Tips Memulai Investasi Emas, Batangan atau Perhiasan?

Investasi emas dari dulu hingga sekarang tetap dianggap sebagai bentuk investasi yang cukup menguntungkan dan terbilang minim risiko.

Pasalnya, jika kita melihat pergerakan harga emas baik jangka pendek ataupun panjang, cenderung didapatkan bahwa harga emas terus naik dari tahun ke tahun. Meski harganya terkadang fluktuatif alias naik dan turun, namun tren utama harga emas adalah bergerak naik.

Ingin meningkatkan follower Instagram Anda untuk meningkatkan penjualan? Cek beberapa tools IG rekomendasi kami →

Investasi dalam bentuk emas juga cenderung minim risiko jika dibandingkan instrument investasi yang lain. Misalnya saja investasi dalam bentuk saham dan reksadana dianggap cukup berisiko bagi sebagian orang terutama yang masih awam di bidang saham. Oleh karenanya, tren menunjukkan bahwa lebih banyak kaum milenial hari ini yang tertarik berinvestasi dalam bentuk emas.

Meski investasi dalam bentuk emas cukup menggiurkan, ada beberapa orang yang masih bingung antara memilih investasi dalam bentuk emas batangan atau perhiasan. Masyarakat di daerah tentu lebih cenderung mengenal emas perhiasan sebagai bentuk investasi karena emas satu ini lebih mudah ditemukan. 

Berinvestasi dalam bentuk perhiasan emas memiliki kekurangan dan juga keunggulan dibandingkan berinvestasi dalam bentuk batangan. Kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipahami oleh mereka yang berniat untuk berinvestasi dalam bentuk emas. 

Sebelum memulai langkah awal berinvestasi emas, Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis instrument emas ini. Hal ini mengingat baik emas perhiasan ataupun batangan memliki karakteristiknya masing-masing yang berpengaruh terhadap nilai investasi yang Anda lakukan, baik itu jangka panjang maupun jangka pendek.

Perbedaan Antara Investasi Emas Perhiasan dan Batangan

Investasi emas batangan
Investasi emas batangan (lokadata.id)

Memahami karakteristik dari masing-masing instrument investasi emas akan sangat membantu Anda menentukan langkah investasi berikutnya.

Bagi Anda yang masih awam, hal pertama yang harus Anda pahami adalah perbedaan dari kedua jenis instrumen investasi berbentuk emas, yakni emas perhiasan dan juga emas batangan. Nyatanya, kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

Berikut ini adalah kelebihan emas perhiasan dibandingkan emas batangan:

1. Emas Perhiasan Memiliki Nilai Artistik

Dibandingkan emas dalam bentuk batangan, emas perhiasan memiliki nilai artistik yang dapat meningkatkan status sosial pemakainya. Selain itu, mengenakan emas juga menjadi salah satu ajang untuk menunjukkan kekayaan seseorang.

Hal ini tidak terlepas dari anggapan masyarakat bahwa seseorang yang mengenakan emas merupakan mereka yang berada di status sosial lebih tinggi.

Sehingga apabila Anda bukan hanya sekedar ingin mengamankan daya tukar uang Anda di masa mendatang, berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan merupakan pilihan terbaik. Anda dapat sembari mengenakan perhiasan emas tersebut sementara investasi emas batangan tidak menawarkan hal ini.

2. Emas Perhiasan Lebih Mudah Diperoleh

Emas perhiasan mudah untuk diperoleh
Emas perhiasan mudah untuk diperoleh

Hal ini merupakan suatu fakta yang tidak terbantahkan. Banyak orang di daerah yang mengaku lebih memilih instrument emas perhiasan untuk berinvestasi bukan hanya dikarenakan emas tersebut dapat dikenakan, melainkan disebabkan emas berbentuk perhiasan lebih mudah diperoleh di toko-toko emas tingkat kecamatan sekalipun.

Dapatkan informasi seputar optimasi toko online, internet marketing, SEO, WordPress, dll dari kami langsung di inbox email Anda.



Email Anda aman bersama kami, kami tidak pernah mengirim email spam.

Sementara berinvestasi dalam bentuk emas batangan cenderung lebih sulit dilakukan oleh mereka yang tinggal di daerah-daerah seperti pedesaan. Pasalnya, tidak semua toko emas menjual instrument emas dalam bentuk batangan.

Selain tidak mudah ditemukan, membeli emas batangan juga harus lebih berhati-hati dan pilih dari tempat yang terjamin seperti Antam ataupun merek terkenal dan terjamin yang lain.

Setelah melihat kelebihan atau keunggulan emas perhiasan di atas sebagai instrument investasi, berikut ini adalah kelebihan yang akan diperoleh apabila memilih investasi dalam bentuk batangan.

