Lazada Seller Center, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Siapa sih yang tidak tahu marketplace bernama Lazada? Berbagai kebutuhan Anda bisa terpenuhi dengan adanya marketplace yang satu ini. Anda bisa bergabung menjadi kemitraan Lazada untuk mengembangkan bisnis yang Anda buat. Untuk memudahkan itu, Lazada menyediakan aplikasi bernama Lazada Seller Center. 

Ini adalah bentuk inovasi yang dikembangkan Lazada sebagai bentuk support terhadap para penjual sehingga semakin produktif dalam menjual berbagai produknya. Dengan adanya Lazada Seller Center, maka merk maupun penjual semakin mudah dalam mengakses dagangannya dan mudah dalam pengaplikasiannya. 

Aplikasi ini memiliki berbagai fungsi untuk ribuan penjual yang tergabung dalam Lazada. Yang jelas, fungsi utamanya adalah untuk mengatur berbagai keperluan penjual mulai dari harga, pesanan, inventori, dan lain sebagainya. 

Keberadaan Lazada Seller Center juga mencoba untuk mengintegraskan berbagai fitur penting. Hal ini dimaksut agar penjual dapat mengakses Lazada setiap saat. Penasaran dengan berbagai fungsi dan cara menggunakannya? Simak artikel yang berikut ini!

Manfaat Bergabung Menjadi Seller di Lazada

Formulir pendaftaran menjadi seller di Lazada
Formulir pendaftaran menjadi seller di Lazada

Sebelum Anda mengetahui fungsi dari aplikasi yang satu ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan. Dengan begini, Anda tidak akan ragu menjalin kemitraan dengan Lazada. Manfaat menjadi seller atau penjual di Lazada adalah sebagai berikut:

1. Iklim penjualan yang sehat

Ada banyak sekali seller di Lazada menjadikan Lazada sebagai marketplace yang sehat dalam segi iklim penjualan. Anda bisa bersaing dengan penjual lainnya secara sehat sehingga Anda tidak perlu takut adanya praktek monopoli. 

2. Berbagai macam produk dapat dijual

Anda bisa berbisnis berjualan produk apapun di Lazada, selama barang tersebut legal dan tidak menyalahi aturan negara. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir menemukan pasar atas produk yang ingin Anda jual. 

3. Banyak menarik pelanggan

Lazada adalah marketplace besar yang sering mengadakan promo dan juga diskon. Hal ini tentunya akan menarik pelanggan untuk datang dan melihat lihat berbagai produk yang ada. Jika sudah begini, maka potensi barang Anda akan terbeli tentunya akan semakin besar, kan?

Buat Website Toko Online Kamu Sekarang

Buat website toko onlinemu sekarang dengan Cepatlakoo. Gratis dibantu instalasi untuk 1 website kamu.

Cek Sekarang →

4. Terdapat seller center Lazada Indonesia

Bagi Anda yang merupakan warga negara Indonesia tidak perlu khawatir, karena saat ini seller center Lazada Indonesia sudah ada. Sehingga, Anda bisa mengakses dengan mudah sesuai dengan kondisi dan iklim yang ada di Indonesia. 

Aplikasi yang bisa Anda unduh di playstore ini akan sangat memudahkan Anda dalam penjualan. Aksesnya yang mudah dan berbahasa Indonesia tentu akan memudahkan Anda berjualan. 

5. Website & aplikasi yang didesain Lazada cukup user friendly

Meskipun semuanya sudah serba digital, perlu diaku bahwa dalam mengoperasikan suatu website untuk mencari atau mengelola dagangan bukanlah hal yang mudah. Untungnya, marketplace yang satu ini sangat user friendly sehingga Anda akan mudah dalam mengoperasikannya. 

6. Berbagai kemudahan penjualan

Ada berbagai sistem yang disediakan Lazada yang memudahkan Anda untuk menjual dagangan Anda. Misalnya adalah sistem COD yang disukai oleh banyak pelanggan. Ini juga menguntungkan bagi Anda karena Anda bisa memastikan barang dengan selamat dan tidak ada kesalahan yang terjadi dalam transaksi penjualan. 

