15 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Toko Online Anda

Tips mendapatkan backlink atau tautan balik adalah hal yang penting untuk diketahui. Backlink sendiri merupakan link situs web Anda yang ditautkan atau ditaruh pada situs milik orang lain.

Tautan ini merupakan salah satu faktor yang dapat menaikkan peringkat situs web di Google. Semakin banyak backlink, khususnya dari website yang memiliki niche atau topik yang sama dengan website Anda maka trafik situs web Anda akan semakin organik.

Trafik situs web berkaitan secara langsung dengan kualitas backlink yang Anda dapatkan. Semakin otoritatif situs web yang menautkan link-nya ke situs web Anda, semakin bagus peringkat dan trafik yang akan Anda dapatkan.

Anda pasti memerhatikan peringkat situs web di Google. Ketika Google masuk ke dalam situs web, Google akan melihat secara khusus backlink situs web Anda, untuk mengerti bagaimana situs web Anda berhubungan dengan situs web lainnya.

Tentunya masih banyak faktor-faktor lainnya yang menentukan peringkat di Google, tetapi backlink merupakan salah satu metrik yang penting untuk SEO.

Mendapatkan backlink yang berkualitas itu sulit didapatkan. Namun terdapat cara-cara pintar mendapatkan backlink, seperti di bawah ini:

1. Backlink dari niche yang sama

Pastikan untuk selalu mencari backlink dari website yang niche atau topik websitenya sama dengan website atau produk yang ingin Anda jual pada web Anda.

Misalkan website Anda berjualan sepatu sneakers, maka alangkah lebih baiknya jika mencari backlink dari website-website yang memang membahas tentang sepatu sneakers.

Lalu bagaimana jika Anda menjual produk dari berbagai niche? Misalkan Anda menjual sepatu sneakers tapi juga menjual mesin cuci.

Pada saat menanam backlink, pastikan bahwa url yang disebar atau ditanam adalah url dari halaman produk atau halaman kategori produk yang nichenya sama dengan niche website tempat Anda menanam backlink.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Jadi saat menanam backlink pada halaman situs yang membahas tentang mesin cuci maka url situs Anda yang akan ditanam sebaiknya ada url halaman produk atau kategori produk mesin cuci juga.

2. Metode membangun backlink dari broken-link

Broken-link adalah tautan yang mati atau tidak berguna sebagaimana mestinya. Metode membangun broken-link sangat cocok untuk membuat backlink satu arah. 

Tekniknya adalah Anda harus menghubungi webmaster untuk melaporkan tautan yang rusak di website tersebut. Di saat yang sama, Anda bisa merekomendasikan situs web toko online Anda sebagai penggantinya. Kesempatan mendapatkan backlink ke situs web Anda sangat tinggi karena Anda memudahkan webmaster menemukan tautan yang rusak.

Untuk mencari broken-link, pertama-tama, Anda harus mencari website yang niche-nya relevan dengan toko online Anda. Anda bisa mengetik ini di mesin pencarian:

  • Kata kunci + tautan
  • Kata kunci + sumber
  • Kata kunci inurl:links

Misalnya, jika Anda memiliki toko online tentang pakaian wanita, maka cari pakaian wanita + link. Anda juga bisa memasang aplikasi Check My Link di Google Chrome untuk mencari tautan yang rusak.

3. Membangun dengan teknik skyscraper 

Teknik skyscraper adalah teknik membuat konten artikel lebih bagus daripada kompetitor. Teknik ini dikenalkan oleh Brian Dean, seorang pakar SEO, dengan beberapa tahapan.

Cari linkable asset atau topik/bahasan yang berpeluang mendatangkan banyak tautan di niche atau industri toko online Anda. Anda bisa mencari topik dengan bantuan Google Ads Keyword Planner.

Jika sudah menemukan topik atau bahasan yang akan ditulis, cek di website Ahrefs, Semrush atau Majestic SEO untuk mengetahui tulisan yang telah ditulis kompetitor Anda.