3. Ongkos Pembuatan Emas Batangan Tidak Terlalu Besar

Peleburan emas
Peleburan emas (liputan6.com)

Jika dibandingkan dengan instrument investasi emas berupa perhiasan yang telah dibahas di atas, emas batangan memiliki ongkos pembuatan relatif rendah. Oleh karena itu Anda bisa melihat harga jual kembali atau buyback price emas berbentuk batangan cenderung tetap tinggi dibandingkan emas perhiasan.

Hal ini bukan saja disebabkan kemurnian emas perhiasan yang lebih rendah dibandingkan batangan, namun juga dikarenakan ongkos pembuatan emas perhiasan yang lebih besar. Ongkos pembuatan emas perhiasan ini bisa mencapai 15 sampai 20% dari harga emas itu sendiri yang harus Anda bayarkan. 

Bahkan, apabila emas perhiasan yang Anda beli memiliki desain yang terbilang rumit, ongkos pembuatan emas ini bisa mencapai 30% dari nilai emas perhiasan tersebut. Hal ini akan banyak Anda temui apabila Anda membeli emas perhiasan di toko-toko emas ternama. Bentuk perhiasan yang terlihat sangat cantik apabila dikenakan juga tentunya memiliki ongkos mahal berkat pembuatan yang rumit.

Ongkos pembuatan emas ini, berapapun besarnya, tidak akan terhitung tatkala Anda menjual kembali emas tersebut. Yang dihitung oleh toko yang membeli emas Anda adalah fisik dari emas itu sendiri, seperti beratnya hingga kemurnian emas. Sehingga jika berbicara untuk tujuan investasi murni, emas batangan jelas lebih unggul karena ongkos pembuatannya yang relatif rendah. 

Anda dapat menjual kembali emas dalam bentuk batangan dengan buyback price atau harga jual kembali relatif tak jauh berbeda dengan harga beli. Apalagi jika Anda menyimpan emas tersebut dalam beberapa waktu, maka buyback price sudah sama bahkan melebihi harga saat Anda membeli emas tersebut.

4. Harganya Lebih Stabil

Dibandingkan emas perhiasan, emas dalam bentuk batangan jauh lebih stabil perihal harga mengingat harga jual kembali emas tersebut yang tidak terpengaruh oleh kondisi emas. Maksudnya adalah, apabila Anda menjual kembali emas perhiasan, maka harga jualnya dapat dipengaruhi salah satunya oleh kondisi emas tersebut. 

Mengingat kemurnian emas perhiasan yang tidak 100%, emas perhiasan sangat mudah rusak akibat tergores dan sebagainya. Alhasil, harga jual emas tersebut juga bisa jadi turun dibandingkan harga seharusnya.

5. Emas Batangan Lebih Banyak Diterima

Tidak semua toko emas mau menerima atau membeli emas perhiasan yang Anda jual kepada mereka apabila tidak berasal dari toko mereka. Praktik ini mungkin seringkali Anda temui tatkala Anda ingin menjual perhiasan emas namun toko tersebut menolak membeli emas Anda karena beberapa alasan. Hal ini umum terjadi karena toko tersebut berusaha menghindari perhiasan palsu yang beredar di pasaran.

Sementara jika Anda menjual kembali emas batangan, maka kemungkinan toko emas membeli emas tersebut lebih besar. Apalagi jika Anda menjual kembali emas batangan yang dikeluarkan dari lembaga terpercaya seperti emas Antam. Hampir semua toko emas dan perhiasan akan menerima emas dari Antam. 

Emas Antam dalam bentuk batangan sudah dipercaya sebagai penerbit emas berbentuk batangan karena memiliki sertifikat dari lembaga terpercaya. Oleh karena itu Anda akan lebih muda untuk menjual kembali emas dalam bentuk batangan. 

Tips Dalam Memulai Investasi Emas

Investasi emas bisa sangat terlihat keuntungannya apabila dilakukan dalam jumlah besar dan juga dalam jangka waktu lama. Agar mendapatkan keuntungan maksimal dalam berinvestasi emas, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini:

1. Memahami Karakteristik dari Kedua Bentuk Investasi

Baik berinvestasi dalam bentuk emas batangan ataupun emas perhiasan sebenarnya kedua-duanya menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Memahami karakteristik kedua instrumen emas ini sangat penting sebelum memulai berinvestasi emas. Hal ini dalam rangka memperoleh keuntungan sebesar-besarnya sesuai dengan tujuan berinvestasi.

Jika tujuan Anda dalam berinvestasi emas adalah memang murni untuk mengamankan uang Anda dari kejaran inflasi, maka membeli emas berbentuk batangan adalah pilihan yang tepat sebagaimana penjelasan sebelumnya.

Namun jika Anda membeli emas lebih karena ingin mengenakan emas tersebut sebagai perhiasan, maka emas perhiasan adalah pilihan paling tepat untuk Anda.