Banyak sekali, kan, manfaat yang akan Anda peroleh ketika bergabung dan menjadi kemitraan Lazada. Maka dari itu, Anda harus segera mendaftarkan diri dan bergabung dengan ribuan seller lainnya diseluruh Indonesia. 

Cara Mendaftar Menjadi Seller di Lazada

Keuntungan berjualan di Lazada
Keuntungan berjualan di Lazada

Setelah mengetahui manfaat dan Anda masih terus membaca artikel ini, berarti Anda tertarik untuk mendaftar menjadi seller di Lazada. Tidak perlu khawatir karena caranya mudah dan bisa Anda lakukan dirumah bermodalkan internet dan juga perangkatnya. Langkah untuk menjadi seller di Lazada antara lain adalah:

1. Mengunjungi website Lazada

Daftar secara online dapat dilakukan dengan mengunjungi situs resmi dari marketplace Lazada ini. Anda bisa mengklik link yakni https://www.lazada.co.id/. Nantinya, halaman web dari Lazada akan muncul dan Anda harus melakukan tahapan berikutnya.

2. Klik menu “Jual di Lazada”

Anda akan menemukan link halaman Jual di Lazada pada bagian footer website Lazada. Maka dari itu, klik dan mulailah membukanya. Lalu Anda akan menemukan tulisan “Daftar Sekarang” pada halamann webiste Lazada. 

3. Mengisi berbagai kelengkapan data yang diminta

Ada banyak identitas dan kelengkapan data yang diminta untuk menjadi seller di Lazada. Pastikan Anda mengisinya denga benar sehingga tidak ada kesalahan sehingga Anda akan cepat menjadi seller dan menjadi penjual yang kredibel. Beberapa kelengkapan data yang diminta antara lain adalah sebagai berikut ini:

  • Wilayah atau letak dimana Anda akan berjualan
  • Mengisi jenis akun
  • Mengisi lokasi toko
  • Nomer telepon yang masih aktif

Setelah Anda mengisi nomer telepon  Anda, nantinya akan ada kode verifikasi yang dikirimkan melalui sms oleh Lazada. Selanjutnya Anda bisa mengisi kode tersebut dan menyelesaikan berbagai data dan informasi tambahan seperti alamat email, kata sandi, dan alamat toko. Jangan lupa untuk mencentang peraturan serta ketentuan menjadi seller di Lazada. 

4. Proses verifikasi

Nantinya, toko Anda akan diverifikasi oleh pihak Lazada. Setelah selesai, Anda sudah bisa menjual berbagai produk yang ingin Anda tawarkan kepada penjual. Mudah sekali kan? 

Tentang Aplikasi Lazada Seller Center

Aplikasi yang beberapa kali di update dan mengalami pembaharuan ini dapat Anda unduh di Google Playstore. Aplikasi yang satu ini sengaja disediakan Lazada untuk memudahkan dan merangsang para seller agar semakin produktif dalam mengolah dagangannya. Selain itu juga tersedia Lazada Seller Center versi website yang bisa diakses di https://sellercenter.lazada.co.id/

Maximillian Bitnner, CEO dari Lazada Grup menyatakan bahwa Lazada telah menjadi mitra bersama retail pilihan. Hal ini untuk para penjual baik lokal maupun internasional untuk mengembangkan usahanya, utamanya di kawasan Asia Tenggara ini. 

Aplikasinya di desain mudah digunakan sehingga para penggunanya tidak kesusahan dalam mengaplikasiannya. Utamanya dalam hal ini bahwa fakta tidak semua orang terlalu menguasai teknologi. Adanya aplikasi ini malah memudahkan agar para penjual dapat mengakses toko onlinenya kapanpun dan dimanapun. 

