0 di keranjang

No products in the cart.

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Saat ini, siapa saja bisa memulai bisnis. Namun tidak semua orang mampu bertahan lama. Memulai memang jauh lebih mudah dibandingkan bertahan, apalagi ketika dihadapkan dengan berbagai macam persoalan.

Untuk memulai bisnis dibutuhkan sebuah tekad yang kuat. Meskipun saat ini memulai bisnis jauh lebih mudah dibanding dulu, nyatanya menjalankan bisnis tidak semudah itu. Di awal-awal akan banyak rintangan yang dihadapi. Oleh karena itu, banyak yang lebih memilih menjadi karyawan karena memiliki penghasilan tetap dibandingkan harus membuka bisnis dengan penghasilan awal tak menentu.

Ketika memilih menjadi pelaku bisnis, itu artinya Anda sudah siap dengan segala risiko yang akan diterima, termasuk kerugian dan kegagalan. Namun, di situlah letak kenikmatan berbisnis. Dengan usaha yang gigih dan mental yang kuat, pelaku bisnis akan menerima jerih payahnya dengan tersenyum.

Meski berbeda dibanding membuat bisnis di dunia nyata, faktanya memulai bisnis online dari nol juga tidak mudah. Salah persiapan dalam membangun bisnis online akan membuat bisnis Anda berhenti di tengan jalan.

Untuk itu, berikut ini cara memulai bisnis online dari nol yang bisa Anda terapkan:

1. Tentukan Tujuan Bisnis

Apa tujuan Anda memulai bisnis online? Pastikan Anda memiliki tujuan sebagai motivasi dalam menjalani jenis usaha ini. Tujuan diibaratkan sebuah jalan yang sudah  Anda ciptakan sejak awal memulai bisnis. Dengan adanya tujuan, Anda akan memotivasi diri ketika masalah datang di tengah jalan. Atau ketika Anda melenceng dari jalur, tujuan akan mengingatkan untuk kembali ke jalur yang benar.

2. Survei Pasar

Banyak orang yang sudah mulai melakukan bisnis online karena dianggap cukup menjanjikan. Hampir semua produk bisa Anda dapatkan secara online, oleh karena itu Anda harus jeli melihat peluang yang ada, sekecil apa pun.

Dengan melakukan survei pasar, Anda dapat menentukan produk yang akan dijual. Caranya adalah dengan riset kata kunci di situs pencari google—melalui google keyword planner atau google trends. Cara ini bisa jadi alternatif karena di situ Anda akan mengetahui produk apa saja yang biasa dicari selama beberapa tahun terakhir.

Selain di situs pencari, Anda juga harus melihat situasi pasar di sekitar dan saingan untuk bisnis produk sejenis. Usahakan untuk mencari produk yang banyak dicari tapi sedikit pelaku bisnis yang menjualnya. Dengan begitu, produk Anda akan cepat laku dan diterima oleh masyarakat.

3. Fokus

Fokuslah pada bisnis yang sedang Anda jalankan

Fokuslah pada bisnis yang sedang Anda jalankan

Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah fokus. Biasanya, akan ada keinginan untuk pindah ke bisnis yang lain. Hal ini karena bisnis yang tengah dijalani tidak mengalami perkembangan berarti. Bahkan mungkin mengalami penurunan.

Jika sudah terjun pada satu bidang bisnis, maka sebaiknya Anda fokus pada bidang itu saja. Jangan tergiur untuk beralih bidang hanya karena melihat peluang yang terlihat lebih menjanjikan. Persaingan bisnis online sangat tak menentu, jadi pastikan untuk fokus pada pengembangan bisnis yang sedang Anda jalani.

Butuh waktu yang tidak sedikit untuk membangun sebuah bisnis online. Jika tidak fokus, bisa dipastikan peluang Anda meraih kesuksesan akan semakin lama. Perlu kesabaran dan fokus untuk membangun sebuah bisnis online, sama halnya seperti bisnis di dunia nyata.

4. Perluas Jaringan

Perluas jaringan Anda dengan menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Menjalin komunikasi yang baik juga akan menciptakan kesan yang baik. Dampaknya, Anda juga bisa memperluas jaringan dengan menjalin hubungan baik dengan lebih banyak pihak—khususnya dari pelanggan setia Anda. Jangan lupa, kenali juga secara lebih dekat setiap saingan bisnis Anda.

5. Berani Mengambil Risiko

Untuk menjadi pelaku bisnis, Anda harus berani mengambil risiko. Risiko di sini tidak harus sesuatu yang menyakitkan. Berani memulai bisnis dari nol menandakan Anda sudah keluar dari zona nyaman, dan itu artinya Anda berani mengambil risiko.

Jangan berhenti sampai di situ karena dunia bisnis akan selalu berkembang. Oleh sebab itu, Anda dituntut untuk terus melangkah dan berani mengambil risiko setiap menapaki satu demi satu anak tangga.

6. Jangan Menunda Pekerjaan

Kerjakan tugas Anda, jangan ditunda-tunda

Kerjakan tugas Anda, jangan ditunda-tunda

Dalam menjalani bisnis online, Anda harus melakukan segala sesuatunya dengan segera. Jangan menunda-nunda pekerjaan yang bisa diselesaikan segera, karena itu akan berdampak pada masa depan bisnis yang sedang Anda jalani.

Lawan rasa malas, karena malas biang kegagalan. Bisa jadi, ketika Anda menunda pekerjaan itu, saingan Anda sudah bergerak maju lebih jauh. Hal ini menyebabkan bisnis Anda semakin jauh tertinggal di belakang.

7. Pantang Menyerah

Perjalanan dalam mendirikan bisnis online atau bisnis apa saja tidak mudah, akan ada banyak hadangan yang menanti. Untuk itu, perlu tekad pantang menyerah agar tidak gampang terombang ambing. Sesekali lakukan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana kekurangan dan cara mengatasi. Jangan menyerah, karena kesuksesan hanya akan datang pada mereka mau berjuang.

8. Terus Belajar

Dalam berbisnis, Anda akan berhadapan dengan kegagalan. Jangan menyerah, tapi belajarlah dari kegagalan itu. Dengan begitu, Anda akan tahu di mana letak kesalahan sebelumnya dan tidak akan terjadi kesalahan yang sama.

Ketika dirasa bisnis online Anda sudah berkembang, usahakan untuk tidak cepat berpuas diri, karena puas adalah biang kehancuran. Anda bisa menjadikan Yahoo atau Nokia sebagai contoh. Mereka terlalu cepat merasa puas ketika berada di atas sehingga lupa berinovasi. Saat ini, dua perusahaan itu nyaris terlupakan.

Sudah siap memulai bisnis online menggunakan Cepatlakoo?

Saya sudah siap →