Inilah Tips Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan Toko Online Anda

Persaingan bisnis online saat ini termasuk ketat dan sulit jika tidak tahu celahnya. Anda harus cermat dalam menyusun strategi agar dapat memperoleh keuntungan lebih atau setidaknya bisa menutup biaya operasional.

Ini merupakan tantangan tersendiri untuk menarik calon pembeli karena Anda harus bisa membuat toko sendiri lebih unggul dibanding toko lain.

Nah, bagaimana caranya supaya penjualan lebih berkembang? Berikut ini tips-tips jitu yang harus Anda ketahui dan bisa diterapkan.

1. Cari Pelanggan Baru

Ayo giat cari pelanggan baru toko Anda

Setiap bisnis online perlu untuk mencari pelanggan. Anda bisa membuat program reseller untuk meningkatkan jumlah pelanggan baru.

Orang yang mendaftar menjadi reseller akan memasarkan produk kepada pelanggan-pelanggan baru yang tidak terjangkau oleh Anda. Dengan memanfaatkan reseller, bisnis juga lebih terbantu sehingga penjualan bisa meningkat cepat.

Berikutnya adalah dengan meningkatkan periklanan melalui iklan pay-per-click, iklan di media cetak, dan membuat long tail keyword atau kata kunci yang lebih dari empat kata.

Anda juga bisa mendapatkan pelanggan baru dengan mengadakan kontes atau giweaway, mengisi toko dengan konten blog agar lebih bervariasi dan menyegarkan, serta membuat diskon produk spesial dengan waktu terbatas.

2. Bukalah Pasar Baru

Variasikan produk Anda & buka segmen pasar baru

Segmen pasar yang perkembangannya lambat tentunya akan memengaruhi omzet. Carilah peluang usaha untuk memasuki target pasar yang baru.

Pembuatan pasar baru nantinya akan menargetkan orang-orang yang belum mengetahui toko Anda sebelumnya. Pasar baru memiliki beberapa pengertian. Bisa berarti membuka toko online baru dengan kategori produk yang berbeda atau merambah ke pasar luar negeri.

Perluaslah variasi produk agar calon pelanggan dapat memiliki lebih banyak pilihan. Apabila toko masih menjual secara eceran, ada baiknya untuk memperluas ke ranah grosir.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang

Anda bisa menjadi penyuplai barang dan membuat konsumen membuka bisnis toko juga. Ciptakan peluang peningkatan penjualan dengan melalui lalu lintas baru seperti eBay dan Amazon untuk luar negeri.

3. Diskon, Promo, dan Giveaway

Beri diskon dan promosi

Berikan promo menarik agar orang terdorong untuk berbelanja di toko Anda. Misalnya, memberikan gratis ongkos kirim dengan waktu terbatas atau dengan minimal jumlah barang yang dibeli.

Di hari-hari libur atau hari raya, Anda juga bisa memberikan promo menarik seperti membeli sebuah produk maka akan diberi produk lain secara gratis.

Anda juga bisa adakan giveaway untuk meningkatkan penjualan Anda. Berikan syarat-syarat seperti bagikan ke teman-teman lain beserta buktinya, wajib mengikuti atau berlangganan dengan toko. Selain dapat menambah pelanggan baru, ini juga akan membuat toko Anda lebih dikenal.

4. Naikkan Harga sampai Maksimum

Harga yang dinaikkan hingga maksimum berbeda dengan harga yang dinaikkan setinggi mungkin.

Untuk pertama kali, cobalah Anda naikkan harga hingga bertemu harga tertinggi yang akan dibayarkan oleh pelanggan kepada Anda. Selain itu, cobalah menetapkan margin berdasarkan harga tetap atau persentase untuk melakukan peningkatan kecil di seluruh produk.

5. Perbaiki Tampilan dan Konten di Toko

Tampilan toko online sangat berpengaruh pada tingkat penjualan Anda. Bayangkan jika toko berantakan, deskripsi dan foto produk tidak jelas, temanya membosankan.

Kelompokkan produk-produk berdasarkan kategori agar pengunjung lebih mudah saat mencari barang yang diinginkan. Percantik masing-masing kategori dengan desain yang sesuai.

Deskripsi dan foto produk juga perlu diperbarui. Tulislah deskripsi dengan lebih rapi dan sisipkan penjelasan-penjelasan penting mengenai produk.

