10 Ide Bisnis Tanpa Modal dan Minim Risiko yang Bisa Anda Mulai Jalankan

Bisnis tanpa modal terdengar aneh, namun faktanya memang seperti itulah jika Anda tidak ingin mengambil risiko kehilangan uang di awal mempelajari bisnis. Perkembangan zaman dan teknologi membuat siapa saja berkemungkinan besar melakukan bisnis minim risiko dan juga minim biaya di awal.

Bisnis tanpa mengeluarkan modal merupakan contoh bisnis yang tepat untuk anak-anak muda zaman sekarang. Minimnya pengalaman serta minimnya keuangan untuk memulai bisnis semestinya tidak menghalangi generasi muda untuk mengembangkan diri melalui dunia bisnis di kancah modern.

Contoh Bisnis Tanpa Modal untuk Kaum Millenial

Ada banyak jenis bisnis tanpa sepeser pun mengeluarkan modal yang bisa dilakukan oleh anak muda zaman sekarang. Alih-alih anak muda memiliki image yang selalu menghabiskan uang, beberapa pilihan bisnis di bawah ini bisa menjadi ide bagus untuk menghasilkan uang sedini mungkin di masa muda.

1. Dropshipper

Menjadi dropshipper merupakan salah satu ide bisnis yang tanpa modal dan minim resiko

Menjadi dropshipper tidak membutuhkan sepeser pun uang yang digunakan sebagai modal di masa awal Anda memulai profesi ini. Ketika pelaksanaannya pun bukan sesuatu yang sulit karena Anda tinggal menyampaikan pesanan dari pembeli kepada toko atau orang pertama yang menjual barang tertentu.

Sistem bisnis dropshipping ini semakin tenar seiring berkembangnya cara jual beli yang didukung oleh media online. Menjadi dropshipper bisa mendatangkan untung sekaligus pengalaman terutama untuk pemula di bidang bisnis online shop. Menomorsatukan kepercayaan adalah kunci utama kesuksesan dalam berbisnis di bidang satu ini. Yang dilakukan oleh dropshipper itu cukup sederhana dan praktis.

Ada 3 peran dalam bisnis ini, pertama orang yang menjual barang, kedua diri Anda sebagai dropshipper, ketiga pembeli. Di sini Anda bertindak sebagai penghubung antara penjual dan pembeli dengan lebih dulu bersepakat bersama penjual untuk membagi keuntungan dari bisnis dropshipping yang dijalankan.

Setelah dapat kesepatakan dengan penjual selanjutnya Anda melakukan promosi produk yang dijual penjual kepada calon pembeli. Sistemnya online saja, mulai dari promosi sampai transaksi tidak perlu bertemu pembeli langsung. Pengiriman barang dilakukan oleh penjual barang atas nama dan alamat Anda.

2. Menjadi Selebgram dan Endorser

Dibutuhkan banyak follower pada akun media sosial Anda agar bisa mendapatkan endorsment
Dibutuhkan banyak follower pada akun media sosial Anda agar bisa mendapatkan endorsment

Bukan rahasia lagi jika menjadi selebgram melalui platform Instagram, Youtube, dll yang mengendorse berbagai produk di masa sekarang ini memang menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Tidak perlu mengeluarkan modal sepeser pun, justru Anda dibayar oleh orang yang menggunakan jasa Anda mempromosikan produk-produk mereka.

Istilah selebgram baru-baru ini dikenal dan sudah booming di masyarakat Indonesia. Hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya untuk mendapatkan banyak uang dari sosial media, namun seperti itulah fakta perkembangan teknologi di era modern seperti sekarang ini. Banyak selebgram dari anak muda.

Selebgram mengandalkan jumlah follower atau subscriber yang banyak pada platform mediam sosial. Jadi akan butuh waktu bagi Anda untuk membangun follower Anda seperti di Instagram atau media sosial lainnya.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Asyiknya menjadi selebgram atau orang terkenal adalah Anda bisa mempromosikan barang dan jasa dengan mudah di sosial media Anda. Sistem seperti ini disebut sebagai endorsement, di mana Anda mempromosikan barang dan jasa milik orang lantas pemilik barang jasa tersebut memberikan upah.