Buatlah artikel yang isinya lebih baru, lebih panjang, lebih lengkap, bahasa yang lebih baik, dan lainnya. Anda juga bisa memberi infografis atau desain yang lebih baik.

Promosikan artikel tersebut dengan cara mengetahui semua backlink yang menuju situs web kompetitor Anda. Saring yang paling sesuai dan hubungi pemilik situs web tersebut satu persatu. Katakan bahwa Anda menulis topik yang sama tetapi informasinya lebih update

4. Mendapatkan backlink melalui infografis

Salah satu contoh infografis

Infografis adalah metode yang populer untuk meningkatkan trafik situs web dan memperoleh backlink yang bernilai. Infografis juga mudah dimengerti dan dipahami. Oleh karena itu, kebutuhan untuk infografis meningkat pesat.

Anda harus memilih tema infografis secara hati-hati. Pilih tema yang menarik dan unik untuk pembaca Anda dan sesuai dengan nich website jualan Anda. Ikuti topik yang sedang tren dan cari tema-tema yang sedang dicari oleh orang-orang. Buatlah infografis dengan menggunakan data statistik.

Jika sudah mendapatkan data serta menemukan orang yang bisa membuat infografis, Anda harus mengatur agar infografis tersebut mudah dibagikan.

Caranya, buat embed code tersendiri menggunakan Siege Media Generator. Lalu bagikan infografis tersebut ke situs-situs yang menerima infografis seperti Reddit, Visual.ly atau Mashable.

5. Membuat kuis

Sama seperti infografis, kuis sangat populer dan banyak dibagikan oleh orang lain. Jika Anda membuat kuis di situs web Anda, pastikan Anda menambahkan embed code untuk mendapatkan backlink seperti yang Anda lakukan saat membuat infografis.

Kuis yang dibuat harus menyenangkan. Anda tidak perlu membuat tes pengetahuan yang berat. Akan lebih baik jika Anda membuat kuis yang mendorong orang untuk merenung tentang dirinya.

Salah satu situs web yang paling terkenal dalam membuat kuis adalah Buzzfeed. Mereka membuat kuis seperti “(Isilah titik-titik ini) Seperti Apakah Anda?”. Orang-orang menyukai mengisi kuis dan membagikannya karena kuisnya berisi tentang mereka.

6. Menjadi penulis tamu di website lain

Menjadi penulis tamu adalah cara efektif untuk mendapatkan trafik dan backlink baru untuk website Anda. Dengan menerbitkan artikel ke situs populer lain, Anda bisa memperlihatkan tulisan Anda ke pembaca baru dan mendapatkan paparan yang lebih banyak. Meningkatkan traffic situs web tidak hanya dengan backlink, tetapi juga membantu menaikkan reputasi online website Anda.

Jika bingung mencari mana saja situs web yang menerima penulis tamu, Anda bisa mencarinya di Google dengan format kata kunci:

niche website Anda "penulis tamu"
niche website Anda "guest post"

Jika misalkan website Anda menjual paket-paket travel Anda bisa mencari di Google dengan format:

travel "penulis tamu"

7. Bangun internal link

Internal link adalah kunci dari menjalankan website yang sukses. Dengan internal link yang terstruktur, Anda dapat memudahkan navigasi pembaca di situs web Anda dan menaikkan UX secara keseluruhan.

Jika Anda menggunakan WordPress, terdapat beberapa plugin yang bisa membuat internal link secara otomatis di situs Anda, namun sebaiknya cara membangun internal link dilakukan secara manual.

Matt Cutts, mantan anggota tim Webspam Google yang saat ini bekerja di United States Digital Service, merekomendasikan sebaiknya penggunaan internal link di bawah 100 per halaman agar nilai kegunaan serta SEO web tersebut baik.