2. Pilih di Tempat yang Terpercaya

Poin satu ini merupakan salah satu poin paling penting selain memahami perbedaan antara investasi dalam bentuk perhiasan emas ataupun batangan.

Pasalnya, banyak dari kita yang tidak terlalu paham bagaimana cara menguji kadar emas dari emas yang dibeli. Sementara itu, praktik penipuan emas di pasaran tetap banyak terjadi sehingga akan lebih aman membeli di tempat yang terpercaya.

Ada beberapa toko emas atau penerbit emas dalam bentuk batangan yang dapat dipercaya. Misalnya saja untuk emas dalam bentuk batangan ada emas Antam ataupun emas dari penerbit yang telah dikenal lainnya.

Salah satu hal penting yang tidak boleh ketinggalan saat membeli emas berbentuk batangan adalah sertifikat yang menyertai emas. Sertifikat ini menunjukkan keaslian dan kadar emas.

3. Pelajari Harga yang Ada di Pasaran

Mempelajari harga di pasaran ini terkait dengan menentukan kapan waktu terbaik untuk membeli emas. Tentu saja trik ini sangat penting dan akan sangat berpengaruh terutama oleh mereka yang memang memiliki modal lebih dalam berinvestasi emas. Pasalnya, harga pasar akan sangat berpengaruh terhadap keuntungan yang diraih.

Namun, untuk mereka yang memiliki modal terbatas, seperti mereka yang menargetkan untuk mencicil membeli emas 1 gram setiap bulannya maka harga di pasaran sebenarnya tidak akan berpengaruh banyak. Meski begitu, ada saat-saat tertentu yang memang sebaiknya dipertimbangkan untuk membeli emas semisal ada kejadian heboh di dunia yang berpengaruh terhadap harga emas.

Misalnya saja kejadian isu perang antara negara-negara besar yang sempat membuat harga emas tiba-tiba melonjak tajam beberapa saat yang lalu. Nyatanya, beberapa hari kemudian harga emas menurun normal kembali saat isu mereda. Momen ini tentu merupakan momen menguntungkan bagi investor emas yang menjual kembali emasnya dalam jumlah besar kemudian membelinya kembali saat harga turun. 

Oleh karena itu, jika ingin memulai investasi emas, ada baiknya Anda membiasakan diri terhadap fenomen-fenomen seperti ini. Anda harus terbiasa melihat pasar termasuk politik dunia yang berpengaruh terhadap harga emas.

4. Menetapkan Tujuan Berinvestasi Emas

Masih berkaitan dengan poin pertama, Anda harus menetapkan tujuan dan memahami dengan jelas apa tujuan Anda tatkala berinvestasi emas. Apabila tujuan berinvestasi emas adalah murni untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari margin harga saat membeli emas dan menjual, maka tentu saja membeli emas dalam bentuk batangan adalah pilihan yang paling tepat.

Sebaliknya, apabila Anda membeli emas sembari karena ingin mengenakan emas tersebut di keseharian, maka tentu saja emas dalam bentuk perhiasan adalah bentuk yang paling tepat. Selain itu, sebenarnya Anda tetap dapat memperoleh margin keuntungan dari investasi dalam bentuk emas perhiasan yang dilakukan apabila emas tersebut disimpan dalam waktu yang cukup lama hingga beberapa tahun lamanya.

5. Perhatikan Ukuran Emas

Ada satu tren dalam investasi berbentuk emas batangan yang harus dipahami. Tren ini berkaitan dengan harga emas yang semakin murah pergramnya apabila Anda membeli dalam ukuran yang lebih besar, misalnya saja mencapai 10 gram ke atas. Keuntungan ini dapat Anda lihat saat membeli emas dengan membandingkan harga emas tersebut dengan harga saat dijual kembali (buyback price).

Tren yang dapat dilihat adalah harga emas untuk ukuran besar umumnya akan memiliki selisih harga buyback price tidak terlalu jauh. Sementara harga emas untuk ukuran kecil seperti 1 gram, 2 gram, dan seterusnya memiliki perbedaan buyback price yang cukup signifikan. 

Namun, meski memiliki perbedaan harga cukup signifikan, membeli emas dengan ukuran yang kecil memiliki kelebihan berupa likuiditasnya yang tinggi. Anda dapat memilih emas dengan ukuran sedang agar tetap mendapatkan harga terbaik namun tetap mudah dijual kembali. Ukuran ideal baik dari segi harga hingga likuiditas adalah berkisar 5, 10 ataupun 20 gram emas.

Selain tips di atas, sangat penting pula untuk mengetahui persentase emas yang Anda beli atau tingkat karatnya. Emas jenis batangan akan memiliki kemurnian 24K atau 99,9% sementara emas berjenis perhiasan biasanya memiliki kemurnian di bawah nilai tersebut. 

Leave a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.