Sementara itu, foto produk biasanya adalah hal pertama yang akan menarik perhatian pengunjung. Jika foto kurang menarik, Anda bisa mengeditnya agar lebih menarik seperti menambahkan bingkai atau hiasan di sekitarnya.

Selain memperbaiki tampilan, Anda juga bisa merencanakan konten-konten rutin. Contohnya, konten blog seperti fakta-fakta unik produk yang Anda jual, tips merawat dan memilih produk, rekomendasi produk yang cocok untuk kegiatan tertentu, serta konten yang relevan dengan tema toko Anda.

6. Bagikan atau Buat Akun Toko dengan Media Sosial

Bagikan toko online Anda di media sosial

Ada banyak jejaring sosial yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan. Jika Anda memiliki situs web untuk toko, tak ada salahnya untuk memperluas jangkauan dengan membagikannya di media sosial. Begitu pula untuk toko yang memang berasal dari media sosial, boleh juga membuka toko dengan media sosial lainnya seperti di Facebook, Instagram dll.

Ada [email protected], aplikasi dari media komunikasi LINE yang bisa digunakan sebagai akun bisnis. [email protected] sudah dilengkapi dengan fitur chat dengan pengunjung toko, etalase untuk memajang produk beserta detail dan harganya, juga fitur timeline untuk memberikan informasi terbaru dari toko.

Di Facebook, Anda dapat membuat halaman khusus toko dan memiliki fitur yang hampir sama dengan [email protected], tetapi jauh lebih lengkap. Anda bahkan bisa membuat acara dan polling.

Desain halaman Facebook memang jauh lebih lebar dan lengang untuk versi desktop. Ada pula Instagram yang memang banyak digunakan sebagai akun untuk toko online.

Anda juga bisa membagikan bisnis ke LinkedIn atau Pinterest. LinkedIn adalah jejaring sosial untuk para profesional sehingga segmennya lebih terarah.

Pinterest terkenal dengan jejaring sosial penuh ide-ide kreatif. Banyak orang yang memasarkan ide-ide mereka dengan membagikannya ke Pinterest. Cukup unggah foto beserta deskripsi dan arahkan pengguna lain ke situs toko Anda.

7. Pelayanan yang Baik

Pelayanan yang baik kepada pelanggan adalah hal yang wajib dilakukan

Cara meningkatkan penjualan toko Anda yang selanjutnya adalah dengan memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan.

Apabila mereka bertanya seputar produk atau melayangkan komplain, hadapilah dengan sikap yang baik dan bertanggung jawab. Jelaskan dengan singkat dan tidak bertele-tele.

Tidak ada usaha yang tidak mendapatkan kritik. Tak ada salahnya jika kritik dan komplain yang membangun supaya Anda bisa membangun bisnis ke arah yang lebih baik.

Komunikasi dengan pengunjung juga dapat membangun kepercayaan pelanggan terhadap toko. Jadi, jangan sampai membuat pelanggan tidak puas dengan apa yang Anda lakukan, ya.

8. Perbaiki Konversi

Cara ini mungkin agak banyak dilupakan oleh para pemilik toko online, padahal cara ini kadang kala tidak serumit cara-cara lain untuk meningkatkan penjualan Anda.

Loading time

Hal-hal sepele seperti memperbaiki waktu loading time website Anda menjadi sesingkat mungkin padahal bisa sangat membantu penjualan Anda.

Bahkan sebuah studi menyatakan bahwa menurunkan waktu loading time website Anda 1 detik saja dapat membantu mengingkatkan konversi penjualan hingga sebesar 7%., angka 7% bukanlah angka yang kecil lho!

Inilah yang terjadi pada saat Barack Obama melakukan kampanye penggalangan dana kampanye pilpres. Tim IT mereka berhasil menurunkan waktu loading time website Obama dari 5 detik ke hanya 2 detik saja.

Setelahnya, mereka melihat peningkatan jumlah donasi sebesar 14% dari angka sebelumnya. Menakjubkan!

Permudah proses checkout

Semakin berlibet proses checkout, tentunya akan berpengaruh pada menurunnya konversi penjualan Anda.

Proses checkout harus dibuat semudah & sesingkat mungkin. End of story.

Sekian artikel tentang tips-tips ampuh untuk meningkatkan penjualan toko online yang perlu Anda ketahui.

Semoga dengan adanya tips ini bisa menjadikan bisnis lebih terarah dan Anda dapat memperoleh banyak manfaat serta keuntungan. Selamat mencoba tipsnya!


Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.