Bukan hanya komisi dalam bentuk uang, namun Anda juga akan diberikan barang yang dijual secara gratis oleh penjual barang dan jasa tersebut. Keuntungan bisa berlipat ganda dari sini, kalau Anda tidak memakai barang yang diendorse, bisa menjual kembali barang tersebut atau memberikan percuma.

3. Makelar Properti Online

Ketiga, profesi yang sedari dulu menjanjikan dan sampai sekarang dikembangkan dengan menggandeng kemajuan teknologi adalah menjadi makelar properti. Jika dulu untuk menjadi makelar Anda harus berkeliling mencari konsumen, tidak demikian dengan sekarang, Anda bisa bekerja dari balik meja saja.

Anda bisa memanfaatkan berbagai situs listing properti online seperti OLX, Lacak Harga, dll untuk mencari iklan properti yang untuk dijadikan prospek ke calon pembeli.

Cukup menghubungi calon konsumen via media sosial atau melalui telepon WhatsApp dan sms saja sudah sangat membantu untuk follow up ke tahap selanjutnya. Yang dipentingkan dari menjadi makelar properti online adalah kemampuan Anda untuk berbicara mempromosikan hal-hal yang tidak berlebihan terkait properti.

Jika sudah bisa meyakinkan calon konsumen dari awal, selanjutnya langkah Anda untuk mendapatkan persetujuan tidak akan sulit sama sekali. Link yang banyak akan didapatkan dari gaya bicara dan pembawaan dalam dunia sosial yang menyenangkan, mudah bagi pribadi seperti ini menjadi makelar.

Menjadi makelar akan mendatangkan untung sangat besar bergantung berapa persen konsumen atau perusahaan properti memberikan komisi untuk Anda. Anda juga tidak akan dimintai modal untuk memulai bisnis sebagai makelar. Hal yang sangat menjanjikan dan jelas bisa menambah pengalaman berbisnis.

4. Jasa Pencari Tiket Murah

Liburan adalah kebutuhan semua orang tanpa terkecuali, apalagi jika para pelancong mendapatkan tiket murah untuk berpelesir ke tempat-tempat seru. Media yang menyediakan tiket murah sudah semakin banyak, namun tidak semua orang tahu atau update terhadap informasi penjualan tiket murah seperti ini.

Jika Anda memiliki link untuk mendapatkan tiket murah, jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk meraih keuntungan. Bukan hanya Anda yang akan diuntungkan dari penjualan tiket murah tersebut, namun agen travel juga mendapatkan keuntungan karena mudahnya mendapatkan konsumen.

Dan yang paling penting adalah konsumen Anda akan senang karena bisa menjalani liburan dengan mendapatkan tiket murah. Bisnis menjadi jasa pencari tiket murah akan sangat cocok jika Anda menerapkannya pada para orang tua yang notabene kesulitan menggunakan aplikasi online sekarang.

Anda bisa menjadi orang yang menengahi kebutuhan mereka dengan cara membelikan tiket paling murah dan transaksi pun cukup dilakukan online saja. Jadi, tidak perlu Anda mengeluarkan uang untuk ongkos dari agen travel ke konsumen, cukup duduk manis dari rumah saja bisnis dan untung bisa berjalan.

5. PO Aksesoris Custom

Sistem PO atau pre order juga bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mau menjalankan bisnis minim risiko dan tanpa modal. Pre-order adalah sistem pemesanan disepakati langsung oleh konsumen sehingga akan jelas berapa modal yang keluar untuk membuat barang-barang, seperti halnya aksesoris.

Anda tidak perlu mengeluarkan modal sedari awal untuk membuat aksesoris karena sistem pre order itu Anda menawarkan barang kepada konsumen dulu, lalu konsumen menyepakati membeli barang yang Anda jual. Berikutnya Anda harus bergerak menyediakan produk yang sudah disepakati di awal.

Ketika barangnya sudah jadi dan sesuai pesanan, selanjutnya Anda serahkan kepada konsumen dan konsumen akan melakukan pembayaran. Sistem pembayaran ini ada 3 cara, pertama konsumen membayar dp di awal dan melunasi di akhir pembelian. Kedua, konsumen melakukan pelunasan di awal.

