10 Peluang Usaha Modal Kecil Yang Bisa Dilakukan Sekarang Juga

Modal sering kali menjadi kendala mayoritas orang di saat sedang memiliki ide untuk memulai suatu jenis peluang usaha. Wajar kok, karena hampir semua bisnis membutuhkan modal untuk memulainya.

Jika Anda hanya memiliki modal kecil untuk memulai usaha, janganlah risau dan galau, ada kok peluang usaha yang tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya.

Modal yang kecil seharusnya bukanlah kendala untuk Anda memulai usaha. Bila Anda jeli melihat peluang dan cerdas mengelolanya, maka usaha yang dirintis dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda.

Bila ingin serius merambah ke dunia bisnis, berikut peluang usaha dengan modal kecil yang bisa Anda lakukan sekarang. 

1. Cuci Motor

Populasi motor sangat tinggi, sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan sebagai peluang bisnis (pekalongan-news.com)

Usaha cuci motor memiliki peluang menjanjikan karena selalu ramai dikunjungi terutama bila Anda berdomisili di daerah perkotaan. Untuk memulainya, beberapa peralatan mendasar harus Anda miliki, seperti pompa air, sabun motor, peralatan semir ban, kanebo, serta kompresor. 

Selanjutnya, carilah lokasi strategis untuk mendirikan usaha. Tak harus di tepi jalan raya utama, namun pastikan lokasi tersebut dekat dengan pusat kegiatan warga seperti pasar, rumah sakit maupun sekolah. 

Saat motornya sedang dicuci, konsumen akan menunggu di tempat. Karena itu, siapkan ruang tunggu yang nyaman dan bersih. Anda juga bisa menyediakan fasilitas tambahan seperti televisi maupun surat kabar agar konsumen kian betah. 

Dengan tambahan biaya listrik, air, dan gaji dua orang karyawan, Anda harus menyiapkan modal awal sebesar Rp10 juta untuk memulai usaha ini.

Bila setiap bulannya Anda mencuci kurang lebih 80 motor dengan harga Rp5 ribu/motor, maka dalam waktu 2,5 bulan saja, modal awal yang dikeluarkan sudah bisa kembali.  

2. Laundry Kiloan

Usaha laundry kiloan (carainvestasibisnis.com)

Menjawab kebutuhan zaman yang kian praktis, mendirikan usaha laundry kiloan adalah peluang yang patut dilirik. Apalagi, jenis usaha ini memiliki target konsumen yang jangkauannya cukup luas, mulai dari anak kos hingga pekerja kantoran. 

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang

Sama seperti jenis usaha lainnya, pemilihan lokasi sangatlah penting. Anda bisa menyewa tempat dekat kampus, kantor maupun seputar area indekos, tergantung pasar yang ingin dijangkau. Jangan lupa perhatikan apakah ada kompetitor di lokasi yang Anda sasar karena akan berpengaruh pada keberlangsungan usahamu. 

Selanjutnya, persiapkan perlengkapan untuk laundry, mulai dari mesin cuci, timbangan, setrika, gantungan pakaian, timbangan hingga spanduk untuk promosi. Dengan tambahan biaya operasional laundry seperti gaji 2 orang pegawai, biaya listrik, detergen dan pewangi pakaian, maka biaya yang harus Anda sediakan, kurang lebih Rp10 juta. 

Keuntungan usaha ini cukup menggiurkan. Misalnya saja, usahamu mendapatkan pesanan 25 kg pakaian per hari. Sementara tarif yang anda berlakukan Rp10 ribu/kg. Maka pemasukan yang Anda dapatkan sekitar Rp7,5 juta per bulannya. 

3. Pangkas Rambut

Meskipun sering luput dari perhatian, pangkas rambut merupakan salah satu kebutuhan yang rutin dilakukan oleh pria dari semua umur dan golongan. Peluang ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan tetap.

Pemilihan lokasi usaha haruslah sesuai target konsumen yang akan disasar. Selanjutnya, belilah perangkat serta bahan-bahan penunjang untuk pangkas rambut. Sebagai pemula, minimalkan biaya untuk memiliki interior tempat pangkas yang mewah. Sebaiknya alokasikan dana untuk membuat tempat yang nyaman. Misalnya memberi fasilitas AC atau televisi. 

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha ini sekitar Rp10 juta, termasuk gaji untuk satu orang karyawan serta biaya sewa ruangan kecil. Jangan lupa gencarkan promosi dan berikan tawaran menarik agar calon pelanggan tertarik untuk datang.

Bila Anda bisa menarik konsumen hingga 20 orang per harinya, dan harga sekali pangkas Rp10 ribu, maka modal yang dikeluarkan bisa kembali dalam kurun waktu 4 bulan saja. 

4. Waralaba Minuman

Franchise minuman kekinian

Peluang usaha dengan modal kecil berikutnya adalah bisnis waralaba. Salah satu keuntungan bila memulai usaha jenis ini yaitu Anda tak perlu memulai segala sesuatu dari nol. Fasilitas, bahan baku, hingga biaya promosi biasanya telah disediakan. 

