15 Ide Bisnis Waralaba Untuk Investasi Anda Berikutnya

Bisnis waralaba yang lebih sering dikenal sebagai bisnis franchise merupakan opsi aman untuk para pemula dalam memulai bisnis.

Sekarang ini banyak jenis bisnis franchise yang ditawarkan dengan konsep kekinian sehingga anak muda memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensi bisnisnya.

Sistem bisnis franchise membuat keuntungan tidak hanya didapatkan pelaku bisnisnya, namun juga tentu oleh perusahaan waralaba itu sendiri.

Untuk pebisnis yang memilih waralaba, tidak harus mencari pasar lagi. Untuk perusahaan waralaba akan mendapatkan keuntungan dengan adanya pembelian merek.

Bisnis Waralaba di Masa Sekarang

Bisnis franchise bisa dibilang sebagai bisnis yang banyak digemari di masa sekarang ini karena Anda tinggal menyediakan tempat, sementara semua alat dan bahan usaha sudah disediakan perusahaan.

Anda tinggal memberikan modal di awal saja dan menyediakan tenaga untuk menjalankan usahanya.

Mengikuti perkembangan zaman, ada banyak jenis bisnis franchise yang bisa dijalankan oleh tidak sedikit orang. Berbagai bisnis tersebut bisa berupa bisnis minuman, bisnis makanan, bisnis bahan bakar, bisnis laundry, bisnis kecantikan atau kesehatan, bisnis pendidikan, dan banyak lagi jenis franchise lainnya.

Untuk memperjelas pemahaman, di bawah ini ada beberapa bisnis waralaba yang bisa dijalankan, yakni:

Waralaba Minuman

Berikut adalah beberapa ide bisnis waralaba minuman yang bisa Anda pertimbangkan untuk investasi berikutnya:

1. Cendol Dawet

Bisnis cendol dari Cendolin (aspirasionline.com)
Bisnis cendol dari Cendolin

Minuman cendol dawet adalah minuman klasik yang sedari dulu sudah dikenal di Indonesia. Peminat untuk minuman ini dimulai dari anak kecil sampai bahkan orang tua.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Nyaris semua orang pasti tahu seperti apa cendol dawet yang akrab dengan gula merah dan santan. Tidak sulit untuk mencari pasarnya.

Terlebih jika Anda memanfaatkan merek yang sudah terkenal untuk dijadikan sebagai ladang usaha.

Pembeli yang biasanya melakukan transaksi di tempat berjualan orang lain bisa jadi beralih ke tempat Anda jika lokasinya lebih dekat dengan mereka atau marketing produk Anda bagus dan menarik.

Waralaba yang bisa dicoba:

2. Cappucino Cincau

Bisnis Cappucino Cincau
Bisnis Cappucino Cincau (cappucinocincaujakarta.com)

Minuman cappuccino cincau juga bisa dibilang bukan bisnis baru di dunia waralaba. Meskipun sekarang banyak bermunculan minuman kekinian, namun fans cappuccino cincau sepertinya masih ada.

Rasa segar dan kesan modern dari cappuccino yang dipadukan dengan cincau meninggalkan kesan unik.

Usut punya usut, untuk membuka usaha waralaba cappuccino cincau ini tidak membutuhkan biaya mahal, apalagi jika Anda sudah memulai dari dulu.

Hanya dibutuhkan dana kurang dari 10 juta, Anda sudah mendapatkan beragam fasilitas, diantaranya booth, bahan-bahan, alat-alat, dan lain-lainnya.

Sayangnya, saat ini trend untuk bisnis Cappucino Cincau semakin menurun. Kemungkinan karena pasar sudah terlalu jenuh atau terlalu saturated.

3. Bubble Tea dan Boba

Bisnis franchise Bubble Tea trendnya masih sangat bagus
Bisnis franchise Bubble Tea trendnya masih sangat bagus (food.detik.com)

Bubble tea merupakan minuman yang saat ini banyak digandrungi kalangan millennial. Alih-alih pergi ke mall untuk meminum segelas bubble tea dengan harga di atas 50.000, Anda bisa membuat opsi yang sama melalui menjual bubble tea di pinggir jalan dengan penawaran harga yang di bawah rata-rata.

Untuk merealisasikan usaha ini, tidak membutuhkan langkah rumit karena Anda tinggal menyediakan uang sesuai dengan paket yang diambil.

Berbeda harga paket, berbeda pula fasilitas yang didapatkan. Besaran modal bergantung pada apakah Anda dapat fasilitas booth atau dapat fasilitas kedai bubble tea.