Ketiga, bisa juga Anda berbaik hati membiarkan konsumen membayar seluruh biayanya di akhir setelah barang jadi. Ini bergantung kebijakan Anda, namun kalau mau menerapkan yang ketiga pastikan Anda tahu betul siapa konsumen yang Anda hadapi. Jangan sampai maunya untung justru terkena apes.

6. Desain dan Video Editor

Memiliki potensi yang menjanjikan di bidang desain dan video editor akan sangat sayang jika tidak dimanfaatkan sebaik mungkin. Apalagi di zaman seperti sekarang ini desain dan video editor adalah jasa trendi yang dibutuhkan untuk berbagai acara. Mulai dari acara resmi sampai dengan acara non formal.

Alih-alih membutuhkan modal usaha, untuk menjadi desainer dan video editor Anda lebih ditekankan untuk memiliki kemampuan dan tentu saja perangkat yang mendukung. Perangkat yang mendukung ini tidak bisa dikatakan sebagai modal apabila Anda sudah memilikinya sebelum bisnis dijalankan.

Menjadi desainer dan video editor biasanya ,merupakan profesi  yang cocok dilakukan para mahasiswa jurusan bersangkutan. Sambil menyelam minum air, sambil belajar memperdalam dunia desain dan editing, mahasiswa juga bisa meraup keuntungan tidak sedikit dari berbisnis desainer dan editor video.

Besaran uang yang didapatkan tidak hanya cukup untuk menambah-nambah uang jajan, namun juga bisa menjadi modal investasi di bidang lain. Atau bahkan bisa menjadi modal yang bagus untuk digunakan membuka production house lebih profesional di masa depan, ketika sudah lulus dari kampus.

7. Les Privat Rumahan

Membuka bisnis les privat
Membuka bisnis les privat

Memiliki ilmu yang tinggi serta memiliki kemampuan yang bagus dalam hal menjelaskan materi bisa menjadi keuntungan bagi Anda menjalankan les privat ke rumah-rumah. Bisnis ini jelas tidak membutuhkan modal karena yang Anda jual adalah bagaimana anak paham atas penjelasan Anda.

Tidak ada risiko yang didapatkan, bahkan Anda malah semakin memperkaya diri dengan serangkaian ilmu-ilmu baru setiap harinya. Bukan hanya berkenaan dengan ilmu-ilmu pendidikan yang diajarkan kepada murid, namun Anda bisa mempelajari karakter setiap murid yang menjadi klien Anda di rumah-rumah.

Membuka jasa les privat ke rumah-rumah akan mendatangkan untuk pemahaman dan finansial bagi Anda. Sementara untuk para orang tua, mereka akan sangat terbantu dengan peran Anda yang menjadikan anak-anak mereka lebih memahami pelajaran. Juga tentu ada keuntungan bagi anak.

Anak-anak yang diberikan pelajaran di rumah akan lebih memahami apa-apa yang sudah dipelajari di sekolah secara lebih mendalam. Tugas sekolah bukan hal yang lagi sulit untuk mereka karena ada orang dewasa yang membantu pemahaman mereka terhadap pelajaran tersebut. Jika sudah memahami pelajaran dengan baik, otomatis prestasi pun akan ikut menanjak dan anak menjadi bintang di kelasnya.

8. Translator Online

Memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik akan sangat sayang jika Anda tidak menebarkan pengetahuan tersebut kepada orang banyak. Menjadi jasa translator online sekarang ini menjanjikan banyak untung bagi Anda, bahkan tanpa harus Anda mendatangi tempat tertentu untuk bekerja.

Jasa translator atau penterjemah online bisa dimanfaatkan dalam dua hal, pertama Anda bisa menjadi translator tulisan yang cukup dikirimkan melalui email saja. Ketika bekerja pun Anda akan dengan senang hati karena bisa membantu orang lain dan secara tidak langsung mengasah tajam kemampuan berbahasa inggris.

Kedua, bisa saja dari komunikasi online kemudian Anda diminta untuk menjadi penerjemah perjalanan turis asing di Indonesia. Kalau seperti ini, keuntungannya berlipat ganda, pertama Anda bisa liburan gratis, kedua Anda bisa mendapatkan kenalan baru, ketiga Anda bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan dengan cara yang tidak membosankan. Bertemu orang baru adalah keuntungan karena bisa menambah link di bidang apa pun. Sementara mengasah kemampuan dengan cara menjadi translator tulisan juga memberikan keuntungan untuk semakin memahirkan diri.