Bagi yang baru mulai merintis usaha, sebaiknya memilih waralaba minuman. Selain hanya membutuhkan modal dari Rp3 hingga 4 jutaan saja, bisnis minuman memiliki putaran uang yang relatif cepat. 

Banyak pilihan bisnis waralaba minuman yang bisa dijalankan. Namun, pelajari dulu secara teliti waralaba yang akan dipilih. Ketahui juga animo mengenai produk waralaba tersebut. Bila mendapatkan ulasan bagus, maka bisnis tersebut layak Anda lanjutkan. 

Pastikan juga waralaba tersebut sudah mengantongi dokumen penting seperti izin resmi dari BPOM hingga sertifikat badan usaha untuk menjamin kelangsungan usaha.

Pemilihan lokasi usaha yang strategis bisa menolong untuk mendapatkan konsumen. Bila usahamu laris manis,  hanya dalam waktu dua bulan modal sudah bisa kembali. 

5. Depot Air Minum Isi Ulang

Depot isi ulang air minum (tokopedia.com)

Peluang usaha berikut yang bisa Anda coba adalah mendirikan depot air minum isi ulang.

Tak hanya membutuhkan modal kecil, keberlangsungan usaha ini terbilang menjanjikan karena air merupakan kebutuhan dasar bagi manusia. Apalagi, banyak orang sudah meninggalkan cara tradisional yakni merebus air untuk memenuhi kebutuhan air minumnya. 

Sebelum memulai usaha, bangunlah relasi dengan pemasok sumber air minum isi ulang. Pilihlah mereka yang memiliki kualitas air tinggi juga jernih. Kemudian, siapkan peralatan awal seperti mesin isi ulang air, galon, tutup gallon, dan tisu. 

Untuk menekan biaya sewa tempat, Anda bisa memulai usaha ini dari rumah. Selain mudah dikontrol, dari segi keamanan pun lebih terjamin. Dana yang harus disiapkan untuk memulai usaha ini sekitar Rp10 hingga 12 juta.

Jangan lupa siapkan promosi untuk memperkenalkan usahamu kepada banyak orang. Anda juga bisa memberi fasilitas antar jemput untuk menarik pelanggan. Karena menjual jasa, pertahankan selalu kualitas air serta ketepatan waktu dalam mengantarkan pesanan. 

Peluang usaha yang satu ini menjanjikan keuntungan yang cukup menggiurkan.

Bila dalam sehari rata-rata dapat mengisi 35 galon dengan harga Rp5 ribu/galon, maka pemasukan yang didapatkan dalam sebulan mencapai Rp4,5 juta. Ketika sudah dikurangi dengan biaya operasional, keuntungan yang didapat tiap bulan mencapai Rp2 juta. 

6. Usaha Jajanan Tradisional

Kue Putu – salah satu jajanan tradisional Indonesia (journal.sociolla.com)

Berbeda dengan mayoritas kuliner modern yang cenderung populer dalam kurun waktu tertentu, tren kuliner tradisional cukup stabil seiring berjalannya waktu. Pangsa pasarnya pun luas karena rasa jajanan tradisional sesuai dengan selera orang Indonesia.

Sebelum memulai usaha, putuskan dulu jajanan apa yang akan Anda jual. Lakukan survei di sekitar lokasi jualanmu untuk memastikan tak ada kompetitor yang menyediakan kuliner serupa. Anda juga bisa menjual jajanan khas dari daerah tertentu agar usahamu kian spesifik. 

Modal awal yang diperlukan untuk memulai usaha ini sekitar Rp500 ribu hingga 1 juta, tergantung variasi jajanan yang akan Anda jual. Sebaiknya gunakan kemasan yang menarik agar pembeli semakin tertarik. 

Meskipun produk yang dijual adalah jajanan tradisional, jangan lupa untuk melakukan promosi. Tak hanya dari mulut ke mulut atau menggunakan media sosial, namun berjualan di event tertentu bisa Anda coba. 

7. Les Privat

Buka layanan les privat/kursus

Jika Anda mahir memainkan alat musik atau ahli dalam bidang pelajaran tertentu, saatnya memanfaatkan hal tersebut sebagai sumber penghasilan melalui les privat. Banyak siswa yang masih membutuhkan bimbingan belajar ekstra untuk melengkapi apa yang mereka dapatkan di sekolah. 

Sebelum memulai bisnis ini, tentukan target yang akan Anda sasar. Apakah untuk semua jenjang pendidikan atau hanya untuk jenjang tertentu saja. Hal ini tentunya akan membantumu menyusun strategi yang tepat dalam menjalankan bisnis.

Bila tak memiliki modal yang besar, cobalah melakukan les privat dengan sistem door to door yakni mendatangi kediaman anak didikmu. Atau manfaatkan ruangan kosong di rumahmu untuk dijadikan tempat les. Saat sistem les yang Anda terapkan sudah stabil, Anda bisa mengajak teman yang butuh pekerjaan untuk ikut bergabung.

