itu Anda harus tekun dan selalu belajar untuk membuat iklan yang berkualitas. Selama proses promosi di Instagram dilakukan dengan langkah yang benar, maka akan mampu meningkatkan penjualan produk secara maksimal. 

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.