Franchise yang bisa Anda pertimbangkan:

4. Sari Tebu

Jika kerap menyaksikan penjual tebu yang berkeliling menggunakan motor bak, ternyata usaha ini juga termasuk salah satu bisnis waralaba masa kini.

Tebu adalah bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan gula putih. Rasa alami dari tebu akan lebih nikmat apabila dimakan langsung dari sarinya.

Dilihat dari harga jual dan proses pembuatannya yang mudah, tidak dibutuhkan modal besar untuk menjalankan bisnis satu ini.

Yang terpenting adalah Anda harus tahu di mana saja titik keramaian konsumen untuk memastikan bahwa aksi keliling menjual sari tebu yang Anda lakukan tidak sia-sia.

Franchise sari tebu yang tersedia:

5. Kedai Kopi

Coffee shop semakin menjamur di kota-kota besar Indonesia
Coffee shop semakin menjamur di kota-kota besar Indonesia

Kopi sepertinya akan selalu menjadi minuman yang digemari segala kalangan usia maupun gender.

Tidak heran kalau usaha waralaba kedai kopi akan selalu menjanjikan keuntungan, asalkan Anda mengelolanya dengan baik. Beragamnya variasi kopi membuat semua orang bisa menikmati rasa kopi.

Jika kopi yang diperjualbelikan di warung kopi dulu identik dengan kopi hitam atau kopi susu saja, tidak demikian dengan penawaran kopi di zaman sekarang.

Belum lagi kalau Anda memiliki kemampuan art di atas cangkir kopi, hal detail seperti ini bisa menambah banyak pengunjung datang ke kedai kopi Anda.

Waralaba yang bisa dicoba:

Waralaba Makanan

Lebih tertarik dengan bisnis makanan? Coba simak beberapa ide bisnis waralaba di bidang makanan yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Kebab

Container Kebab oleh Baba Rafi
Container Kebab oleh Baba Rafi (bisniswaralaba.id)

Makanan khas timur tengah ini merupakan salah satu jajanan lezat nan sehat yang bisa dinikmati tanpa harus Anda datang ke restoran timur tengah.

Banyak penjual kebab di pinggir jalan yang biasanya menambahkan beragam menu, seperti hot dog, burger, roti shawarma, atau variasi black kebab turki.

Perpaduan roti khas Turki, mayonnaise, saus sambal/tomat, sayuran, daging, dan lain-lainnya menghadirkan sensasi rasa yang menyenangkan di lidah. Dengan harga jual belasan ribu rupiah saja Anda sudah bisa menarik banyak pengunjung untuk datang ke tempat Anda menikmati sepotong kebab.

Franchise kebab yang bisa dipertimbangkan:

2. Fried Chicken

Jenis bisnis ini nyaris sama seperti bisnis kopi, yakni tidak akan lekang oleh waktu. Siapa saja pasti suka ayam goreng tepung, apalagi kalau Anda memiliki cita rasa yang khas dan penawaran promosi yang menarik.

Semua orang suka makan ayam dan akan lebih baik jika Anda menambahkan menu lainnya.

Misal, Anda bisa menginovasi penjualan dengan menyediakan menu minuman, menu tambahan seperti perkedel, kentang goreng, kulit krispi, dan lainnya.

Mempertahankan rasa saja terkadang belum cukup untuk jenis makanan ini, Anda juga harus benar-benar menciptakan tepung yang krispi pada ayam.

Waralaba yang bisa jadi opsi dan bahan pertimbangan Anda:

3. Sosis Bakar

Ini juga termasuk kudapan yang tidak kalah merajalela dibandingkan berbagai camilan lainnya.

Rasa klasik sosis yang dilumuri bumbu lalu dibakar dan ditaburi saus sambal serta mayonnaise menghadirkan sensasi nagih di lidah setiap orang. Menjual sosis bakar di event kampus biasanya kesempatan yang pas.

Sosis yang terbuat dari daging sapi atau daging ayam giling akan terasa lumer di lidah ketika sudah dibakar dan dibumbui. Serat-serat sosis membuat sensasi menyenangkan ketika digigit.

Dengan harga jual mulai dari belasan ribu sampai puluhan ribu, waralaba sosis ternyata tidak membutuhkan dana besar.

4. Jamur Krispi

Jamur krispi adalah camilan kekinian yang bisa dijadikan teman santai, di samping kentang goreng atau keripik kentang.

Kedengarannya sederhana, yakni membuat jamur krispi bisa dilakukan di rumah saja sendirian. Namun, faktanya tidak semua orang berhasil menjadikan tekstur jamur menjadi kres krispi.