8. Promosikan konten Anda

Konten yang bagus tidak akan membuat Anda mendapatkan backlink jika Anda tidak tahu bagaimana cara mempromosikannya. Salah satu strategi terbaik adalah menghubungi situs web yang mengumpulkan materi (roundup) setiap minggu atau bulannya. C

Caranya, ketik “kata kunci + roundup” di pencarian Google. Pastikan Anda memilih artikel yang baru terbit satu minggu atau satu bulan yang lalu.

Hubungi webmaster website tersebut lalu berikan perkenalan singkat tentang situs web toko online Anda. Di pesan tersebut, beri tautan tutorial atau panduan terbaik yang ada di situs web.

Misalnya, jika Anda berjualan kue kering, maka Anda bisa membuat membuat tutorial membuat kue dengan resep sederhana. Jika mereka melihat konten tersebut bermanfaat, maka mereka akan menautkan kembali pada Anda pada roundup berikutnya.

9. Cari mention yang belum ditautkan

Jika Anda atau toko online Anda sudah banyak dikenal, Anda akan menemukan ratusan atau ribuan situs web yang menyebut nama atau perusahaan Anda tetapi mereka tidak menautkan situs web Anda.

Anda bisa meminta para pemilik website tersebut untuk menautkan situs web Anda agar backlink semakin tinggi dengan cara menghubungi mereka melalui email atau form kontak yang biasanya ada di hampir setiap website.

10. Tehnik promosi terselubung

Saat Anda menulis artikel, Anda mungkin akan menyebutkan nama seseorang, perusahaan, atau artikel lain. Saat Anda melakukan itu, Anda bisa berusaha untuk menghubungi orang tersebut untuk memberi tahu bahwa mereka ada di tulisan Anda. Bisa jadi mereka akan membagikan tulisan Anda di media sosial atau menyebutkan Anda di artikel mereka berikutnya.

Anda tidak perlu memohon backlink karena ini akan terlihat menyedihkan. Hanya perlu mengatakan pada mereka bahwa Anda sangat menyukai artikel atau perusahaan tersebut sehingga Anda ingin membagikannya di situs web Anda. Jangan lupa untuk membagikan tautan blog tulisan Anda.

Terakhir, hindari untuk menulis artikel yang berisi ratusan tautan, cukup dalam jumlah yang pas. Jika Anda melakukan hal tersebut dan menghubungi semua orang yang Anda sebutkan, ini akan membuat reputasi Anda buruk karena Anda terlihat sangat membutuhkan backlink

11. Menulis testimonial

Tips lain dalam mendapatkan backlink yang mudah adalah menulis testimonial dengan situs web jasa atau produk yang Anda gunakan. Cara ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dan Anda dapat menautkan situs ke beranda dari situs web yang otoritatif. 

Misalnya, Anda menggunakan jasa akuntan, konsultan keuangan, atau perusahaan desain grafis. Berikan testimonial pada mereka agar perusahaan-perusahaan tersebut dapat menampilkan testimonial Anda di situs webnya. Jangan lupa untuk memasukkan situs web Anda saat menuliskan testimonial.

12. Membuat komentar yang berkualitas pada blog lain

Meninggalkan komentar pada blog orang lain masih merupakan cara termudah mendapatkan backlink

Menulis komentar di tulisan orang lain bisa jadi cara terbaik untuk dilihat banyak orang. Anda juga bisa mendapatkan backlink. Saat menuliskan komentar, alih-alih menulis komentar “Tulisan yang bagus, lanjutkan!”, pastikan Anda memberi komentar yang berisi, relevan, atau menambah topik diskusi. 

Ketika seseorang membaca komentar Anda, harus terlihat dengan jelas bahwa Anda benar-benar membaca tulisannya dan memiliki sesuatu yang unik yang bisa ditambahkan. 

Agar backlink Anda bagus, pastikan Anda berlangganan situs web yang dituju, baca saat artikel tersebut terbit, dan membuat komentar dengan cepat setelah mereka terbit.