Fitur Lazada Seller Center yang Harus Anda Ketahui

Pengaturan produk pada marketplace Lazada
Pengaturan produk pada marketplace Lazada

Ada beberapa fitur penting yang ada disini, yang antara lain adalah sebagai berikut:

1. Inventori

Fitur Lazada Seller Center yang pertama adalah inventori. Ini sangat penting dalam hal penjualan karena bisa memberikan keterangan yang lengkap tentang produk yang dijual. Selain itu, fitur inventori juga bisa untuk fungsi publikasi dan juga membagikan berbagai daftar produk yang dijual dengan semakin simpel sehingga mudah diakses. 

2. Pengaturan data

Anda bisa mengatur berbagai hal yang berkaitan dengan data. Ini sangat penting dalam kaitannya aplikasi penjualan produk. 

3. Pengaturan pemesanan

Ini adalah fitur yang menguntungkan kedua belah pihak, baik pihak seller maupun pembeli. Karena disini Anda bisa mengatur berbagai pemesanan produk dan juga melakukan pembaharuan terkait produk sehingga pembeli juga tahu sampai mana dan ada tidaknya produk yang dibutuhkannya. 

Tips Menggunakan Lazada Seller Center

Setelah semuanya selesai, maka mungkin Anda masih kebingungan bagaimana mengoperasikan aplikasi yang satu ini. Ada beberapa tips cara pakai Lazada Seller Center, yang antara lain adalah sebagai berikut:

1. Memahami berbagai kebijakan penjual Lazada

Pada aplikasi itu agar Anda tidak mengalami berbagai kesalahan, Anda harus memahami berbagai kebijakan penjual Lazada. Perjanjiannya antara lain:

  • Perjanjian Penjual LazMall
  • Perjanjian Jasa Logistic (LEL Agreement)
  • Perjanjian Marketplace
  • Biaya Administrasi yang dapat dikenakan kepada seller

2. Membuat satu toko saja untuk produk yang sama

Ini adalah aturan yang telah ditetapkan oleh Lazada melalui website resminya. Hal ini berkaitan dengan pembukaan toko online. Anda tidak diperbolehkan membuat toko banyak dengan produk yang sejenis. Hal ini tentu untuk efisiensi. 

3. Jangan meniru dekorasi, produk, atau konten toko lain

Dengan adanya Lazada Seller Center, maka Anda akan mudah sekali dalam hal memposting, mendekorasi, dan juga membuat feeds atas produk Anda. Maka dari itu, Anda tidak diperkenankan melakukan kegiatan plagiarisme kepada penjual toko lain. Jika Anda lakukan, Anda bisa mendapatkan sangsi.

4. Bersikap jujur sebagai seller 

Selalu ada celah di setiap aplikasi tetapi dengan ini Lazada membuat aturan keras. Anda diminta menjadi penjual yang jujur setelah adanya kemudahan dalam aplikasi Lazada Seller Center ini. Jika Anda ketahuan berbuat curang, maka Anda akan dikenakan sanksi dan dapat tidak diperkenankan berjualan kembali oleh pihak Lazada. 

Maka dari itu, terapkanlah perilaku jujur dalam berjualan. Tentunya merugikan orang lain bukanlah hal yang baik dan kedepannya bisa merugikan Anda sendiri. 

5. Memahami berbagai menu yang ada

Untungnya, aplikasi yang satu ini sangat friendly user. Sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kesusahan dalam mengaplikasikannya. Jika ada hal dalam menu yang susah dipahami atau dimengerti, Anda bisa mengubungi Lazada Help Center untuk menanyakan terkait aplikasi tersebut. 

Itulah beberapa fungsi dan cara yang bisa Anda terapkan dan manfaatkan dengan adanya aplikasi yang dikeluarkan oleh Lazada ini. Dengan begini, Anda akan semakin mudah dalam berjualan dan menghasilkan lebih banyak produk lagi.

Andra Yogi

    Seseorang yang sangat tertarik dengan dunia digital, teknologi, binis dan internet marketing dan juga WordPress. Saat ini sedang mengelola bisnis pengembangan website di andrastudio.

    Leave a response

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.