Kesalahan langkah pembuatan serta kesalahan pembuatan adonan tepung bisa menjadi faktor utamanya. Lain hal jika Anda memercayakan usaha jamur krispi dari sistem waralaba saja, bukan hanya rasanya yang pas, namun juga Anda diberikan ilmu untuk membuat tepung yang benar-benar krispi.

5. Takoyaki

Takoyaki merupakan makanan khas Jepang yang tidak sedikit diminati oleh banyak orang. Tapi, ini bukan takoyaki isi sebulir sosis dan dominasi tepung terigu, ya.

Bisnis takoyaki di dunia waralaba tentunya mengusung rasa takoyaki asli, yakni takoyaki yang setidaknya memberikan menu adonan gurita.

Menemukan takoyaki di restoran jepang adalah hal lumrah, namun dengan adanya layanan franchise, Anda bisa banyak menemukan takoyaki di pinggiran jalan dengan harga lebih bersahabat, tentunya.

Penjual takoyaki biasanya memberikan varian isian lain, seperti keju, sosis dengan porsi wajar, dsb.

Waralaba Lain-lain

1. Pertamini

Pernahkah Anda menemukan orang yang menjual bahan bakar dengan tulisan pertamina? Ya, bisnis seperti ini tidak asal dijalankan selayaknya bisnis bensin eceran di warung-warung.

Pertamini atau Pertamina Mini merupakan usaha resmi yang dijalankan dengan Anda bekerja sama bersama pertamina.

Untuk kisaran modal yang dikeluarkan beragam, ada yang lebih murah, ada yang lebih mahal, bergantung dari paket pilihan Anda.

Untuk harga jual ke konsumen, tentunya mengikuti harga jual yang sudah disepakati. Anda bisa mengambil untung sekaligus memudahkan orang mengisi bahan bakar.

2. Laundry

Laundry juga bisa menjadi ide bisnis waralaba untuk dijalankan di berbagai tempat strategis.

Anda yang memiliki tempat usaha di dekat kampus, perkantoran, atau tempat umum lainnya akan mendapatkan banyak keuntungan dari usaha laundry. Sebab kemungkinan besar orang sibuk tidak ada waktu mencuci.

Waralaba laundry lebih memudahkan Anda untuk mempersiapkan alat dan bahan hanya dengan satu kali pembayaran saja.

Lain kalau Anda mencoba membuka usaha sendiri, persiapannya lebih rumit dan membutuhkan waktu lebih lama. Sebab segala sesuatunya dipersiapkan satu demi satu secara sendiri.

3. Klinik Kecantikan

Nyaris semua orang di masa sekarang ini menjalani perawatan kulit serta wajah, termasuk para pria juga.

Semakin banyaknya minat atau kesadaran diri untuk merawat tubuh serta wajah ini bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk dijadikan peluang usaha dengan membuka klinik kecantikan terpercaya.

Tentu saja harus yang terpercaya, karena perawatan kulit serta wajah merupakan aksi sensitif, salah-salah malah terjadi kerusakan pada kulit serta wajah.

Bukan hanya materialnya yang wajib diperhatikan, namun kredibilitas perusahaan kecantikan yang menyediakan layanan franchise juga wajib diperhatikan.

4. Tempat Les

Siapa bilang waralaba hanya berkaitan dengan produk yang bisa dimakan atau produk yang hanya memberikan keuntungan tanpa manfaat?

Sebab saat ini Anda juga bisa menjalankan bisnis franchise yang memberikan manfaat baik untuk banyak orang, dengan salah satunya membuka usaha tempat les.

Usaha tempat les yang dibuka bisa beragam, tapi biasanya yang menjadi favorit adalah tempat les bahasa Inggris.

Di luar itu, Anda juga bisa menjalankan les bahasa Arab, bahasa Mandarin, atau tempat les membaca menulis dan menghitung untuk anak-anak, seperti anak tk yang hendak masuk ke sekolah dasar.

5. Tour dan Travel

Terakhir pada pembahasan kali ini kita akan mencari tahu jenis waralaba lain yang juga menguntungkan di dunia tour dan travel.

Untuk membuka bisnis ini memang membutuhkan dana sedikit lebih besar dari berbagai bisnis franchise yang disebutkan sebelumnya, tapi tentu berimbang dengan keuntungannya.

Membekali diri dengan pengetahuan yang luas adalah hal utama untuk menarik banyak konsumen.