9. Content Writer

Terakhir, pada pembahasan kali ini kita akan ulas profesi tak kalah menguntungkan dari berbagai profesi di atas, yakni bisnis menjadi seorang content writer alias penulis konten.

Tidak harus mahir berbahasa Inggris untuk menjalani profesi ini, karena banyak juga job-job penulis konten untuk menulis artikel dalam bahasa Indonesia. Dalam menjadi content writer kemahiran Anda dalam mengolah kata-kata menjadi sangat menarik sangat krusial.

Sebenarnya banyak perusahaan yang sudah pasti memiliki karyawan content writer di dalam kantor. Namun, tak jarang juga mereka memberikan kesempatan luas untuk orang luar menjadi pekerja freelance. Berbagai sebab bisa menjadi indikasi, bisa karena orderan tulisan banyak, dan sebagainya.

Yang pasti adalah perusahaan tidak main-main dalam mencari bibit-bibit penulis. Mereka akan melakukan tes lebih dulu untuk mengukur sejauh mana kemampuan penulis konten lepas dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Kalau sesuai barulah disepakati kontrak kerja untuk keduanya.

Yang menarik menjadi content writer adalah tidak membutuhkan waktu kerja dari jam 9 sampai jam 6 sore dan tidak perlu pergi ke kantor. Biasanya perusahaan akan memberikan batas waktu pengerjaan kepada freelance writer.

Komitmen penulis akan ternilai dari seberapa cepat dan akurat mereka mengerjakan tugas yang diberikan. Kalau molor deadline, tentu akan menjadi raport merah untuk penulis.

10. Bisnis Jasa Titip atau Jastip

Bisnis jasa titip
Bisnis jasa titip

Pernah mendengar istilah jastip atau jasa titip? Aktivitas menghasilkan ini merupakan bisnis tanpa modal yang bisa dijalankan oleh siapa saja dengan catatan bisa berbicara persuasif dan memiliki banyak link. Jastip bisa menyentuh berbagai produk, mulai dari yang bisa dikonsumsi sampai yang digunakan saja.

Sejarah jastip ternyata dulunya hanya berlaku untuk memfasilitasi orang-orang yang ingin mendapatkan barang dari luar negeri, tapi tidak bisa ke sana. Orang-orang yang berkesempatan ke luar negeri, baik untuk kepentingan liburan atau berbisnis bisa memanfaatkan jasa titip ini untuk mendapatkan keuntungan.

Dengan membuka layanan jasa titip membelikan barang ini Anda tidak perlu lagi direpotkan dengan proses riset produk untuk mencari produk yang kira-kira laris atau memusingkan copywriting untuk deskripsi produk Anda. Anda tinggal informasikan ke teman-teman bahwa Anda akan berkunjung ke suatu daerah atau negara dan tawarkan pada mereka jika mereka ingin titip membeli suatu barang di daerah atau negara tersebut.

Harga barang yang ditawarkan oleh para jastip tidak akan semahal barang yang sudah masuk ke Indonesia karena biaya ditambah dengan bea cukai, dan sebagainya. Jangan salah, pelaksana jasa titip tetap mendapatkan untung karena rasio harga jual dengan harga beli tentunya sudah dipertimbangkan.

Ibaratnya pembeli membayar ongkos kirim kepada para pembuka jasa titip dengan harga yang tidak terlalu besar dibandingkan beli barang impor langsung di Indonesia. Menarik, bukan? Pembuka jasanya mendapatkan untung, pemesan barangnya juga mendapatkan keuntungan dan kepuasan karena bisa mendapatkan barang murah dengan kualitas super. Jelas bisnis ini menguntungkan dua belah pihak.

Peluang dari bisnis jasa titip ini menjanjikan karena pertama, Anda tidak akan dibebankan modal ketika memulai. Anda sudah tahu hendak membeli barang apa saja yang tentunya disesuaikan dengan pesanan dari konsumen. Sistem pembayaran bisa dua macam, membayar total di awal atau di akhir.