Agar bisnis les privat kian sukses, gencarkanlah promosi agar Anda dikenal oleh banyak orang. Manfaatkan media sosial untuk melakukan promosi secara online. Sementara untuk promosi offline, Anda bisa menyebarkan pamflet ke sekolah dan kompleks perumahan.

Biaya les bisa Anda tetapkan sesuai dengan standar ekonomi di lingkunganmu. Jangan lupa untuk selalu memperbaharui informasi terbaru di bidang pendidikan, agar materi les yang diberikan selalu selaras dengan perkembangan. 

8. Sarapan Pagi

Lontong sayur, salah satu makanan sarapan pagi yang umum dijual

Jangan remehkan usaha untuk menjual sarapan pagi. Bila dikelola dengan benar, Anda bisa mendapatkan omzet hingga puluhan juta per bulan. Usaha ini sangat cocok dijalankan terutama bagi Anda yang berdomisili di daerah perkotaan. 

Setiap paginya, baik ibu rumah tangga hingga pekerja kantoran selalu mencari hidangan siap saji untuk sarapan. Terdapat banyak pilihan menu sarapan yang bisa Anda sajikan. Mulai dari nasi kuning, opor ayam, tahu ketupat, nasi goreng hingga roti bakar. 

Agar usaha sarapan pagi laku keras di pasaran, pastikan Anda sudah mulai berjualan dari pukul 05.30. Ini sangat membantu para ibu yang tak ingin repot mempersiapkan sarapan anak saat hendak ke sekolah. Total waktu yang Anda butuhkan untuk menjajakan dagangan hanya sekitar 4 hingga 5 jam saja setiap harinya. 

Usaha ini menawarkan keuntungan maksimal karena bahan baku untuk membuat sarapan pagi cukup terjangkau. Anda bahkan bisa menjualnya dari depan rumah.

Bila ingin menjangkau konsumen yang lebih luas, Anda bisa menyewa tempat di lokasi strategis atau berjualan keliling menggunakan mobil pribadi. Rata-rata keuntungan yang didapat bisa lebih dari Rp200 ribu per harinya.

9. Jualan Buah Segar

Buah-buahan yang umum dijual

Dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat soal pentingnya hidup sehat, maka kebutuhan akan konsumsi buah segar pun kian tinggi. Berjualan buah merupakan peluang usaha modal kecil yang bisa menghasilkan keuntungan besar. 

Tak hanya berjualan di pasar, Anda juga bisa menekuni usaha jualan buah keliling atau menjual buah potong segar. Untuk menekan biaya, sebaiknya dapatkan pasokan buah-buahan langsung dari petani. Namun bila harus membeli dari distributor, pastikan buah yang didapatkan memiliki harga terjangkau. 

Agar membuat konsumen lebih tertarik, pastikan untuk menyediakan jenis buah-buhan yang lengkap. Perhatikan pula kualitas layanan yang didapatkan konsumen misalnya harga yang lebih terjangkau, kualitas buah yang segar serta pelayanan yang ramah dan bersahabat. Hal-hal ini bila dijalankan secara rutin dapat membuat konsumen bersedia menjadi pelanggan tetap.

Untuk memulai usaha ini, Anda hanya perlu menyiapkan modal sebesar Rp1 hingga 2 juta, sudah termasuk biaya untuk sewa kios atau biaya bahan bakar kendaraan bagi penjual buah keliling. Bila tekun dilaksanakan, bisnis yang satu ini bisa menghasilkan omzet hingga puluhan juta tiap bulannya. 

10. Toko Online

Membuat toko online kini semakin mudah

Membuat toko online sendiri tak lagi menjadi hal yang rumit. Tak hanya bisa memanfaatkan platform website seperti WordPress + WooCommerce, Anda juga bisa membuka toko online di berbagai situs e-commerce ternama seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Salah satu keuntungan membuka toko online adalah menekan biaya sewa gedung. Anda pun dapat berjualan dari mana dan kapan saja hanya dengan bermodal koneksi internet dan gawai.

Dalam membuka toko online, pastikan produk yang akan Anda jual banyak dicari di internet serta selalu dibutuhkan konsumen. Misalnya produk kosmetik, hijab, atau baju anak.

Tidak mau menyetok produk? Silahkan baca artikel kami tentang dropship beserta data supliernya. Dropship adalah bisnis yang sebenarnya sangat mudah untuk mulai dijalankan karena tidak perlu stok barang yang akan dijual.

Agar mendapatkan kepercayaan pelanggan, utamakan kualitas produk yang dijual serta ketepatan pengiriman barang. Prioritaskan juga hubungan komunikasi dengan calon konsumen karena hal ini sering diabaikan. Untuk memulai bisnis ini, Anda harus menyiapkan modal sekitar Rp3 hingga 5 juta, tergantung jenis produk yang akan dijual.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan kami mengenai beberapa peluang usaha dengan modal kecil yang dapat Anda lakukan sekarang juga.

Harus diingat, dalam menekuni usaha tak ada hasil yang instan. Karena itu, dibutuhkan ketekunan serta kreativitas untuk membuat usahamu terus berkembang.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.