Proses perekrutan tour guide juga tidak bisa sembarangan sebab Anda harus menggaji orang yang berpengetahuan luas. Jangan asal murah, namun pengetahuan travellingnya harus menjanjikan.

Manfaat Bisnis Waralaba bagi Pelakunya

Banyak sekali bisnis franchise yang bisa dijalankan di luar kelima belas bisnis yang sudah disebutkan di atas. Namun, jika hanya sebagai gambaran, berbagai bisnis yang disebutkan di atas sudah merupakan gambaran jelas di dunia waralaba.

Franchise, bukan hanya memudahkan dari segi pembiayaan yang satu arah, namun juga jelas memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk pelaku bisnis waralaba itu.

Manfaat pertama yang akan dirasakan oleh pelaku usaha waralaba adalah terbukti menguntungkan karena brandnya sudah ternama.

Kenapa bisa yakin sekali bahwa franchise menguntungkan? Karena sejatinya bisnis yang bisa diwaralabakan adalah bisnis yang sudah terbukti memberikan keuntungan.

Sekurang-kurangnya ada periode waktu untuk membukukan laba dari penjualan yang dilakukan. Dengan pengertian yang lebih luas, perusahaan yang memberikan layanan franchise adalah perusahaan yang tidak asal memberikan gambaran keuntungan kepada calon mitra atau pelaku bisnis yang berniat franchise.

Kedua, manfaat yang akan didapatkan ketika memercayakan bisnis di dunia waralaba adalah keefektifan sistem operasi ketika berbisnis. Sistem operasi ini menyangkut banyak hal, diantaranya prosedur, alur kerja, arus informasi, dan berbagai hal yang berhubungan dengan administrasi perusahaan serta bisnis.

Semua hal yang disebutkan di atas wajib dikelola sebaik mungkin untuk menarik lebih banyak minat calon mitra bekerja sama.

Sistem operasi yang berantakan akan berpengaruh pada kepercayaan calon mitra untuk bekerja sama. Semakin tidak profesional sistemnya, semakin sedikit orang yang mau franchise.

Ketiga, bisnis franchise memberikan Anda kesempatan untuk meraih jaringan luas secara instan. Nama dari produk yang dibisniskan sudah merupakan keuntungan karena pasti banyak orang tahu produk tersebut. Perusahaan waralaba juga tidak akan asal mengabulkan mitra untuk membuka usaha.

Dengan kata lain, ada pertimbangan jarak dari satu stand ke stand lainnya atau dari satu tempat usaha ke tempat usaha lainnya demi mempertimbangkan daya beli masyarakat.

Jika terlalu dekat, perusahaan waralaba juga akan berpikir ulang karena bisa merugikan penjual pertama, penjual kedua, dan perusahaan.

Keempat, bisnis di dunia waralaba juga memberikan manfaat berupa dukungan brand awareness lebih tinggi.

Hal ini lagi-lagi berhubungan dengan merek produk yang otomatis sudah dikenal masyarakat tanpa harus Anda memperkenalkannya lagi dari awal. Ini jelas merupakan keuntungan bagi Anda.

Dengan pengetahuan orang banyak terhadap merek produk yang Anda bisniskan, tidak akan berpikir berulang kali bagi mereka membeli di tempat Anda.

Selanjutnya tugas Anda adalah mengelola bisnis sebaik mungkin dengan sistem pelayanan yang ramah, kebersihan tempat usaha, dan layanan promosi.

Kelima, manfaat yang pasti Anda dapatkan ketika memutuskan bisnis franchise adalah tersedianya dukungan manajemen yang jelas.

Manajemen yang pasti menjadi keuntungan bagi Anda untuk menjalankan bisnis secara aman dan nyaman. Terlebih dukungan ini langsung dari perusahaan waralaba.

Anda sebagai mitra tidak akan semerta-merta dilepaskan begitu saja ketika masa pembelian di awal sudah dilaksanakan. Anda bisa melayangkan aduan dan keluhan kepada perusahaan kalau di pertengahan bisnis ada sesuatu yang janggal.

Misal, katakanlah ketika berbisnis fried chicken Anda menemukan ayam lekas bau dan bahkan cenderung busuk, hal ini jelas bisa diadukan.

Banyak sekali keuntungan dari menjalankan usaha waralaba di masa seperti sekarang ini. Bisnis ini terbilang praktis karena membuat Anda bisa menghemat waktu serta tenaga untuk persiapan usaha.

Tidak perlu lagi survey produk, alat dan bahan usaha, serta pasar karena semuanya sudah lengkap satu paket ditawarkan oleh bisnis waralaba, apa pun jenis usaha yang dijalankan.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.