Menjadi jastiper atau orang yang membuka jasa titip barang adalah keuntungan untuk Anda yang suka jalan-jalan, walau hanya ke mall. Anda yang suka window shopping atau lihat-lihat saja juga bisa diuntungkan melalui profesi satu ini.

Merupakan suatu kepuasan pastinya ketika bisa membantu orang mendapatkan barang yang mereka mau dengan cara praktis. Di samping Anda juga untung, pastinya.

Berbagai hal bisa dijadikan barang atau jasa untuk jasa titip, diantaranya tiket liburan murah, kosmetik, sampai dengan barang-barang unik mengenai grup idola.

Sistem promosi bisnis jastiper terbilang sederhana, yakni tinggal memposting di sosial media, menunggu transferan jika ingin menerapkan sistem pembayaran di awal. Dan terakhir tinggal membelanjakan sejumlah uang untuk barang yang dipesan.

Membuka jasa titip bisa mendatangkan banyak keuntungan dengan ketentuan Anda sendiri yang menetapkan berapa persen hendak menaikkan harga. Sistem persenan dari harga barang asal ini bisa ditawarkan kepada konsumen dengan dua cara, pertama jastiper memberikan harga yang sudah dinaikkan.

Dengan cara ini, pembeli sudah diberikan informasi harga tetap, baik harga asli plus harga jastip. Kedua, jastiper juga bisa menerapkan harga asli dan memberitahukan kepada konsumen berapa kisaran harga akan dinaikkan. Mau memilih metode yang mana, bergantung pada kebijakan dan kenyamanan Anda saja.

Tapi, sebagai referensi, jastip barang-barang luar negeri biasanya menetapkan kenaikkan harga sebesar 20% dari harga barang asli. Penambahan persenan pada harga barang ini masih jauh lebih hemat dibandingkan dengan pembeli harus menunggu barang masuk ke dalam negeri dan membeli langsung.

Bukan sesuatu yang mengherankan karena ketika barang dibeli langsung di negara asalnya jelas tidak membutuhkan biaya impor. Sementara barang yang sudah masuk dari satu negara ke negara lain sudah pasti dikenakan biaya impor, bea cukai, dan berbagai biaya lainnya yang membuat harga barang naik.

Peluang bisnis untuk para jastiper juga akan sangat menjanjikan apabila promosi dilakukan secara rutin. Tepatnya, promosi dan bukti beberapa barang yang sudah berhasil di jastip. Ketika bisnis sudah berjalan, tentu Anda akan memiliki bukti berbagai barang yang sudah berhasil diberikan kepada konsumen.

Jangan ragu untuk meminta testimoni kepada konsumen terkait kepuasan dari berbisnis bersama Anda. Promosi yang berjalan akan semakin kuat dengan adanya bukti bahwa beberapa transaksi sebelumnya sukses nan memuaskan. Dengan adanya testimoni seperti ini, lebih bisa meyakinkan calon konsumen baru.

Jangan pernah bosan untuk melakukan promosi sekalipun hanya satu dua orang yang memberikan tanggapan. Bahkan ketika orang tidak satu pun menanggapi promosi Anda, lakukan saja terus selama minimal ada orang yang melirik. Prinsipnya, seperti melunakkan batu menggunakan tetesan air.

Sekarang ini sudah zamannya sosial media, akan sangat sayang jika Anda tidak memanfaatkan peluang promosi melalui platform ini. Dengan sosial media, ajang promosi bisa mendetail karena Anda tidak perlu berbuih-buih menjelaskan produk yang akan dijastip. Cukup tuangkan saja sedetail mungkin dalam tulisan.

Menjadi pribadi yang tidak mudah tersinggung dengan komentar orang ketika promosi di sosial media itu perlu. Sebab tak semua orang akan memberikan respons positif terhadap langkah Anda untuk menjadi jastiper. Yang terpenting adalah tujuan Anda membantu orang, sekaligus mendapatkan keuntungan.

Tips Sukses Memulai Bisnis Tanpa Modal

Untuk Anda yang sedang ingin memulai bisnis tanpa modal, namun masih mempertimbangkan banyak hal, coba simak berbagai tips menjalankan bisnis online di bawah ini:

1. Jangan berhenti dari pekerjaan utama

Pertama, mulailah bisnis dengan tidak melepaskan pundi-pundi penghasilan lain, semisal Anda adalah karyawan, tidak usah terburu-buru untuk berhenti bekerja. Ini gunanya berbagai bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal seperti di atas, fleksibel dan kompatibel dilakukan siapa saja.