Hindari menggunakan keyword yang Anda incar pada field nama di form komentar karena kemungkinan besar akan ditolak oleh pemilik blog. Lebih baik field nama benar-benar diisi dengan nama Anda atau nama toko online Anda.

13. Hubungi jurnalis atau blogger ternama

Untuk mendapatkan tautan ke situs Anda, maka Anda harus mempromosikan usaha Anda. Salah satu caranya adalah menghubungi jurnalis atau blogger yang memiliki niche yang sama dengan bisnis Anda.

Anda bisa meminta mereka untuk mengulas produk yang Anda miliki dan menautkan situs web Anda di situs web mereka. Tentunya Anda harus memberikan keuntungan yang didapatkan jika mereka mau mengulasnya.

Kirim email penawaran ke mereka. Pastikan isinya singkat dan padat karena tidak ada orang yang ingin membaca email yang panjang dan membosankan.

14. Minta untuk diwawancarai

Wawancara online adalah hal yang sedang tren sekarang. Ini merupakan cara yang mudah untuk mendapatkan backlink ke situs Anda. Jika situs web Anda sudah menjadi situs web yang otoritatif di niche-nya, maka Anda akan mendapatkan banyak undangan wawancara.

Agar situs web Anda otoritatif, Anda bisa mencari situs web yang mengadakan wawancara. Kenalkan diri Anda dan katakan bahwa Anda ingin ikut berpartisipasi dengan pengetahuan yang Anda miliki.

15. Membuat artikel dengan format list

Artikel listicle (artikel yang berisi list) biasanya mendapatkan traffic yang tinggi. Beberapa orang melakukan dengan berlebihan dan membuat poin-poin yang panjang (misalnya lebih dari 150 poin).

Sebenarnya tidak masalah jika membuat list panjang, tetapi pastikan setiap poin berguna. Jangan menambahkan sesuatu yang tidak masuk akal hanya karena Anda ingin mendapatkan angka yang besar.

Terapkan di pikiran bahwa kualitas harus di atas kuantitas. Sebaiknya tetapkan list di artikel Anda dalam jumlah yang tepat.

Jangan Lupa Amati kompetitor Anda

Anda harus mengamati strategi marketing online kompetitor jika Anda serius ingin mendapatkan traffic situs web yang organik. Anda dapat memerhatikan cara mereka cara membangun dan mendapatkan tautan. Tipsnya adalah sebagai berikut:

Selalu monitor

Selalu monitor saat kompetitor menerbitkan konten baru di situs web mereka. Caranya, masukkan email untuk langganan newsletter atau follow media sosial mereka.

Cara lainnya adalah membuat Google alert dengan menggunakan kata kunci “site:kompetitorAnda.com.” Contohnya, jika kompetitor Anda adalah bajuonline.com, maka Anda bisa mengatur Google alert dengan kata kunci “site:bajuonline.com”.

Ketahui kapan dan bagaimana mereka mendapatkan backlink

Misalnya jika mereka mendapatkan backlink melalui penulis tamu, coba untuk menulis di situs web yang sama. Jika mereka bekerjasama dengan blogger dengan mengulas produk mereka, maka Anda bisa melakukan cara yang sama.

Menjalankan tips untuk mendapatkan backlink berkualitas di atas bisa jadi sangat menantang, tetapi Anda mendapat kesempatan-kesempatan untuk membangun tautan dengan metode dan sumber yang tepat.

Terakhir, ingatkan pada diri Anda sendiri bahwa menjaga backlink adalah sama pentingnya dengan membangunnya. Oleh karena itu, amati terus backlink situs Anda dengan menggunakan alat seperti Ahrefs, Semrush atau Majestic agar selalu efektif.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

2 Comments

  • Topuler

    Makasih gan, artikelnya sangat membantu bagi saya yang masih belajar seo.

    semoga rizkinya melimpah. amin

  • Pendi

    Tapi sekarang facebook sesnsi gan, URL banyak yg di blocked😂

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.