2. Jangan tergiur bisnis lain

Jjangan langsung tergiur apabila orang ada yang mengiming-imingi Anda dengan keuntungan bisnis tertentu. Anda juga harus memiliki business plan untuk menjalankan bisnis sendiri. Tidak ada satu pun pebisnis yang sepenuhnya sukses dari hanya iseng berbisnis saja.

3. Perhatikan kompetitor

Jangan menutup diri dari adanya kompetitor di sekitar Anda. Sekecil apa pun risiko dalam berbisnis, tetap harus totalitas dengan memerhatikan apakah kompetitor jauh lebih baik dari Anda atau tidak. Jika memang harus mengambil pelajaran dari kompetitor, akui saja jangan malu.

4. Jangan menjalankan ide tanpa uji coba

memiliki segudang ide adalah keuntungan lahiriah bagi diri Anda ketika menjalankan bisnis. Tapi, ada ide yang brilian saja tidak cukup jika Anda tidak meneruskannya dengan uji coba atau praktik. Pastikan kesesuaian teori dan praktik berjalan dengan beriringan.

5. Teruslah belajar

Tidak ada salahnya untuk terus mengasah diri di bidang bisnis yang Anda jalankan. Pengetahuan tentang beragam bisnis sekarang ini sudah bisa didapatkan dengan mudah. Bisa didapatkan gratis melalui internet, seminar gratis, bahkan juga ada layanan pelatihan gratis.

6. Mulailah bisnis dengan biaya seirit mungkin

Tidak perlu memikirkan aset baru untuk memulai usaha. Misal, rumah Anda ada di komplek, manfaatkan saja untuk menjadi lahan berbisnis dengan cara strategi pemasaran yang kuat. Apalagi kalau rumah Anda ada di pinggir jalan, cukup pasang spanduk, bisnis bisa dimulai.

7. Bahagiakanlah karyawan Anda

Memikirkan biaya untuk membayar karyawan dari hasil usaha yang dijalankan sedetail mungkin. Poin utama, Anda sedang berbisnis dan tentu harus untung. Poin kedua, konsumen harus puas dan nagih untuk berbisnis dengan Anda. Poin ketiga, karyawan harus sejahtera.

8. Pasarkan produk ke target pasar

Perkenalkan bisnis Anda kepada siapa pun target pasar yang menurut Anda cocok. Pemasaran bukan hal rumit seperti Anda harus menyebar brosur ke rumah-rumah, namun cukup melalui sosial media saja. Yang perlu diperhatikan adalah redaksi supaya tidak terkesan mengada-ada.

Itu baru tips sukses sebelum bisnis dimulai, sementara ketika mantap menjadi seorang pebisnis, Anda harus maksimal memberikan yang terbaik, entah ketika bisnis dimulai, ketika bisnis dijalankan, dan seterusnya.

Konsistensi ini akan menjadi nilai penting bagi semua calon konsumen dalam menentukan apakah mereka mau kembali lagi untuk berbisnis bersama Anda atau cukup sekali mencoba saja.

Kesimpulan

Seorang pengusaha tidak ada yang terlahir dari satu kali percobaan menjalankan bisnis. Dari satu kali kesuksesan yang terus menerus dicecap, tentu di belakangnya tersimpan sejuta kali kegagalan yang sudah dilalui.

Sebagai pebisnis, Anda harus siap menerima jatuh dan bangun menjadi seorang pengusaha, sekecil apa pun usaha yang dijalankan. Tekad dan semangat harus tetap kuat dalam bisnis.

Memaksimalkan potensi diri sendiri dan potensi berbagai fasilitas yang sudah ada juga merupakan poinp penting. Jika yang sudah ada saja bisa Anda maksimalkan sebaik mungkin, niscaya berbagai hal di kemudian hari mudah dihadapi. Yang terpenting juga bagi seorang pebisnis adalah tidak menutup diri untuk terus mau belajar. Meskipun bisnis tanpa modal, bukan berarti bercanda.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.